Kalkulator Masa Subur - Pusat Fertilitas Bocah Indonesia

Hitung perkiraan masa subur anda

Hari pertama menstruasi

Lama siklus menstruasi anda (rata-rata)

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator masa subur akan mempermudah Bunda untuk mengecek masa subur. Caranya Bunda cukup memasukan tanggal hari pertama menstruasi dan lama siklus haid rata-rata yang Bunda alami, biasanya 28 hari. Hari pertama haid terakhir adalah hari pertama Bunda mendapatkan haid di bulan sebelumnya.

Siklus Menstruasi

Menghitung siklus menstruasi dapat dilakukan dengan cara mencatat hari pertama menstruasi Bunda setiap bulan. Kemudian hitung jarak antara hari pertama menstruasi saat ini, dengan hari pertama menstruasi di bulan berikutnya.

Contohnya apabila bulan lalu hari pertama haid adalah tanggal 27 Mei, lalu bulan ini hari pertama haid Anda adalah tanggal 23 Juni, maka lama siklus menstruasi Anda adalah 28 hari.

Penting bagi Bunda untuk rutin memantau siklus menstruasi. Siklus menstruasi normal adalah 21 – 35 hari. Diluar jangka waktu tersebut maka lebih baik konsultasikan kepada dokter. Bila ada perubahan dalam siklus, seperti terlambat menstruasi, pendarahan berat atau nyeri yang berlebihan, bisa menjadi tanda juga untuk memeriksakan kondisi kesuburan Bunda.

Perkiraan Masa Subur

Bagi Ayah dan Bunda yang ingin memiliki buah hati, menghitung masa subur Bunda dapat membantu usaha anda dalam memiliki buah hati. Melakukan hubungan suami dan istri pada saat masa subur akan membantu proses pembuahan sperma dan sel telur. Apabila masih belum juga berhasil silahkan tanyakan kepada ahlinya untuk menentukan program hamil yang tepat.

Ovulasi

Mengetahui kapan ovulasi terjadi adalah hal penting, sebab pada saat itulah sel telur dilepaskan dari ovarium dan harus segera dibuahi dalam waktu 12–24 jam. Pertemuan antara sel telur dan sperma di waktu yang tepat dapat berpeluang besar untuk menghasilkan embrio.

Artikel Terbaru