Mau Cepat Hamil? Ini 8 Makanan Penambah Sperma dan Penyubur

makanan penambah sperma

Setiap pasangan yang telah menikah ingin segera memiliki momongan. Saat menjalani program hamil, asupan makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Pasalnya, terdapat beberapa makanan yang berpengaruh terhadap kesuburan. Bagi pria, mengonsumsi makanan penambah sperma dan penyubur bisa menjadi salah satu faktor pasangan cepat hamil.

Makanan Penambah Sperma dan Penyubur

Sperma yang sehat adalah sperma yang memiliki kualitas dan jumlah yang banyak. Hal ini juga yang menjadi faktor utama kesuburan pria. Umumnya, jumlah sperma yang normal mencapai 15 juta per milimeter air mani pada saat ejakulasi. Jika jumlah sperma Anda kurang dari 15 juta per milimeter, hal ini bisa menjadi faktor penyebab infertilitas pria.

Terdapat beberapa cara meningkatkan kualitas sperma, seperti olahraga, mengonsumsi vitamin dan suplemen, menjalani gaya hidup sehat, serta mengonsumsi makanan penambah sperma menjadi banyak. Mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan sehingga baik bagi Anda dan pasangan yang tengah merencanakan program hamil.

Berikut beberapa jenis makanan penambah sperma yang bisa Anda coba.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu menu makanan yang memiliki banyak manfaat karena kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, hingga antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga baik untuk meningkatkan kesuburan, baik untuk kesuburan wanita maupun pria. Sayuran hijau mengandung nutrisi yang baik untuk sperma, yaitu asam folat atau vitamin B9.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung asam folat yang baik untuk membantu meregenerasi serta meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur. Sayuran hijau yang baik dikonsumsi, di antaranya bayam, brokoli, asparagus, dan lobak hijau.

2. Telur

Makanan lain yang baik untuk meningkatkan kesuburan adalah telur.  Telur mengandung nutrisi asam lemak omega-3 yang baik untuk kesuburan. Omega-3 dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas, hingga bentuk sperma. Tidak hanya untuk pria, telur juga baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, omega-3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh.

3. Salmon

Seperti yang diketahui, salmon merupakan salah satu makanan yang paling banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Sama seperti telur, salmon mengandung omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi perkembangan plak di arteri, serta meningkatkan kesuburan.

4. Gandum utuh

Salah satu makanan yang baik untuk kualitas sperma laki-laki adalah gandum utuh. Gandum utuh mengandung nutrisi, seperti asam folat atau vitamin B9 yang baik untuk meningkatkan jumlah sperma sehingga memiliki peluang tinggi untuk kehamilan.

5. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian menjadi salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan sperma. Hal ini dikarenakan kacang mengandung vitamin E yang dapat menghalangi kerusakan pada sperma. Maka dari itu, kacang-kacangan bisa menjadi salah satu makanan penyubur.

6. Tomat

Tomat merupakan salah satu makanan yang baik untuk kualitas sperma laki-laki. Seperti yang kita ketahui, tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk salah satunya untuk kesuburan. Kandungan likopen pada tomat, yang merupakan antioksidan pemberi warna merah ini dapat membantu membentuk karotenoid. Selain itu, tomat memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

7. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah sperma, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Selain baik untuk imunitas tubuh, buah-buahan yang mengandung vitamin C bisa dimanfaatkan sebagai penyubur sperma.

Hal ini karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah jeruk bisa meningkatkan kualitas air mani. Kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat mengurangi jumlah sel sperma yang cacat.

Tidak hanya jeruk, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C lain, seperti mangga, pepaya, stroberi, dan nanas.

8. Jamur

Tahukah Anda jika jamur salah satu makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma? Jamur mengandung vitamin D yang baik untuk sperma. Tidak hanya baik bagi kesehatan tulang dan gigi, vitamin D baik merupakan nutrisi yang baik untuk mendukung pergerakan sperma.

Selain dari jamur, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, keju, dan kuning telur. Sinar matahari pagi juga baik untuk kesuburan karena mengandung vitamin D.

makanan pria sehat

Pantangan Makanan untuk Sperma Encer

Sperma yang sehat memiliki tekstur kental dan lengket namun apa jadinya jika sperma memiliki tekstur encer? Air mani encer atau yang sering disebut sperma encer biasanya ditemukan pada remaja puber atau pria yang belum matang secara seksual.

Namun sperma encer juga bisa dialami oleh pria dewasa. Hal ini bisa disebabkan akibat beberapa faktor, seperti terlalu sering ejakulasi, kadar sperma rendah atau di bawah normal, ejakulasi terbaik, kekurangan zinc, dan kekurangan fruktosa. Selain itu, air mani atau sperma encer bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Lantas, apa saja pantangan makanan untuk sperma encer?

Kedelai

Jika Anda ingin menghindari sperma encer maka Anda harus melakukan pantangan mengonsumsi kedelai. Kedelai mengandung senyawa fitoestrogen, yang mana senyawa tersebut dapat menurunkan kualitas sperma.

Sebuah penelitian menunjukkan, pria yang mengonsumsi kedelai berlebihan memiliki kadar sperma yang sedikit. Anda hanya perlu membatasi mengonsumsi jumlah kedelai, pasalnya kedelai memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Makanan lemak trans

Pria yang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat menurunkan kuantitas sperma sehingga menyebabkan sperma encer. Beberapa makanan yang mengandung lemak trans, seperti popcorn, kentang goreng olahan, dan margarin.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Pasalnya, alkohol dapat menurunkan kadar hormon testosterone yang memiliki peran penting dalam produksi sperma. Jumlah sperma yang sedikit bisa membuat tekstur air mani lebih encer.

Makanan yang mengandung gula berlebihan

Salah satu makanan yang bisa membuat sperma encer adalah makanan yang mengandung gula berlebihan.  Menurut sebuah studi, pria yang mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan dapat menurunkan kualitas sperma dan tekstur air mani menjadi cair.

Faktor yang Memengaruhi Kualitas Sperma

Kualitas sperma yang rendah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jangan anggap sepele, pasalnya faktor-faktor ini bisa menyebabkan masalah infertilitas hingga sulit hamil. Berikut faktor yang memengaruhi kualitas sperma.

Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat bisa memengaruhi kualitas sperma. Biasanya disebabkan akibat mengonsumsi alkohol, merokok, hingga mengonsumsi makanan olahan.

Usia

Sama seperti wanita, tingkat kesuburan pria menurun seiring bertambahnya usia. Kesuburan pria biasanya menurun secara signifikan di usia 38 tahun.

Paparan zat berbahaya

Terlalu sering terpapar zat berbahaya, seperti pestisida, merkuri logam berat, dan benzena dapat memengaruhi kesuburan pria.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Jika Anda telah mencoba mengonsumsi makanan namun belum berhasil meningkatkan sperma, terdapat beberapa cara memperbaiki kualitas sperma agar cepat hamil.

  • Gaya hidup sehat
  • Olahraga
  • Kelola stress
  • Menghindari penggunaan celana ketat
  • Melakukan hubungan suami istri secara rutin
  1. Jorge E Chavarro. Soy food and isoflavone intake in relation to semen quality parameters among men from an infertility clinic. Hum Reprod. 2008 Nov;23(11):2584-90. URL.
  2. Jorge E. Chavarro. Trans fatty acid intake is inversely related to total sperm count in young healthy men. Human Reproduction, Volume 29, Issue 3, March 2014, Pages 429–440. URL.
  3. Sedigheh Ahmadi, M.Sc. Antioxidant supplements and semen parameters: an evidence based review. Int J Reprod Biomed. 2016 Dec; 14(12): 729–736. URL.
  4. Ali Fallah. Zinc is an Essential Element for Male Fertility: A Review of Zn Roles in Men’s Health, Germination, Sperm Quality, and Fertilization. J Reprod Infertil. 2018 Apr-Jun; 19(2): 69–81. URL.
  5. M Afeiche. Dairy food intake in relation to semen quality and reproductive hormone levels among physically active young men. Hum Reprod. 2013 Aug;28(8):2265-75. URL.
  6. G M Centola. Decline in sperm count and motility in young adult men from 2003 to 2013: observations from a U.S. sperm bank. Andrology. 2016 Mar;4(2):270-6. URL.
  7. E Wehr. Association of vitamin D status with serum androgen levels in men. Clin Endocrinol (Oxf). 2010 Aug;73(2):243-8. URL.
  8. Abasalt Hosseinzadeh Colagar. Zinc levels in seminal plasma are associated with sperm quality in fertile and infertile men. Nutr Res. 2009 Feb;29(2):82-8. URL.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi