Waspada! 4 Efek Radiasi Handphone untuk Kesehatan, Pengaruhi Kesuburan?

efek radiasi handphone

Handphone menjadi salah satu alat komunikasi yang hampir dimiliki oleh setiap orang dan menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah Anda jika radiasi handphone (HP) dapat memengaruhi kondisi kesehatan? Hal ini bisa terjadi jika penggunaan handphone secara berlebihan. Apa saja efek radiasi HP untuk kesehatan?

Efek Radiasi Handphone Bagi Kesehatan

Semakin berkembangnya teknologi, telepon genggam atau yang biasa disebut handphone menjadi salah satu fasilitas yang wajib dimiliki. Seolah tak memandang target, anak-anak hingga lansia cukup mahir menggunakan salah satu teknologi ini.

Handphone memiliki cara kerja dengan memancarkan radiasi. Sayangnya, banyak yang abai mengenai efek radiasi HP tersebut. Radiasi handphone memang tidak memberikan dampaknya secara langsung namun jika digunakannya secara berlebihan dapat mengakibatkan dampak buruk.

Berikut beberapa efek radiasi handphone bagi kesehatan.

1. Pengaruh terhadap tumbuh kembang anak

Salah satu bahaya radiasi HP dapat memberikan dampak terhadap tumbuh kembang anak. Hal ini bisa dikarenakan anak-anak memiliki sistem saraf yang masih berkembang dan lebih rentan terhadap efek gelombang elektromagnetik.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan Clinical and Experimental Pediatrics, radiasi gelombang dapat memengaruhi terhadap terbentuknya kelainan jaringan dan metabolisme sel-sel saraf otak. Meski begitu, dampak radiasi handphone terhadap perkembangan anak masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Meningkatkan risiko kanker

Dampak radiasi handphone yang perlu diperhatikan adalah dapat meningkatkan risiko kanker. Gelombang elektromagnetik dari handphone dipercaya dapat meningkatkan risiko kanker. Terlebih jika melakukan panggilan telepon dalam durasi waktu yang lama.

Meski begitu, belum ada penelitian yang membuktikan dampak tersebut terhadap risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan PLoS One menyebutkan jika tidak adanya penggunaan ponsel dengan risiko kanker glioma namun hal ini dapat memengaruhi bagi pengguna handphone jangka panjang. Namun penelitian ini masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut.

3. Memengaruhi terhadap kesehatan ibu hamil dan janin

Dampak radiasi handphone terhadap kesehatan yang lainnya adalah terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Menurut penelitian yang diterbitkan American Journal of Epidemiology, menyebutkan jika menggunakan ponsel yang berlebihan saat hamil dapat mengganggu keterampilan anak pada saat lahir.

Penelitian yang dilakukan terhadap 4.389 pasangan ibu dan anak yang menjadi responden sejak pertengahan kehamilan, menunjukkan terdapatnya penurunan keterampilan motorik anak dan kemampuan bahasa pada usia 3 tahun yang lahir dari ibu yang sering main HP saat hamil.

4. Menurunkan tingkat kesuburan pria

Bagi pria mungkin harus hati-hati, mengingat salah satu dampak radiasi ponsel dapat memengaruhi kondisi kesuburan, lho. Hal ini terjadi jika para pria sering menggunakan ponsel atau meletakkan ponsel di kantong celana yang mana dekat dengan organ intim pria.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan jurnal Environment International, jika radiasi handphone dapat memengaruhi parameter sperma pria.

Meski gelombang frekuensi yang dipancarkan cukup rendah namun rupanya bisa memengaruhi fase polarisasi membran sel di tubuh manusia.

Fase polarisasi yang tidak berjalan dengan baik dapat berpengaruh pada komponen penyusun sperma sehingga dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma.

efek radiasi hp pada kesuburan pria

Ciri-Ciri Terkena Radiasi Handphone

Kecanduan menggunakan ponsel dalam kehidupan sehari-hari nyatanya tidak cukup baik bagi kesehatan. Menurut sebuah studi yang diterbitkan Hindawi, paparan radiasi ponsel dan tablet dapat memengaruhi kesehatan. Apalagi saat ini banyak anak-anak yang lebih lihai menggunakan ponsel membuat dampak dari radiasi harus diminimalisir.

Untuk mencegah radiasi ponsel, Anda dapat mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut.

1. Mata kering

Salah satu ciri-ciri terkena radiasi handphone adalah mata kering. Kondisi ini merupakan hal umum yang terjadi ketika air mata tidak dapat memberikan pelumas yang cukup untuk mata. Kondisi air mata bisa tidak memadai dan tidak stabil karena berbagai alasan.

Jika salah satu ciri ini mulai dirasakan, Anda harus waspada. Pasalnya, jika kondisi ini berkelanjutan dapat menyebabkan permasalahan kesehatan pada mata Anda.

2. Gangguan tidur

Selain mata kering, gangguan tidur menjadi salah satu ciri-ciri terkena radiasi handphone. Menurut sebuah jurnal Clinical and Experimental Pediatrics menyebutkan jika sistem saraf terutama pada anak-anak lebih rentan terhadap dampak gelombang elektromagnetik daripada orang dewasa.

Sistem saraf yang terganggu dapat menyebabkan kesulitan tidur yang dialami anak-anak, mudah gelisah, dan kelelahan pada malam hari. Jika Anda merasakan hal ini, maka segera ubah intensitas penggunaan ponsel sesuai semestinya.

3. Sulit konsentrasi

Selain mengalami gangguan tidur, paparan gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu sistem saraf dapat menyebabkan kesulitan untuk fokus atau konsentrasi. Hal ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja namun juga pada anak-anak.

4. Mata lebih sensitif terhadap cahaya

Jika Anda mengalami kondisi mata yang menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, bisa jadi hal ini diakibatkan efek radiasi HP. Cahaya yang terlalu terang pada layar HP atau sinar matahari dapat menyebabkan sensitivitas mata meningkat sehingga mata lebih sakit saat melihat cahaya terang.

5. Pandangan terasa kabur

Ciri-ciri terkena radiasi handphone lainnya adalah pandangan terasa kabur. Terlebih jika Anda kerap menggunakan ponsel dalam keadaan gelap. Hal ini dapat menyebabkan kondisi mata lebih keras untuk melihat layar ponsel. Pandangan kabur dapat menyebabkan mata minus, silinder, glukoma, hingga katarak.

Tips Mencegah Radiasi Handphone

Mengingat dampak radiasi HP bisa menyebabkan masalah kesehatan maka Anda dapat meminimalisir risiko pencegahan terkena radiasi handphone. Terdapat beberapa tips untuk Anda dalam menggunakan ponsel.

  • Gunakan handphone seperlunya atau sesuai kebutuhan.
  • Meletakkan handphone agak berjarak dari tubuh.
  • Hindari menyimpan handphone di kantong celana terutama untuk pria.
  • Jangan biarkan anak-anak bermain handphone terlalu lama.

Nah, sudah tahu kan apa saja dampak yang diakibatkan radiasi handphone? Ingat ya Bunda, sesuatu yang berlebihan tidak baik termasuk dalam memainkan gadget. Jangan lupa untuk memberi batasan atau digunakan seperlunya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Moon, J. H. 2020. Health effects of electromagnetic fields on children. Clin Exp Pediatr. 2020 Nov;63(11):422-428. 
  2. Yang, M., et al. 2017. Mobile phone use and glioma risk: A systematic review and meta-analysis. PLoS One. 2017; 12(5): e0175136. 
  3. Tsarna, E., et al. 2019. Associations of Maternal Cell-Phone Use During Pregnancy With Pregnancy Duration and Fetal Growth in 4 Birth Cohorts. American Journal of Epidemiology, Volume 188, Issue 7, July 2019, Pages 1270–1280. 
  4. Hamada, A. J., Singh, A., Agarwal, A. 2011. Cell Phones and their Impact on Male Fertility: Fact or Fiction. The Open Reproductive Science Journal, 2011, 5, 125-137. 
  5. Adams, J. A., et al. Effect of mobile telephones on sperm quality: a systematic review and meta-analysis. Environ Int. 2014 Sep; 70:106-12. 
  6. Keykhosravi, A., et al. 2018. Radiation Effects of Mobile Phones and Tablets on the Skin: A Systematic Review. Radiation Effects of Mobile Phones and Tablets on the Skin: A Systematic Review. Advances in Medicine, 2018, 1–5.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi