Program IVF

In-Vitro Fertilization
SATU SEL TELUR + RIBUAN SEL SPERMA = IVF

Program IVF atau Bayi Tabung merupakan proses pembiakkan embrio di laboratorium melalui hasil pembuahan sel telur Bunda oleh sperma Ayah di luar tubuh (in vitro). Proses pembuahan diobservasi dengan mikroskop selama 3-5 hari. Kemudian, tim kami akan menganalisis secara seksama kualitas embrio agar dapat menentukan embrio yang terpilih untuk transfer dan preservasi cryo.

Selama fase stimulasi siklus Bayi Tabung (IVF), pasien diberikan suntikan hormon setiap hari untuk mengembangkan folikel sel telur. Membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk merangsang kandung telur. Selama waktu ini pula, spesialis kami akan melakukan pemeriksaan USG dan tes darah untuk mengecek perkembangan folikel.

Pasien wanita akan dibius ringan dan sel telur akan diambil oleh spesialis kami. Setelah sel telur diambil, pasien wanita akan diberikan obat yang membantu rahimnya bersiap untuk transfer embrio. Sel telur juga dapat dibekukan jika pasien ingin menunda kehamilannya.

Pasien pria diminta untuk memproduksi sampel semen. Spesimen akan dibilas, dan hanya sperma terbaik yang dipilih. Sperma tersebut dapat digunakan untuk membuahi sel telur atau dibekukan untuk kepentingan lain di waktu mendatang.

Sel telur yang sudah diambil akan dibuahi dengan cara meletakkan sel telur dan sperma di cawan media (IVF) atau dengan injeksi sperma secara intrasitoplasmik (ICSI). Sel telur kemudian akan diawasi secara reguler oleh embriologis kami untuk memastikan berlangsungnya proses pembuahan.

Transfer embrio dapat dilakukan pada hari ke-3 atau ke-5 setelah sel telur diambil. Embriologis kami akan menilai embrio berdasarkan pertumbuhan dan kualitasnya. Transfer pada hari ke-3 atau ke-5 bergantung pada hasil penilaian tim kami.

 

Dua minggu setelah transfer embrio, tim perawat kami akan melakukan tes darah kehamilan pada pasien wanita dengan cara mengukur hormon kehamilan (b- HCG). Hasilnya akan diperoleh dalam 4 jam.

rencanakan

Indikasi Dilakukannya IVF

rencanakan

Tindakan bayi tabung biasanya disarankan bagi pasangan yang memiliki masalah kesuburan atau dengan kondisi medis seperti:

Kondisi di mana sperma Ayah tidak dapat dikoreksi dengan obat atau operasi.

Kondisi di mana Bunda tidak kunjung hamil setelah 3 – 4 kali melakukan prosedur Inseminasi Intra Uterine (IUI).

Jika terdapat kondisi dimana 6 bulan pasca koreksi tuba falopi, Bunda tidak membuahkan kehamilan

Endometriosis merupakan kondisi jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh di tempat di luar rahim. Jaringan ini bisa menumpuk sehingga menyebabkan saluran tuba tersumbat sehingga menjadi penyebab masalah kesuburan.

Infertilitas idiopatik adalah bentuk infertilitas yang tidak dapat dijelaskan. Kondisi di mana Ayah Bunda telah melakukan pemeriksaan lengkap dan dinyatakan normal namun belum kunjung hamil selama 3 tahun.

Gangguan ovulasi merupakan terjadinya masalah dengan proses pelepasan sel telur dari ovarium. Jika ovulasi terganggu maka Bunda akan sulit melepaskan sel telur untuk dibuahi.

Cadangan ovarium mengacu pada kualitas dan jumlah sel telur Bunda. Jika cadangan ovarium rendah maka dapat mengurangi peluang kehamilan.

Keguguran yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya terjadi secara berulang.

Kondisi medis yang berasal dari genetik yang dapat diatasi dengan Preimplantation Genetic Testing (PGT).

commitment

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan?

Sebelum menjalani prosedur bayi tabung, pasien akan melakukan beberapa persiapan. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan kondisi tubuh jelang kehamilan.

Pemeriksaan Awal

Bunda: USG, HSG, dan Histeroskopi
Ayah: Analisa Sperma

Persiapan Mental

Stres berlebihan harus dihindari sebelum menjalani proses Bayi Tabung (IVF).

meningkatkan keberhasilan

Apakah Program Bayi Tabung (IVF) Pasti Berhasil?

Meski memiliki kesempatan berhasil yang cukup baik, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan program Bayi Tabung gagal, yaitu:

Respons tubuh Bunda tidak sejalan dengan pengobatan selama program. Oleh sebab itu, kondisi tubuh harus optimal.

Kondisi di mana embrio tidak dapat ditanam setelah dipindahkan ke rahim karena cacat.

Kelainan kromosom biasanya dialami wanita yang berusia di atas 30 tahun. Biasanya, kelainan kromosom dalam sel telur mereka.

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan berat badan berlebih dapat menyebabkan program bayi tabung gagal

Disfungsi implantasi disebut juga gagalnya embrio menempel di dinding rahim.

Usia sel telur bergantung pada usia Bunda serta menjadi faktor kualitas dan kuantitas.

Tingkat Keberhasilan IVF Berdasarkan Usia

Pasutri < 35 Tahun
43%
Pasutri 35 - 37 Tahun
36%
Pasutri 38 - 40 Tahun
27%
Pasutri > 40 Tahun
18%
dots

Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung
Bocah Indonesia

Pusat Fertilitas Bocah Indonesia telah melakukan prosedur bayi tabung pada 350 pasien, di antaranya 101 bayi telah lahir melalui prosedur ini. Tingkat keberhasilan bayi tabung di Bocah Indonesia pada tahun 2021 mencapai 34,3%.

0 %
Pembuahan
0 %
Perkembangan Embrio
0 %
Biopsi Embrio
0 %
Pembekuan Embrio
cheer

Prosedur Pendukung Keberhasilan Program IVF

sperma dan ovum

Laser Assisted Hatching

Laser Assisted Hatching (LAH) adalah teknik yang dilakukan untuk mempertinggi tingkat keberhasilan siklus IVF/ICSI setelah ICSI dan sebelum transfer embrio.

gambar icsi

Injeksi Sperma Intracytoplasmic

Prosedur ICSI membantu banyak pasutri yang bermasalah dengan kesuburan pria akibat motilitas sperma yang buruk atau banyak sperma yang rusak.

mikroskop ICSI

Injeksi Sperma Terpilih secara Intracytoplasmic

Dengan prosedur IMSI, ahli embriologi kami menilai struktur sperma secara lebih baik serta menghindarkan sperma yang diduga abnormal disuntikkan ke dalam sel telur yang tersedia.

egg

Embryology Report

Anda akan mendapatkan info terbaru tentang perkembangan dari hasil pembuahan sel telur dan sperma anda dan pasangan. Dengan laporan perkembangan embrio ini anda dapat memantau langsung jalannya perkembangan embrio anda.

arrow straight left to right
embryo summary
Stella M
5/5

Stella Margaretha

Senangnya penantian 4 tahun pernikahan kami berbuah manis melalui program IVF di klinik Bocah Indonesia. Kami dikaruniai baby kembar yang saat ini masih berada di kandungan saya. Kenapa kami memutuskan IVF di sini? Dalam program IVF, yang dibutuhkan adalah teamwork dari bidang obgyn, andrologi, dan embryologi. Di Bocah Indonesia, teamnya lengkap dan handal.
seminar
cheer

Jika Anda mencari alternatif program hamil berbantu, kami menyediakan layanan IVF untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah. Tim kami akan segera menghubungi Anda!

Layanan IVF diperuntukkan bagi pasangan suami istri yang telah 1 tahun menikah belum memiliki keturunan dan juga memiliki masalah infertilitas. Jika Anda mengalami keduanya, segera konsultasikan bersama ahlinya!

dots

Frequently Asked Question

Jika belum berhasil pada IVF pertama, harus dilihat penyebab kegagalan sebelumnya. Dari sisi bunda bisa dilihat kondisi sel telurnya, dan dilihat kualitas sel sperma dari sisi Ayah.

Persiapan dengan baik 2-3 bulan sebelumnya. Bisa juga dilakukan pemeriksaan apakah terdapat polip.

Yang terpenting adalah evaluasi menyeluruh untuk menghindari kegagalan berulang pada siklus IVF selanjutnya.

Diusahakan untuk menjalani program IVF setelah Berat Badan se-optimal mungkin.

Juka mengikuti program IVF dengan keadaan overweight atau Indeks Masa Tubuh (BMI) diatas 23, maka dosis obat stimulasi yang digunakan akan lebih besar dan lebih banyak.

Gagalnya embryo menempel pada dinding rahim masih dapat terjadi akibat kualitas embryo itu sendiri.

Secara morfologi kasat mata embrio mungkin pada tahap excellent, namun perlu dibuktikan dengan prenatal genetic screening (PGS).

Untuk persiapan FET, dapat dilakukan bantuan akupuntur yang dipercaya dapat membantu perbaikan pada aliran darah khususnya ke rahim dan juga persiapan dinding rahim secara maksimal.

Biaya program hamil bayi tabung di Bocah Indonesia meliputi seluruh fasilitas lengkap, mulai dari biaya persiapan bayi tabung, tindakan, hingga fasilitas penunjang seperti obat-obatan. Biaya bayi tabung di Bocah Indonesia mencakup seluruh fasilitas yang dilakukan oleh Ayah dan Bunda. Sehingga Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir lagi dengan biaya tambahan lainnya.

Selengkapnya disini >

Berita dan Artikel

sperma berdarah hematospermia

Penyebab dan Cara Mengatasi Sperma Berdarah

Cairan mani berdarah atau yang yang dikenal sebagai hematospermia merupakan air mani yang bercampur dengan darah. Kondisi ini juga sering dikenal sebagai sperma berdarah, yang mana terjadi karena gangguan medis tertentu. Cairan mani berdarah kerap menimbulkan kecemasan bagi pria. Bagaimana tidak, kondisi ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Meski demikian, air mani berdarah bukanlah kondisi yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya.

penyakit tiroid

Pengaruh Penyakit Tiroid Terhadap Kesuburan

Hormon tiroid adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Kelenjar ini berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bagian depan leher. Hormon yang dihasilkannya berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh, termasuk perkembangan ovarium, rahim, dan jaringan plasenta. Oleh sebab itu, kekurangan maupun kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.

vitamin d

Vitamin D Meningkatkan Kadar Anti-Mullerian Hormone (AMH), Benarkah?

Vitamin D adalah salah satu hormon penting di dalam tubuh manusia. Vitamin ini tak hanya berperan dalam menjaga kesehatan tulang, tetapi juga dalam berbagai sistem tubuh lainnya. Seperti misalnya kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta kekebalan tubuh. Reseptor vitamin D diketahui tersebar di berbagai bagian tubuh, termasuk di dalam sistem reproduksi pria dan wanita.

doctors
Reservasi