Manfaat Zinc Bagi Tubuh, Bisa Mengatasi Infertilitas Pria?

manfaat zinc

Nutrisi dan vitamin sangat diperlukan bagi tubuh. Pasalnya, masing-masing jenis nutrisi dan vitamin tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh adalah zinc atau seng. Zinc merupakan jenis mineral yang memiliki peran penting untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh. Sebelum mengonsumsinya, Anda harus pahami terlebih dahulu manfaat zinc bagi tubuh.

Apa Itu Zinc?

Zinc atau seng adalah salah satu jenis mineral yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Jika seseorang memiliki kadar seng yang rendah maka dapat meningkatkan risiko penyakit. Pasalnya, tubuh Anda memerlukan asupan mikronutrien ini setiap harinya.

Mengingat fungsinya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memecahkan protein, metabolisme sel, membuat kebutuhan zinc per hari pada pria mencapai 11 mg dan perempuan dewasa mencapai 8 mg.

Manfaat Zinc untuk Tubuh

Jika Anda ingin merasakan sejumlah manfaat dari zinc pada tubuh Anda, pastikan kadar mikronutrien ini tercukupi pada tubuh Anda. Tahukah Anda apa saja manfaat zinc bagi tubuh? Berikut manfaat yang diperoleh jika kadar asupannya cukup.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat yang didapatkan jika kadar zinc terpenuhi adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini lantaran jenis mineral ini dapat mengaktifkan limfosit sel-T. Limfosit sel-T ini merupakan sel darah putih yang memiliki fungsi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan bibit penyakit.

Jika kadar zinc pada tubuh kurang atau rendah bisa memengaruhi fungsi sel imun lainnya, yakni neutrophil dan makrofag. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of the Royal Society of Medicine, mengungkapkan jika suplemen zinc dapat mengurangi penyakit, seperti flu.

2. Mengatasi risiko penyakit kronis

Zinc memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan risiko penyakit kronis, seperti hipertensi, diabetes, hingga jantung. Hal ini diyakini para ahli jika zinc dapat mengurangi risiko tersebut.

Selain itu, jenis mineral ini juga dapat mengatasi peradangan yang menjadi penyebab kanker, sindrom metabolik, hingga penurunan fungsi otak.

3. Mengurangi kerusakan sel mata

Mengonsumsi zinc nyatanya dapat mengurangi kerusakan sel retina dan mengatasi orang yang mengalami degenerasi makula yang biasanya dialami oleh orang-orang yang memasuki usia 50-an. Meski jenis mineral ini tidak dapat mencegah degenerasi makula secara signifikan namun seng dapat membantu memperlambat proses dan komplikasinya.

4. Meningkatkan kesehatan saraf dan otak

Manfaat lainnya yang Anda dapatkan jika kadar seng pada tubuh tercukupi adalah meningkatkan kesehatan saraf. Menurut sebuah studi yang diterbitkan American Academy of Neurology, mengungkapkan jika kadar seng dalam tubuh rendah maka dapat menyebabkan masalah yang berkaitan dengan saraf.

5. Memproses penyembuhan luka menjadi cepat

Salah satu manfaat lainnya adalah dapat mengatasi luka, baik luka terbuka, luka bakar, hingga cedera pada kulit lainnya. Hal ini lantaran pada proses penyembuhan luka diperlukan seng untuk pembentukan kolagen, reaksi peradangan, dan fungsi imun.

Zinc menjaga membran mukosa, yakni jaringan yang melapisi organ internal dan berbagai rongga tubuh. Selain itu, jenis mineral ini juga dapat menjaga kekuatan kulit. Jika kadar seng dalam tubuh sedikit atau kurang maka proses penyembuhan luka pun menjadi lebih lama.

6. Mengatasi jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat, mungkin hal ini menandakan jika kadar zinc pada tubuh Anda rendah. Salah satu cara mengatasi permasalahan yang kerap membuat wanita menjadi tidak nyaman ini adalah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan krim oles yang mengandung zinc pada wajah untuk meredakan peradangan serta menghambat produksi minyak berlebih.

7. Mengatasi diare

Salah satu manfaat  yang juga dapat Anda rasakan adalah bisa mengatasi diare. Sebuah studi yang diterbitkan Indian Journal of Pharmacology, menyebutkan jika pemberian seng dengan cairan oralit dapat mengurangi tingkat keparahan diare pada anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF merekomendasikan suplemen seng 20 mg setiap hari selama 10 – 14 hari untuk anak-anak dengan diare akut dan 10 mg per hari untuk bayi di bawah enam bulan, untuk mengurangi keparahan episode dan mencegah kejadian lebih lanjut pada bayi

Manfaat Zinc untuk Kesuburan Pria

Bagi pasangan suami istri yang merencanakan program hamil pasti disarankan mengonsumsi nutrisi dan vitamin agar cepat hamil. Salah satu jenis nutrisi yang dapat dikonsumsi adalah zinc. Manfaat zinc untuk wanita adalah menjaga siklus ovulasi agar tetap teratur dan meningkatkan kesuburan wanita.

Sementara manfaat zinc untuk pria adalah dapat meningkatkan kesuburan. Menurut sebuah studi yang diterbitkan Journal of Reproduction and Infertility, jenis mineral ini memiliki peran untuk melindungi sperma dari bakteri. Hal ini lantaran kandungannya sebagai agen antibakteri dalam sistem reproduksi pria.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam nutrisi ini juga dapat mencegah radikal bebas merusak sel serta memengaruhi jumlah sperma dan kadar testosterone. Para ahli meyakini jika pria yang memiliki kadar zinc tinggi bisa memiliki kualitas sperma yang lebih baik daripada pria dengan kadar seng rendah.

Pasalnya jika kadar zinc pada pria rendah maka dapat menyebabkan beberapa hal, seperti:

Proses pematangan sperma terhambat

Hal ini lantaran seng sangat diperlukan tubuh untuk pembentukan dan pematangan sperma atau yang disebut spermatogenesis. Tanpa nutrisi ini, sperma tidak dapat mencapai tingkat kematangan yang sempurna. Di mana sperma akan mendapatkan kekuatan untuk dan pergerakan untuk mencapai pembuahan.

Perubahan kromosom

Jika kadar jenis mineral ini rendah pada pria juga dapat menyebabkan cacat kromosom pada sel sperma. Hal ini mengakibatkan terjadinya keguguran atau bahkan pada saat pembuahan sedang berlangsung.

Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan maupun suplemen agar dapat meningkatkan kuantitas, kualitas, fungsi, dan bentuk sperma sehingga bisa mengatasi permasalahan infertilitas pada pria. Meskipun nutrisi ini juga bermanfaat bagi wanita namun seng memiliki peranan besar terhadap kesuburan pria.

makanan mengandung zinc

Makanan yang Mengandung Zinc

Jika Anda ingin kebutuhan harian zinc terpenuhi maka Anda bisa mendapatkannya dari sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Berikut daftar makanan yang bisa Anda konsumsi.

Daging merah

Daging merah tidak hanya mengandung zinc namun juga nutrisi lengkap seperti protein, vitamin B kompleks, zat besi, dan lemak. Namun usahakan untuk menghindari produk daging olahan.

Tiram

Tiram mengandung vitamin dan mineral tinggi, seperti vitamin B12, selenium, dan zinc. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan ini, pastikan memasaknya hingga matang agar mencegah terjadinya keracunan makanan.

Sayuran

Sayuran memang menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh. Jenis sayuran yang mengandung zinc tinggi, seperti kentang dan kale.

Telur

Salah satu jenis makanan yang Anda dapat konsumsi dengan mudah adalah telur. Selain mengandung seng, telur juga mengandung protein, vitamin B kompleks, dan selenium.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang mengandung nutrisi ini adalah kacang tanah, kacang mete, dan almond. Selain itu, kacang-kacangan juga menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk dikonsumsi bagi tubuh.

Produk susu olahan

Salah satu produk susu olahan, seperti susu dan keju mengandung zinc, yang mana sebagian nutrisinya sudah tersedia dan mudah diserap tubuh. Selain itu, kedua produk tersebut juga mengandung kalsium, vitamin D, serta protein.

Dark chocolate

Dark chocolate sering dijadikan bahan makanan atau minuman penutup. Dark chocolate nyatanya mengandung beberapa jenis mineral, seperti zinc, magnesium, dan zat besi.

Kesimpulan

Selain memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, nyatanya zinc sangat baik untuk kesuburan pria terutama untuk meningkatkan kadar sperma. Meski begitu, pastikan Anda mengonsumsi nutrisi tersebut sesuai dengan kebutuhan harian. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dengan nutrisi yang tidak kalah penting untuk kesehatan dan kesuburan Anda.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Fallah, Ali; Hasani, Azadeh Mohammad; Colagar, Abasalt Hosseinzadeh. Zinc is an Essential Element for Male Fertility: A Review of Zn Roles in Men’s Health, Germination, Sperm Quality, and Fertilization. J Reprod Infertil. 2018 Apr-Jun; 19(2): 69–81. 
  2. Achari, Madhureeta; Ocañas, César E. Escamilla; Amjadi, Nazaneen. Neurological Symptoms in Patients with Zinc deficiency: A Case Series with Documented Blood Levels (5323). Neurology. April 14, 2020; 94 (15 Supplement). 
  3. Bao, Bin; Prasad, Ananda S; Beck, Frances WJ. Zinc decreases C-reactive protein, lipid peroxidation, and inflammatory cytokines in elderly subjects: a potential implication of zinc as an atheroprotective agent. The American Journal of Clinical Nutrition, Volume 91, Issue 6, June 2010, Pages 1634–1641. 
  4. Lin, Pei-Hui; Sermersheim, Matthew; Li, Haichang. Zinc in Wound Healing Modulation. Nutrients 2018, 10(1), 16. 
  5. Hamilia, Harri. Zinc lozenges and the common cold: a meta-analysis comparing zinc acetate and zinc gluconate, and the role of zinc dosage. JRSM Open Volume: 8 issue: 5, Article first published online: May 2, 2017; Issue published: May 1, 2017. 
  6. Bajait, Chaitali; Thawani, Vijay. Role of zinc in pediatric diarrhea. Indian J Pharmacol. 2011 May-Jun; 43(3): 232–235.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi