3 Manfaat Vitamin E untuk Keberhasilan Program Hamil Ayah Bunda

manfaat vitamin e

Pasangan yang menjalani program hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin pendukung untuk meningkatkan kesuburan. Salah satu vitamin yang baik untuk program hamil adalah vitamin E. Lantas, apa saja manfaat vitamin E untuk promil?

Manfaat Vitamin E untuk Promil

Salah satu suplemen yang harus dipenuhi oleh pasangan yang menjalani program hamil adalah vitamin E. Vitamin E memiliki sejumlah manfaat salah satunya untuk meningkatkan kesuburan.

Mengonsumsi suplemen tambahan dapat membantu meningkatkan keberhasilan agar cepat hamil. Terdapat beberapa manfaat vitamin E yang baik untuk program hamil.

1. Menjaga kesehatan dinding rahim

Salah satu manfaat vitamin E untuk promil adalah dapat membantu meningkatkan penebalan pada dinding rahim. Kondisi dinding rahim yang tebal sangat berpengaruh bagi proses pembuahan dan kehamilan. Hal ini lantaran embrio harus menempel erat pada dinding rahim yang nantinya berkembang menjadi janin.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Fertility and Sterility, ditemukan bahwa suplemen vitamin E dapat membantu meningkatkan ketebalan endometrium. Endometrium, yang mengacu pada lapisan rahim wanita, bisa tipis karena sejumlah alasan, seperti kadar estrogen yang rendah. Ketika lapisan rahim tebalnya kurang dari 8 mm, hal itu dapat mengurangi kemungkinan keberhasilan implantasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52 persen wanita yang diberi 600 mg vitamin E per hari mengalami peningkatan ketebalan endometrium. Meski begitu, Anda tetap perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Sebagai antioksidan

Salah satu manfaat vitamin E yang baik untuk program hamil adalah sebagai antioksidan untuk sistem reproduksi wanita sehingga dapat meningkatkan kesuburan. Sifat antioksidan vitamin E dapat mencegah radikal bebas sehingga dapat menjaga kesehatan rahim. Selain itu, antioksidan pada vitamin E dapat meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan.

3. Meningkatkan motilitas sperma

Salah satu manfaat vitamin E untuk promil adalah dapat meningkatkan motilitas sperma. Dalam sebuah laporan penelitian Reprod Biomed, mengungkapkan jika mengonsumsi asupan suplemen antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma di mana khususnya pergerakan sperma. Pasalnya, pergerakan sperma yang lincah dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Kadar vitamin E yang rendah juga diyakini memengaruhi kualitas dan motilitas sperma yang buruk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arab Journal of Urology, antioksidan seperti vitamin E ditemukan memiliki efek positif yang signifikan pada jumlah dan fungsi sperma. Vitamin E juga telah ditemukan untuk melindungi membran sperma dari kerusakan oksidatif yang penting untuk kesehatan sperma yang baik.

makanan mengandung vitamin e

Sumber Makanan Vitamin E

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kehamilan, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, frekuensi berhubungan yang teratur, olahraga yang rutin, hingga mengonsumsi suplemen tambahan untuk menambah asupan nutrisi. Salah satunya adalah vitamin E. Tahukah Anda jika vitamin E dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan alami?

Berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin E, yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

Almond

Jika Anda ingin memenuhi asupan vitamin E secara alami maka salah satu makanan yang dapat Anda konsumsi adalah almond. Dalam 100 gr almond, mengandung 25,63 mg vitamin E. Anda dapat mengonsumsi almond yang dikonsumsi bersama sereal.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah kaya akan nutrisi. Alpukat mengandung kalsium, karbohidrat, vitamin C, hingga vitamin E. Dalam 100 gr buah alpukat, mengandung 2,07 mg vitamin E.

Bayam

Salah satu makanan yang mengandung vitamin E alami adalah bayam. Bayam termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mineral, serat hingga antioksidan yang baik bagi tubuh. 100 gr bayam mengandung 2,03 mg vitamin E yang baik untuk meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang dikemas dengan berbagai nutrisi dan dapat memenuhi asupan serat untuk tubuh Anda. Dalam 100 gr biji bunga matahari mengandung 35,17 mg. Cara mengonsumsi biji matahari bisa ditaburkan pada yoghurt, oatmeal, atau salad.

Brokoli

Selain bayam, brokoli menjadi salah satu sayuran yang mengandung vitamin E. Selain vitamin E, brokoli juga mengandung vitamin A, vitamin K, kalsium, hingga antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas.

Mangga

Buah mangga kaya akan kandungan mineral, vitamin, folat, hingga protein. Salah satunya mengandung vitamin E. Sama seperti alpukat, mangga memiliki kandungan antioksidan tinggi

Kacang

Kacang juga memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Dalam 100 gr kacang, mengandung 4,93 mg vitamin E. Pastikan Anda mengonsumsikacang tanah tanpa pengawet atau perasa tambahan.

Jika Anda ingin mengonsumsi vitamin E dalam bentuk suplemen maka Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini lantaran, ada batasan dosis vitamin E yang dikonsumsi. Normalnya, jumlah vitamin E yang dikonsumsi orang dewasa dalam sehari sebanyak 15mg. Pasalnya, jika Anda mengonsumsi vitamin E berlebihan maka dapat mengganggu kondisi kesehatan Anda.

Cara Agar Cepat Hamil

Memiliki buah hati bagi pasangan yang sudah menikah mungkin menjadi salah satu daftar keinginan. Berbagai cara pun dilakukan demi hadirnya momongan. Nah, selain mengonsumsi vitamin E untuk meningkatkan kesuburan, terdapat beberapa cara agar cepat hamil. Beberapa cara agar cepat hamil diantaranya melakukan hubungan seks secara teratur dan diwaktu yang tepat, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan juga menjaga berat badan ideal.

Sudah tahu kan manfaat vitamin E untuk program hamil? Yuk, segera rencanakan program hamil Anda demi hadirnya buah cinta.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Moslemi, Mohammad K; Tavanbakhsh, Samaneh. Selenium-vitamin E supplementation in infertile men: effects on semen parameters and pregnancy rate. Int J Gen Med. 2011 Jan 23;4: 99-104. doi: 10.2147/IJGM.S16275.
  2. Ahmadi, Sedigheh. Antioxidant supplements and semen parameters: An evidence based review. Int J Reprod Biomed. 2016 Dec; 14(12): 729–736.
  3. Mutalip, Siti Syairah Mohd. Vitamin E as an Antioxidant in Female Reproductive Health. Antioxidants (Basel). 2018 Feb; 7(2): 22. Published online 2018 Jan 26.
  4. Majzouba, Ahmad; Agarwal, Ashok. Systematic review of antioxidant types and doses in male infertility: Benefits on semen parameters, advanced sperm function, assisted reproduction and live-birth rate. Arab J Urol. 2018 Mar; 16(1): 113–124. Published online 2018 Jan 2. 
  5. Matorras, Roberto. Effect of vitamin E administered to men in infertile couples on sperm and assisted reproduction outcomes: a double-blind randomized study. F&S Reports, Volume 1, Issue 3, December 2020, Pages 219-226. 
  6. Hashemi, Zahra. The effects of vitamin E supplementation on endometrial thickness, and gene expression of vascular endothelial growth factor and inflammatory cytokines among women with implantation failure. Pages 95-102 | Received 28 Jan 2017, Accepted 23 Aug 2017, Accepted author version posted online: 28 Aug 2017, Published online: 12 Sep 2017.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime