5 Ikhtiar Agar Cepat Hamil, Sudah Coba Terapkan?

Ikhtiar agar cepat hamil

Memiliki keturunan merupakan impian bagi pasangan suami istri yang telah memasuki jenjang pernikahan. Hadirnya buah hati diharapkan menjadi pelengkap dalam keluarga. Namun, sayangnya tidak semua pasangan beruntung lekas mendapatkan keturunan setelah menikah. Bahkan tidak sedikit pasangan yang membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Jika begitu, apa saja proses ikhtiar agar cepat hamil?

Penyebab Pasangan Suami Istri Susah Hamil

Bagi pasangan suami istri yang belum mendapatkan keturunan mungkin telah melakukan berbagai cara namun sayangnya belum juga berhasil. Tahukah Anda? Jika terdapat beberapa faktor penyebab pasangan suami istri belum bisa hamil. Permasalahan infertilitas kerap menjadi penyebab belum hadirnya buah hati di tengah keluarga.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Oxford Academy, menunjukkan jika pasangan suami istri dapat hamil jika berada pada enam kali siklus berhubungan. Jika setelahnya tak kunjung terjadi kehamilan maka hal ini bisa masuk ke dalam masalah kesuburan.

Permasalahan infertilitas bisa dialami baik pria maupun wanita. Sebanyak 12,5% pasangan di seluruh dunia, di mana 1 dari 8 pasangan suami istri memiliki permasalahan dalam mendapatkan keturunan.

Beberapa penyebab infertilitas yang dialami oleh wanita, seperti:

  • Gangguan ovulasi (PCOS)
  • Endometriosis
  • Masalah tuba falopi
  • Infertilitas idiopatik (infertilitas yang tidak diketahui)
  • Polip
  • Miom

Sementara itu, tidak hanya pada wanita, pria juga bisa mengalami masalah infertilitas. Beberapa penyebab infertilitas yang dialami pria, meliputi:

  • Gangguan hormonal seperti hipotiroid, hiperprolaktinemia, dan hipogonadisme.
  • Riwayat medis seperti infeksi kelenjar dan saluran genital, penyakit sistemik, penggunaan obat tertentu, riwayat tindakan medis, dan kanker.
  • Masalah fisik seperti kelainan genetik, testis tidak turun, testis terpuntir, gangguan saluran genital, varikokel, dan riwayat trauma.
  • Masalah seksual seperti gangguan ereksi, anejakulasi, dan ejakulasi retrograde.

Menurut dr. Maitra D. Wen, Sp. And – KFER, MclinEmbryol dan dr. Tiara Kirana, Sp. And, dokter spesialis andrologi dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, mengungkapkan jika faktor infertilitas pria ditemukan pada 30 – 50% kasus infertilitas.

Ada 4 faktor risiko yang menjadi penyebab infertilitas pada pria, seperti usia, gaya hidup, paparan zat berbahaya, dan tanpa sebab tertentu.

promil di bulan ramadhan

Apa yang Dilakukan Agar Cepat Hamil?

Bagi pasangan suami istri yang ingin lekas mendapatkan keturunan, bisa menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres berlebihan, melakukan olahraga yang teratur, hingga rajin melakukan hubungan suami istri.

Meski telah mencoba berbagai cara agar mendapatkan keturunan namun Anda juga harus memaksimalkan prosesnya dengan terus ikhtiar agar cepat hamil. Terdapat proses ikhtiar yang dilakukan oleh pasangan suami istri yang tengah menjadi pejuang dua garis.

1. Menyisihkan tabungan untuk promil

Menjalani program hamil tentu menjadi keinginan bagi setiap pasangan yang telah menikah untuk segera mendapatkan keturunan. Namun, tidak jarang faktor biaya menjadi hambatan untuk rencana baik tersebut.

Salah satu bentuk ikhtiar yang dapat Anda dan pasangan lakukan adalah menyisihkan tabungan untuk melakukan program hamil. Faktor keuangan tentu menjadi salah satu penunjang bagi Anda dan pasangan yang ingin menjalani program hamil.

Pasalnya, sebelum memutuskan untuk menjalani program hamil, ada beberapa hal persiapan pemeriksaan yang perlu Anda dan pasangan jalani yang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2. Berwudhu dan berdoa sebelum melakukan hubungan suami istri

Melakukan hubungan suami istri adalah salah satu cara agar pasangan suami istri lekas mendapatkan keturunan. Namun, tahukah Anda jika sebelum “bercinta” disarankan berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar ikhtiar yang dijalani diberi kelancaran.

Bagi para umat Muslim, berwudhu dan berdoa sebelum melakukan hubungan suami istri diperlukan sebagai salah satu bentuk ibadah agar menghasilkan keturunan yang shaleh. Selain itu, berwudhu sebelum berhubungan juga merupakan salah satu bentuk menyucikan diri.

3. Cek kesuburan di bulan Ramadan

Mengingat salah satu penyebab pasangan suami istri susah hamil adalah masalah infertilitas. Maka salah satu bentuk ikhtiar yang dapat dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kondisi kesuburan. Pemeriksaan kondisi kesuburan perlu dilakukan untuk mencari tahu penyebab pasangan suami istri sulit hamil.

Apakah pemeriksaan kesuburan bisa dilakukan pada bulan Ramadan? Tentu bisa. Untuk pemeriksaan kesuburan pada suami, analisa sperma bisa dilakukan pada malam hari sehingga tidak akan membatalkan puasa.

Begitu pula untuk pemeriksaan kesuburan istri dilakukan pada saat periode menstruasi berlangsung sehingga dapat dilakukan meski pada bulan Ramadan.

Selain itu, melakukan cek kesuburan di bulan Ramadan juga salah satu cara mendapatkan keberkahan. Pasalnya, bulan suci Ramadan merupakan salah satu bulan penuh berkah sehingga banyak orang berbondong-bondong saling mengejar keberkahan.

4. Melakukan program hamil

Bagi pasangan suami istri yang tengah menantikan kehadiran buah hati tentu sebagai salah satu bentuk ikhtiar yang dijalani adalah melakukan program hamil. Sebelum menjalani program hamil, Anda harus melakukan pemeriksaan mengenai kondisi sistem reproduksi Anda dan pasangan. Pemeriksaan ini merupakan langkah penting sebelum menjalani program hamil.

Anda dan pasangan dapat melakukan serangkaian pemeriksaan kesuburan. Hal ini agar Anda dan pasangan dapat memastikan bisa mengetahui permasalahan sejak dini.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui penyebab pasangan sulit hamil. Jika penyebab sulit hamil sudah diketahui, dokter akan menentukan program hamil yang tepat untuk Anda agar bisa diatasi sejak dini.

Jika penyebab permasalahan infertilitas telah diketahui maka dokter akan melakukan membantu Anda mengatasinya. Setelah itu, dokter akan menentukan program hamil yang tepat untuk Anda dan pasangan.

5. Lengkapi proses ikhtiar dengan ibadah, doa, dan sedekah

Salah satu amalan agar cepat hamil adalah lengkapi proses ikhtiar Anda dengan ibadah, doa, dan sedekah. Proses ikhtiar kurang sempurna jika tidak dilengkapi dengan ibadah dan doa. Melakukan ibadah dan doa kepada Yang Maha Kuasa dapat membantu melancarkan niat Anda dan pasangan untuk memiliki keturunan.

Namun, salah satu bagian penting dari ikhtiar yang tidak terlupakan adalah memberikan sedekah. Sedekah merupakan menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk orang-orang yang membutuhkan.

Ikhtiar yang disertai sedekah dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti amalan yang tak terputus, menghapus dosa, pahala berlipat ganda, membuka pintu rezeki, hingga harta yang lebih berkah. Selain itu, dengan ketulusan hati bersedekah dapat melancarkan segala usaha dan niat Anda.

Dalam bulan Ramadan ini, Pusat Fertilitas Bocah Indonesia mempersembahkan Sedekah Ramadan, di mana terdapat beberapa produk layanan program hamil yang mengajak Anda berpartisipasi untuk sedekah. Nantinya, 2,5% dari biaya tersebut akan didonasikan untuk anak-anak asuh di Indonesia.

Mari kejar keberkahan dengan melakukan program hamil di bulan Ramadan. Ikhtiar dan sedekah, datangkan berkah!

Baca selengkapnya untuk info lebih lanjut tentang Sedekah Ramadan bersama Bocah Indonesia atau hubungi melalui WhatsApp.

  1. Walker, M. H., Tobler, K.J. Female Infertility. NCBI Bookshelf (2020). Female Infertility. 
  2. Kumar, N., Singh, A. K. Trends of male factor infertility, an important cause of infertility: A review of literature. J Hum Reprod Sci. 2015 Oct-Dec; 8(4): 191–196. 
  3. Gnoth, C., et al. Time to pregnancy: results of the German prospective study and impact on the management of infertility. Human Reproduction, Volume 18, Issue 9, September 2003, Pages 1959–1966. 
  4. Infertility. WHO International. 2020.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime