Jangan Remehkan, Ini Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

manfaat minum air putih

Air putih memiliki peranan penting bagi tubuh, terlebih sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Meski sering dianggap sepele, nyatanya banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan. Apa saja manfaat minum air putih?

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Selain untuk menghilangkan dahaga, air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti yang diketahui, 60% bagian tubuh manusia terdiri dari cairan. Hal ini yang menyebabkan air putih penting untuk mengisi cairan pada tubuh.

Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter. Berbeda dengan takaran normal, untuk ibu hamil disarankan minum air putih sebanyak 2,5 liter dan ibu menyusui sebanyak 3 liter. Memiliki peranan yang penting, berikut manfaat minum air putih.

1. Mencegah dehidrasi

Salah satu manfaat air putih bagi tubuh adalah mencegah dehidrasi. Sering dianggap sepele, kekurangan cairan bisa menjadi bahaya bagi tubuh. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, kejang, hingga membahayakan nyawa.

Ketika Anda melakukan olahraga berat maka akan banyak cairan yang dikeluarkan melalui keringat, maka untuk mengganti cairan yang hilang agar tidak dehidrasi, Anda akan disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Anda pernah mengalami gangguan pencernaan? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan air putih. Air putih dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Jika Anda mengonsumsi air putih yang cukup maka dapat mengurangi risiko sembelit.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kurangnya cairan pada tubuh dapat membuat kulit kering sehingga mengonsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membuat kulit lembap. Hal ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko timbulnya jerawat pada wajah.

4. Mencegah batu ginjal dan penyakit kardiovaskular

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolism melalui urine dan dapat mencegah terbentuknya kristal yang menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, air putih juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Hal ini karena mengonsumsi air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh. Air putih juga dapat menjaga tekanan darah sehingga tetap stabil.

5. Menjaga konsentrasi

Kekurangan cairan dapat membuat otak mengalami gangguan fungsi, yakni kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Hal tersebut tentu berdampak bagi aktivitas Anda. Maka jika Anda mengalami kurang fokus dan gangguan konsentrasi akan disarankan untuk mengonsumsi air putih agar otak dapat berfungsi secara optimal.

6. Meningkatkan Kesuburan

Mengonsumsi air juga dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini karena air putih dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormone progesterone pada wanita. Hormon testosterone pada pria berfungsi untuk memproduksi sperma sementara hormon progesterone pada wanita berfungsi untuk menyiapkan tubuh menghadapi kehamilan.

Selain mengonsumsi air putih, pasangan yang tengah merencanakan program hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Mengonsumsi sayuran, protein, dan buah-buahan diperlukan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Anda juga harus menghindari stres berlebihan, rutin melakukan olahraga ringan, memiliki jam tidur yang cukup, menghindari gaya hidup yang tidak sehat (merokok, mengonsumsi alkohol, dan kopi). Hal tersebut dapat meningkatkan peluang kehamilan pasangan.

Meski sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikannya secara langsung mengenai air putih yang dapat meningkatkan kesuburan namun untuk alasan kesehatan, kebutuhan air putih harus terpenuhi.

Perlu diingat, mengonsumsi air putih juga diperlukan saat hamil dengan takaran yang lebih daripada biasanya. Hal tersebut karena sang ibu haru memenuhi kebutuhan air putih untuk dirinya dan sang bayi. Manfaat minum air putih bagi ibu hamil dapat membantu perkembangan bayi, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Jika ibu hamil mengalami kekurangan cairan maka dapat menyebabkan dehidrasi, cairan ketuban sedikit, merusak sistem ginjal, menghambat sirkulasi darah, hingga menyebabkan persalinan prematur. Anda juga bisa mengombinasikan air putih dengan tambahan buah-buahan segar (infused water). Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

manfaat minum air putih sebelum tidur

Manfaat Minum Air Putih Hangat

Mengonsumsi air putih lebih baik dibandingkan minuman lainnya karena bebas gula dan kalori sehingga lebih menyehatkan. Banyak yang beranggapan bahwa air putih hangat memiliki manfaat lebih baik daripada air dingin.

Bahkan terdapat mitos bahwa air putih hangat dapat membersihkan saluran pencernaan dan membakar lebih banyak kalori. Sayangnya, belum ada buktii ilmiah yang membuktikan air putih hangat dapat membersihkan saluran pencernaan.

Begitu pula dengan mitos bahwa air putih hangat dapat membakar lebih banyak kalori. Nyatanya, air putih dingin sedikit lebih efektif untuk membakar kalori pada tubuh.

Faktanya air putih hangat bermanfaat untuk meredakan gejala flu, meredakan nyeri haid, meredakan stress, dan meringankan gejala akalasia. Akalasia merupakan kondisi di mana tenggorokan kesulitan untuk mengantar makanan ke lambung. Gejala pada umumnya, kesulitan menelan dan merasa ada makanan di tenggorokan.

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Berikut manfaat minum air putih sebelum tidur:

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Mengonsumsi air putih sebelum tidur juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya memenuhi kebutuhan cairan selama satu hari penuh. Jika pada siang hari kebutuhan cairan Anda kurang maka Anda dapat memenuhinya pada saat sebelum tidur.

Begitu pula pada saat tidur, tubuh tidak akan mendapatkan cairan selama 7 – 8 jam. Makan untuk dapat mencegah terjadinya dehidrasi maka disarankan untuk minum air putih sebelum tidur sebanyak satu hingga dua gelas.

Menurunkan berat badan

Selain itu, minum air putih sebelum tidur juga dapat membantu menurunkan berat badan. Biasanya, pada malam hari rasa lapar lebih sering melanda. Hal tersebut tentu bukan sesuatu yang baik untuk Anda yang sedang melakukan diet. Salah satu cara agar untuk menghentikan rasa lapar tersebut dengan minum air putih. Minum air putih dapat mencegah Anda untuk ngemil makanan yang tidak sehat sehingga berat badan tetap terjaga.

Mencegah terjadinya sakit kepala

Kurangnya cairan pada tubuh pada saat tidur dapat membuat haus sehingga menyebabkan sakit kepala pada saat bangun tidur. Jika hal tersebut terjadi maka dapat diatasi dengan minum air putih sebelum tidur.

Minum air putih sebelum tidur bukan berarti Anda minum air putih sesaat belum beranjak ke tempat tidur. Hal ini dapat membuat Anda ‘kebelet’ buang air kecil pada malam hari sehingga mengganggu tidur. Disarankan untuk minum air putih maksimal selama satu jam sebelum tidur.

  1. Brenda G. Schuster. Constipation in older adults. Can Fam Physician. 2015 Feb; 61(2): 152–158. URL.
  2. Roberto De Giorgio. Chronic constipation in the elderly: a primer for the gastroenterologist. BMC Gastroenterol. 2015; 15: 130. Published online 2015 Oct 14. URL.
  3. Yige Bao, Qiang Wei. Water for preventing urinary stones. Version published: 13 June 2012. URL.
  4. Brenda M Davy. Water consumption reduces energy intake at a breakfast meal in obese older adults. J Am Diet Assoc. 2008 Jul;108(7):1236-9. doi: URL
  5. Nathalie Pross. Influence of progressive fluid restriction on mood and physiological markers of dehydration in women. Br J Nutr. 2013 Jan 28; 109(2): 313–321. Published online 2012 Apr 13. URL.
  6. Riebl, Shaun K. M.S., R.D.; Davy, Brenda M. Ph.D., R.D., FACSM. The Hydration Equation. ACSM’s Health & Fitness Journal: November/December 2013 – Volume 17 – Issue 6 – p 21-28. doi: 10.1249/FIT.0b013e3182a9570f
  7. F. Hoffmann. Effects of Dehydration on Brain Functioning: A Life-Span Perspective. Elderly Ann Nutr Metab 2017;70(suppl 1):30-36. URL.
  8. Naila A. Shahee. Public knowledge of dehydration and fluid intake practices: variation by participants’ characteristics. BMC Public Health. 2018; 18: 1346. Published online 2018 Dec 5. URL.
  9. DeAnn Liska. Narrative Review of Hydration and Selected Health Outcomes in the General Population. Nutrients. 2019 Jan; 11(1): 70. Published online 2019 Jan 1. URL.
  10. R. An, J. ‎McCaffrey. Plain water consumption in relation to energy intake and diet quality among US adults, 2005–2012. Volume 29, Issue 5 October 2016. Pages 624-632. First published: 22 February 2016. URL.
  11. Elizabeth A Dennis. Water consumption increases weight loss during a hypocaloric diet intervention in middle-aged and older adults. Obesity (Silver Spring). 2010 Feb;18(2):300-7. URL.
  12. Na Zhang. Associations between hydration state and pregnancy complications, maternal-infant outcomes: protocol of a prospective observational cohort study. BMC Pregnancy and Childbirth volume 20, Article number: 82 (2020). URL.
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi