4 Manfaat Toge Bagi Kesehatan, Bisa Pengaruhi Kesuburan?

manfaat toge

Toge atau tauge adalah salah satu sayuran yang sering dikonsumsi baik bagi pria maupun wanita. Teksturnya yang renyah membuat tauge menjadi salah satu bahan makanan yang sering diolah menjadi lauk pauk. Kandungan gizi pada toge membuat jenis sayuran ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun tidak jarang juga kita dengar bahwa manfaat toge baik untuk kesuburan khususnya pria. Apakah benar?

Kandungan Nutrisi Toge

Pernahkah Anda mengonsumsi tauge sebagai tambahan lauk pauk? Toge menjadi salah satu jenis sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai resep makanan. Teksturnya yang renyah dengan ukurannya yang kecil membuat toge digemari semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa.

Toge berasal dari jenis tumbuhan muda yang baru berkecambah. Biasanya, toge dikonsumsi berasal dari kacang hijau ataupun kacang kedelai. Toge memiliki kandungan air yang tinggi. Sama seperti jenis sayuran lainnya, toge mengandung sejumlah nutrisi yang bagi tubuh.

Berikut perbandingan kandungan nutrisi 100 gram tauge kacang hijau dan 100 gram tauge kacang kedelai:

NutrisiTauge Kacang Hijau (100gram)Tauge Kacang Kedelai (100gram)
Air (Water)90.4 gram81.0 gram
Energi (Energy)34 Kal76 Kal
Protein (Protein)3.7 gram9.0 gram
Lemak (Fat)1.2 gram2.6 gram
Karbohidrat (CHO)4.3 gram6.4 gram
Serat (Fibre)1.1 gram0.7 gram
Abu (ASH)0.4 gram1.0 gram
Kalsium (Ca)166 miligram50 miligram
Fosfor (P)74 miligram65 miligram
Besi (Fe)0.8 miligram1.0 miligram
Natrium (Na)19 miligram5 miligram
Kalium (K)93.3 miligram212.4 miligram
Tembaga (Cu)0.16 miligram0.26 miligram
Seng (Zn)0.4 miligram0.7 miligram
Beta-Karoten (Carotenes)41 mikrogram0 mikrogram
Karoten Total (Re)20 mikrogram110 mikrogram
Thiamin (Vit. B1)0.09 miligram0.23 miligram
Riboflavin (Vit. B2)0.15 miligram0.19 miligram
Niasin (Niacin)1.1 miligram1.2 miligram
Vitamin C (Vit. C)5 miligram15 miligram
cara konsumsi toge

Manfaat Toge untuk Kesehatan

Sama seperti jenis sayuran lainnya, toge memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk Anda. Berikut beberapa manfaat toge bagi kesehatan.

1. Menjaga kadar gula darah

Salah satu manfaat toge bagi kesehatan adalah mengendalikan kadar gula darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan Diabetes, Metabolic Syndrome, and Obesity, mengungkapkan jika lagi mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah gula darah meningkat serta dapat mengatur enzim amilase. Enzim amilase merupakan enzim yang digunakan untuk memecah dan mencerna gula.

Toge juga mengandung karbohidrat dan kalori yang sedikit. Memiliki indeks glikemik yang juga rendah membuat toge dapat mengontrol gula darah dalam tubuh.

2. Melancarkan pencernaan

Jika Anda ingin kondisi pencernaan lancar maka Anda dapat mengonsumsi toge. Salah satu fakta menarik tentang toge adalah kandungan enzim yang tinggi. Peran enzim inilah yang meningkatkan proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya pada pencernaan.

Selain peran enzim, serat-serat yang terdapat pada toge juga memberikan manfaat yang penting bagi pencernaan. Serat makanan juga akan merangsang asam lambung dapat membantu enzim untuk mencerna makanan secara efisien dan efektif.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, toge baik dikonsumsi sebagai makanan untuk mengatasi sembelit dan diare.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat toge lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan yang terdapat pada tauge dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Kedua jenis kolesterol tersebut merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Selain itu, kandungan kaliumnya dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Hal ini tentu dapat mencegah kondisi hipertensi yang menyebabkan sejumlah penyakit, salah satunya stroke.

4. Menjaga berat badan

Nutrisi kalori yang rendah pada toge membuat jenis sayuran ini baik untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada toge dapat membuat Anda menjadi kenyang lebih lama.

Toge juga mampu menghambat pelepasan hormon ghrelin, yakni hormon yang memberikan tanda lapar kepada otak untuk mengonsumsi sesuatu. Sehingga hal ini dapat membantu Anda untuk mengatasi makan berlebihan dan menjaga berat badan agar tetap normal.

Adakah Manfaat Toge untuk Kesuburan?

Jenis sayuran toge dipercaya menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kesuburan khususnya bagi pria. Tidak jarang, pasangan suami istri yang tengah menjalani program hamil mengonsumsi toge sebagai salah satu bentuk ikhtiar mereka. Namun mitos atau fakta manfaat toge untuk pria dapat meningkatkan kesuburan?

Menurut dr. Tiara Kirana, Sp. And, dokter spesialis andrologi di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia mengungkapkan, jika benar bahwa toge memiliki kandungan yang baik untuk sperma namun bukan banyak jenis vitamin lain yang bisa didapatkan dari sayuran lainnya.

“Toge memang kaya akan vitamin E namun tidak hanya vitamin E yang dibutuhkan sperma melainkan vitamin C, vitamin D, zinc, dan banyak mikronutrien lain yang dibutuhkan sperma. Jadi, memang toge cukup baik karena tinggi vitamin E tetapi bukan berarti Anda yang sedang menjalani program hamil hanya makan toge saja untuk meningkatkan kesuburan,” ujar dr. Tiara Kirana, Sp. And, dikutip dari Kanya.id.

Alih-alih hanya mengonsumsi toge, bagi pasangan suami istri yang tengah menjalani program hamil disarankan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain toge, Anda dan pasangan dapat mengonsumsi sayuran lain serta buah-buahan untuk memenuhi mikronutrien yang dibutuhkan.

“Makanlah dengan gizi yang seimbang, banyak makan sayur, banyak buah sehingga mikronutrien lain yang dibutuhkan sperma dapat terpenuhi,” lanjut dr. Tiara Kirana, Sp. And.

Kandungan vitamin E pada toge juga memiliki fungsi sebagai senyawa antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas. Manfaat toge untuk wanita bisa membantu meningkatkan sel telur, mengatasi gejala PMS, dan meredakan hot flashes yang merupakan gejala menopause wanita. Meski begitu tentu perlu diimbangi dengan makanan kaya akan nutrisi seperti sayur dan buah lainnya.

Cara Konsumsi Toge

Meski memiliki kandungan vitamin E yang tinggi serta jenis nutrisi lainnya namun hindari mengonsumsi toge setiap hari. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan cara penyajiannya. Pasalnya, efek samping toge bisa menyebabkan beberapa kondisi tersebut, seperti:

  • Gangguan pencernaan
  • Meningkatkan risiko hipotensi
  • Meningkatkan risiko hipoglikemia
  • Infeksi bakteri
  • Reaksi alergi

Cara penyajian toge yang benar adalah pastikan konsumsi tauge secara matang. Pilihlah toge yang masih segar dan pastikan untuk mencucinya hingga bersih sebelum dimasak. Manfaat toge rebus untuk kesehatan dapat diperoleh secara optimal jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Lantas, apakah ada manfaat toge mentah bagi kesehatan? Sebaiknya hindari mengonsumsi toge mentah karena dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri pada tubuh.

Kesimpulan

Begitulah kira-kira manfaat toge bagi kesehatan dan juga kesuburan. Namun pastikan untuk tetap mengimbanginya dengan makanan bergizi lainnya seperti sayuran dan buah-buahan agar nutrisi tetap terjaga. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar manfaat toge yang diperoleh optimal.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Guzman, D. C., et al. Consumption of Cooked Common Beans or Saponins Could Reduce the Risk of Diabetic Complications. Diabetes Metab Syndr Obes. 2020; 13: 3481–3486. 
  2. Matorras, R., et al. Effect of vitamin E administered to men in infertile couples on sperm and assisted reproduction outcomes: a double-blind randomized study. Volume 1, Issue 3, P219-226, December 01, 2020. 
  3. Ziaei, S., et al. The Effect of Vitamin E on Hot Flashes in Menopausal Women. Gynecol Obstet Invest 2007;64: 204–207. 
  4. Showell, M. G., et al. Antioxidants for female subfertility. Cochrane Database of Systematic Reviews. 27 August 2020. 
  5. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku. Data Komposisi Pangan Indonesia. Tauge kacang kedelai. 
  6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Panganku. Data Komposisi Pangan Indonesia. Tauge segar.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime