8 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Susah Hamil?

bahaya merokok bagi kesehatan

Sudah bukan hal baru jika merokok bisa menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan. Meski begitu masih banyak yang kurang sadar mengenai bahaya rokok dan manfaat berhenti merokok bagi tubuh termasuk juga kesuburan. Lantas, apa saja bahaya merokok bagi kesehatan?

BACA JUGA: 10 Tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Kandungan zat-zat berbahaya pada rokok bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan. Menurut Lung Association, diperkirakan sebatang rokok bisa menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia pada saat dibakar. Bahan kimia tersebut banyak mengandung racun dan setidaknya 70 di antaranya dapat menyebabkan kanker. Zat-zat bahaya bagi Kesehatan pada sebatang rokok diantaranya: karbon monoksida, nikotin, tar, dan benzena. Berikut bahaya merokok bagi kesehatan.

  1. Risiko kanker

    Salah satu bahaya merokok bagi kesehatan adalah meningkatkan risiko penyakit kanker. Tidak hanya menimbulkan risiko kanker paru-paru, orang yang aktif merokok bisa terancam risiko kanker pankreas, kanker kandung kemih, kanker perut, kanker hati, kanker serviks, hingga kanker usus.

  2. Risiko penyakit kardiovaskular

    Dampak negatif merokok juga menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, kandungan zat nikotin pada rokok bisa membuat pembuluh darah mengencang sehingga membatasi aliran darah. Penyempitan aliran darah dapat menyebabkan penyakit arteri perifer.

    Selain itu, merokok juga bisa meningkatkan tekanan darah, melemahkan pembuluh darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko stroke dan jantung koroner. Bukan hal baru jika banyak penyakit jantung merupakan dampak negatif dari merokok.

  3. Diabetes

    Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini bahkan memiliki risiko 30 – 40% lebih tinggi dialami oleh perokok aktif. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin pada rokok bisa membuat kadar gula darah naik. Nikotin dapat mengubah proses kimia dalam sel sehingga tidak merespon insulin. Kondisi tersebut dinamakan resistensi insulin.

    Bahaya terganggunya insulin dapat menyebabkan komplikasi diabetes seperti masalah jantung, kerusakan mata, ginjal, hingga saraf.

  4. Masalah kesuburan

    Bahaya merokok bisa memengaruhi kondisi kesuburan Anda baik pria maupun wanita sehingga menyulitkan susah hamil. Hal disebabkan kandungan zat berbahaya, seperti tembakau dan bahan kimia lainnya dapat memengaruhi kadar hormon.

    Sementara itu, bahaya merokok bagi pria juga dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi, memengaruhi kualitas sperma, hingga menyebabkan masalah infertilitas. Merokok juga bisa menyebabkan kerusakan pada DNA sperma. Hal ini tentu mengganggu bagi pasangan yang ingin memiliki keturunan karena dapat menyebabkan susah hamil.

    Tidak hanya bagi pria, bahaya merokok juga menyebabkan masalah bagi kesuburan wanita. Kebiasaan merokok bisa menimbulkan masalah ovulasi, masalah genetik, masalah pada organ reproduksi, gangguan pada sel telur atau menopause, hingga gangguan janin.

    Wanita perokok juga lebih berisiko mengalami keguguran. Pasalnya, wanita yang merokok lebih cenderung mengalami gangguan bagi kesehatan bayi/janin, seperti: kehamilan ektopik, bayi berkembang di luar rahim, berat badan bayi yang rendah, bayi lahir prematur, dan bayi lahir cacat. Maka jika Anda dan pasangan ingin memiliki keturunan, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut demi menjaga kesehatan kandungan.

  5. Sistem imun melemah

    Bahaya merokok bagi Kesehatan selanjutnya adalah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, maka tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal untuk melawan infeksi. Hal ini bisa membuat tubuh lebih rentan terkena berbagai penyakit meskipun penyakit ringan.

    Kondisi ketika sistem imun melemah maka Anda memiliki risiko terkena penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis, atau rematik. Penyakit ini menyerang sendi pada tulang tangan dan kaki. Jika penyakit tidak segera ditangani, dapat menyebabkan keropos tulang dan kelainan bentuk sendi.

    Penyakit ini menyerang kesehatan sendi di tulang tangan dan kaki. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa menyebabkan keropos tulang dan kelainan bentuk sendi.

  6. Masalah pada penglihatan

    Merokok juga berbahaya bagi kesehatan mata. Kebiasaan merokok bisa menyebabkan degenerasi makula dua kali lipat pada usia di atas 65 tahun. Degenerasi makula merupakan kondisi di mana titik kecil di dekat mata mengalami kerusakan sehingga penglihatan menjadi kabur atau buram. Umumnya, kondisi ini tidak bahaya namun dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

    Bahaya merokok bagi kesehatan mata lainnya yaitu: katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik.

  7. Masalah pada rambut dan kulit

    Merokok dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan kulit dan rambut. Seseorang dengan kebiasaan merokok akan mengalami penuaan dini, seperti kulit keriput. Tidak hanya itu, bahaya merokok juga dapat menyebabkan masalah kesehatan rambut seperti kerontokan dan kebotakan. Kebiasaan merokok meningkatkan risiko kanker kulit yang lebih tinggi terutama pada bibir.

  8. Masalah pada mulut dan gigi

    Perokok aktif memiliki risiko dua kali lipat mengalami penyakit gusi seperti periodontitis, atau kerusakan pada penopang tulang dan gigi rusak.

    Bahaya merokok bagi kesehatan gigi juga meliputi:

    • Gusi bengkak atau lunak
    • Gusi berdarah pada saat sikat gigi
    • Gigi goyang atau tanggal
    • Gigi sensitif

    Dampak negatif merokok juga dapat meninggalkan noda dan membuat gigi berwarna kuning atau cokelat.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Impotensi, Masalah Seksual yang Dialami Pria

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Cara Berhenti Merokok

Banyaknya bahaya merokok bagi kesehatan sebaiknya dijadikan semangat untuk mulai berhenti. Anda dapat melakukannya secara perlahan dengan beberapa tahapan berhenti merokok yang bisa Anda coba.

  • Terapi pengganti nikotin

    Salah satu tahapan berhenti merokok adalah melakukan terapi pengganti nikotin. Hal ini bisa dilakukan dengan konsultasi kepada dokter mengenai terapi pengganti nikotin yang bisa Anda coba, seperti inhaler (semprotan yang mengandung nikotin), permen karet, hingga tablet.

  • Mengunyah permen karet

    Awal-awal berhenti merokok adalah fase tersulit karena harus mencoba beradaptasi dengan kebiasaan baru. Jika muncul keinginan Anda untuk merokok, maka cobalah untuk mengunyah permen karet tanpa gula.

  • Melakukan aktivitas fisik

    Salah satu tahapan berhenti merokok yang bisa Anda lakukan adalah melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat membantu tubuh mengalihkan pikiran dari keinginan untuk merokok. Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berlari atau naik turun tangga beberapa kali.

    Namun jika Anda enggan melakukan kegiatan tersebut, Anda dapat melakukan kegiatan positif atau melakukan kegiatan Anda agar pikiran dan keinginan merokok dapat teralihkan.

  • Melakukan relaksasi

    Banyak orang merokok dengan alasan untuk mengatasi stres. Pada proses berhenti merokok, menahan diri untuk tidak mengisap tembakau justru dapat menyebabkan stres. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan relaksasi seperti latihan pernapasan dalam, relaksasi otot, yoga, pijat, hingga mendengarkan musik yang menenangkan.

  • Buat daftar alasan berhenti merokok

    Jika Anda ingin berhenti merokok maka buatlah daftar alasan untuk menahan keinginan tersebut. Beberapa hal yang bisa Anda tulis dalam daftar berhenti merokok, seperti perasaan lebih baik, hidup yang makin sehat, melindungi orang yang Anda cintai dari asap rokok, serta menabung. Hal ini dapat membuat diri Anda termotivasi untuk menghentikan kegiatan tersebut.

Baca juga: Lebih Bahaya Vape atau Rokok Bagi Kesehatan?

Manfaat Berhenti Merokok bagi Kesehatan

Ketika memutuskan untuk berhenti merokok, terdapat banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan tubuh Anda. Berikut manfaat berhenti merokok bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

  • Meningkatkan energi

    Berhenti merokok dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga membuatnya lebih mudah untuk melawan flu. Ketika Anda berhenti merokok, sirkluasi darah pada tubuh akan membaik sehingga seluruh aktivitas fisik, seperti berjalan dan berlari menjadi jauh lebih mudah.

    Selain itu peningkatan oksigen dalam tubuh juga dapat mengurangi rasa lelah dan kemungkinan sakit kepala.

  • Pernapasan lebih lega

    Pasca berhenti merokok, orang cenderung akan bernapas menjadi lebih mudah. Kapasitas paru-paru meningkat hingga 10% setelah berhenti. Manfaat ini akan terlihat pada saat Anda berlari. Meski begitu, seiring bertambahnya usia maka kapasitas paru-paru secara alami akan berkurang.

  • Mengurangi stres

    Sebuah fakta ilmiah menunjukkan orang yang berhenti merokok memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Dengan menjalani terapi.

  • Meningkatkan kesuburan

    Jika ingin memiliki keturunan maka sebaiknya hentikan kebiasaan merokok. Bagi wanita, manfaat berhenti merokok dapat memperbaiki lapisan rahim. Bagi pria, berhenti merokok dapat meningkatkan kualitas sperma.

  • Mencegah penuaan dini

    Dampak negatif merokok juga dapat membuat wajah terlihat lebih tua dari seharusnya. Berhenti merokok dapat mencegah penuaan dini serta mencegah munculnya kerutan pada wajah. Ketika seseorang berhenti merokok maka akan mendapat lebih banyak nutrisi termasuk oksigen.

Referensi:

Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi