Inseminasi Intrauterine (IUI)

(Inseminasi Dalam Rahim)

cheer

Apa Itu Proses Inseminasi?

IUI atau inseminasi buatan adalah perawatan kesuburan yang membantu pembuahan dengan menempatkan sperma di dalam rahim. IUI meningkatkan jumlah sperma yang mencapai tuba falopi sehingga meningkatkan kemungkinan pembuahan dan kehamilan.

dots

Bagaimana Prosedur Inseminasi?

Bunda akan disarankan kontrol ke dokter pada haid hari ke-2 atau ke-3 untuk USG dan melihat ketebalan dinding rahim dan jumlah folikel pada kedua ovarium, lalu akan dilakukan stimulasi dengan pemberian obat pembesar sel telur.

Bunda akan diminta untuk melakukan serangkaian kontrol untuk memantau perkembangan folikel dengan menggunakan alat Ultrasonografi (USG)

Bila ukuran diameter folikel sudah mencapai 18-20mmm maka Anda akan diberikan obat untuk memicu pematangan sel telur. Setelah menunggu 30-40 jam, Anda dapat lanjut ke proses Inseminasi.

Pengambilan sperma Ayah akan dilakukan pada hari prosedur Inseminasi. Ayah dan Bunda harus puasa berhubungan selama 3-5 hari. Sperma kemudian dicuci dengan medium khusus sebelum diinseminasikan ke dalam rongga rahim Bunda. Selama sekitar 30 menit pasca tindakan, Bunda akan diminta berbaring.

Setelah proses inseminasi dilakukan, Anda akan diberikan obat penguat kandungan selama menunggu antara 2-3 minggu. Ketika masa tunggu habis, Anda dapat melakukan tes kehamilan urin.

IUI

Indikasi Dilakukannya Inseminasi

Pasien yang ingin melakukan inseminasi intrauterine (IUI) biasanya mengalami beberapa indikasi masalah pada organ reproduksi, gangguan fertilitas, hingga memiliki kondisi penyakit tertentu.

PCOS adalah kelainan hormon yang banyak ditemukan pada wanita usia subur (15-44 tahun). PCOS bisa menyebabkan Bunda memiliki gangguan ovulasi sehingga sulit terjadinya pembuahan.

Endometriosis merupakan kondisi jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh di tempat di luar rahim sehingga menimbulkan peradangan dan gejala yang menyertainya.

Kondisi di mana Bunda tidak kunjung hamil namun tidak dapat diketahui penyebab pasti infertilitas Ayah dan Bunda.

Apabila dari pihak Ayah atau Bunda memiliki riwayat medis tertentu yang menyebabkan sulit hamil secara alami, misalnya HIV atau hepatitis.

Kondisi ini terjadi ketika hubungan seksual Ayah dan Bunda terganggu karena kondisi tertentu.

Ayah mengalami gangguan kesuburan, seperti sperma abnormal, gangguan ejakulasi, atau kondisi lainnya.

Tahapan Inseminasi Buatan di Bocah Indonesia

Ayah Bunda merencanakan program hamil inseminasi uterine? Tenang aja, Bocah Indonesia memiliki informasi tahapan-tahapan inseminasi yang bisa Ayah Bunda pelajari.

genta
5/5

Genta Sepriandi

Saya dan istri menikah hampir 3 tahun dan memimpikan mempunyai anak, akhirnya sampai kita di klinik ini. Setelah 2 bulan (Program hamil alami) akhirnya kita memutuskan untuk menjalani IUI atau Inseminasi buatan, dan hasilnya setelah 2 kali IUI akhirnya 2 garis dan kita dapet kembaar!!
seminar
cheer

Jika Anda mencari alternatif layanan program hamil berbantu, kami menyediakan layanan inseminasi intrauterine (IUI) untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah. Tim kami segera menghubungi Anda!

Layanan inseminasi intrauterine (IUI) merupakan opsi bagi Anda yang ingin melakukan program hamil dengan teknik yang lebih sederhana, tidak rumit, dan tidak invasif. Jika Anda memiliki indikasi-indikasi di atas, segera periksakan diri Anda!

dots

Frequently Asked Question

Bagi pasien wanita, persiapan yang harus dilakukan seperti ultrasonografi (USG), hysterosalpingography (HSG), dan histeroskopi. Berbeda dengan pasien wanita, pasien laki-laki akan melakukan analisa sperma.

Melakukan inseminasi buatan (IUI) ini sebenarnya minim risiko namun meski begitu terdapat beberapa risiko bagi sebagian wanita diantaranya risiko hamil kembar, sindrom hiperstimulasi ovarium, dan infeksi. 

Inseminasi intrauterin adalah proses yang sederhana dan dianggap sebagai salah satu metode yang paling tidak invasif. Efek samping yang terkait dengan prosesnya juga sangat minim. Sebagian besar efek samping pengobatan IUI biasanya mereda seiring waktu atau hilang setelah penghentian obat kesuburan.

Proses inseminasi intrauterine lebih sederhana dibandingkan bayi tabung (IVF). Hal ini berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan proses inseminasi yang lebih kecil dibandingkan bayi tabung. Persentase keberhasilan IUI mencapai 10 – 15%.

Biaya program hamil inseminasi intrauterin (IUI) atau biasa disebut inseminasi buatan di Bocah Indonesia meliputi seluruh fasilitas lengkap, mulai dari persiapan awal, tindakan inseminasi, hingga fasilitas penunjang seperti obat-obatan. Biaya inseminasi intrauterine (IUI) mencakup seluruh fasilitas yang dilakukan Ayah dan Bunda.

Selengkapnya disini >

Berita dan Artikel

Jelang Persalinan, Dukungan Emosional Diperlukan

Jelang Persalinan, Dukungan Emosional Diperlukan

Dukungan emosional penting bagi ibu hamil, terutama saat mendekati hari persalinan. Cari tahu pentingnya dukungan emosional untuk ibu hamil di sini. Mendekati hari persalinan,…
Selengkapnya

Pengaruh PCOS pada Kehamilan

PCOS Kronis Kehamilan Miris

Wanita dengan PCOS seringkali ragu mengenai kehamilan. Cari tahu fakta pengaruh PCOS pada kehamilan  Jika Ayah dan Bunda sedang menantikan buah hati, penting bagi…
Selengkapnya

Cara Pantau Tanda Ovulasi Tingkatkan Potensi Kehamilan

Cara Pantau Tanda Ovulasi Tingkatkan Potensi Kehamilan

Ada beberapa cara efektif memantau tanda ovulasi untuk bantu meningkatkan potensi kehamilan. Simak tipsnya lewat ulasan berikut. Masa ovulasi alias periode masa subur penting…
Selengkapnya

doctors
Buat Janji