Cara Melihat Kesuburan Wanita Melalui Telapak Tangan Apakah Bisa ?

cara-melihat-kesuburan-wanita-melalui-telapak-tangan

Mungkin Anda pernah mendengar jika kondisi kesehatan dapat dilihat melalui telapak tangan. Hal ini lantaran tangan dapat memberikan informasi mengenai kesehatan tubuh melalui sejumlah tanda-tanda yang muncul.

Namun, ada pula yang mengatakan jika kondisi kesuburan wanita dapat dilihat melalui telapak tangan.

Pada zaman Romawi kuno terdapat ilmu membaca garis tangan (palmistri) yang dapat mengetahui kondisi kesuburan seorang wanita.

Baca Juga : Kapan usia subur wanita menurun?

Praktik mempelajari ilmu garis tangan ini juga ditemukan dengan berbagai variasi budaya di seluruh dunia.

Berbeda dengan zaman Romawi kuno, dari segi medis mengetahui kondisi kesuburan bukan melalui garis tangan. Pasalnya, hingga kini belum ada penelitian medis yang menunjukkan jika garis tangan dapat menunjukkan kondisi kesuburan seorang wanita.

Kondisi kesuburan wanita berada pada puncaknya saat usia produktif atau di bawah 35 tahun. Kian bertambahnya usia maka kondisi kesuburan juga berangsur menurun. Kondisi kesuburan yang menurun ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Gangguan ovulasi
  • Endometriosis
  • Masalah tuba falopi
  • Polip
  • Miom
  • Infertilitas idiopatik
  • Beberapa kondisi medis lainnya

Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari gaya hidup hingga lingkungan. Hal ini yang menyebabkan pasangan suami istri sulit mendapatkan keturunan.

Cara Melihat Kondisi Kesuburan Wanita

Bukan melalui garis tangan, kondisi kesuburan wanita dapat diketahui melalui ciri-ciri yang mudah dikenali. Kondisi kesuburan wanita dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari masalah usia hingga masalah medis tertentu.

Baca Juga : 5 ciri-ciri wanita subur dan mudah hamil

Selain melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesuburan, Anda bisa melakukannya sendiri dengan memperhatikan beberapa ciri-ciri berikut ini.

  • Siklus menstruasi teratur

Salah satu cara melihat kondisi kesuburan wanita adalah dengan melihat siklus menstruasi.

Siklus menstruasi yang teratur pada wanita bisa menandakan dirinya memiliki kesuburan yang cukup baik.  Pasalnya, siklus menstruasi wanita terjadi setiap 24 hingga 35 hari.

Siklus haid yang teratur menandakan jika tubuh Anda memiliki fungsi yang baik untuk mengeluarkan sel telur setiap bulannya.

Namun, kondisi lain berbeda jika Anda memiliki siklus haid kurang dari 21 atau lebih dari 38 hari. Hal ini bisa menandakan kondisi gangguan ovulasi yang bisa menyebabkan seseorang sulit hamil.

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal juga menjadi salah satu cara melihat kondisi kesuburan wanita.

Wanita yang memiliki berat badan berlebihan atau yang memiliki berat badan yang di bawah normal.

Cadangan lemak tubuh yang berlebihan pada wanita obesitas dapat mengganggu produksi hormon yang mengatur ovulasi dan hormon yang memiliki peran untuk menjaga kehamilan.

Kondisi berat badan yang tidak ideal dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormone sehingga memicu menstruasi tidak teratur atau bahkan berhenti total (amnorrhea).

  • Masa ovulasi mudah diprediksi

Ketika menstruasi wanita menjadi teratur maka masa ovulasi pun juga bisa diprediksi.

Masa ovulasi biasanya terjadi sekitar 12 – 14 sebelum jadwal menstruasi berikutnya. Masa ovulasi merupakan waktu yang paling subur bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan program hamil.

Cara mengetahui masa ovulasi pun cukup mudah, jika Anda memiliki siklus menstruasi rata-rata 28 hari maka masa ovulasi Anda sekitar hari ke-14 jelang menstruasi berikutnya.

Disarankan untuk mencatat kapan jadwal menstruasi Anda agar lebih mudah mengetahui masa ovulasi.

Pada masa inilah seorang wanita menunjukkan ciri-ciri paling subur sehingga menjadi waktu yang pas untuk melakukan hubungan suami istri.

Selain itu, untuk mengetahui kondisi seorang wanita sedang berada dalam masa subur dapat diketahui melalui beberapa ciri-ciri, seperti:

Keluarnya cairan lendir bening seperti putih telur. Menjelang ovulasi, jumlah lendir menjadi lebih banyak daripada biasanya sehingga membuat organ intim menjadi lebih bersih.

Tekstur payudara menjadi lebih lunak dan timbul rasa nyeri.

Kondisi ini terjadi ketika kadar progesterone meningkat dalam tubuh.

Keluarnya bercak darah kecokelatan. Flek ini kerap keluar ketika wanita akan memasuki masa ovulasi.

  • Pemeriksaan kesuburan

Salah satu cara untuk mengetahui seorang wanita subur atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan kesuburan.

Pemeriksaan dapat dilakukan jika pasangan suami istri yang telah menikah maupun yang masih merencanakan pernikahan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan.

Beberapa tes fisik yang dilakukan untuk pemeriksaan kesuburan, seperti:

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, cara mengetahui kondisi kesuburan wanita melalui garis tangan belum terbukti secara medis.

Hal ini lantaran belum ada penelitian medis yang membuktikannya. Untuk mengetahui kondisi kesuburan, Anda dapat melakukan pemeriksaan kesuburan ke dokter spesialis obgyn.

cheer

Salah satu cara untuk melihat kondisi kesuburan wanita bukan dari garis tangan, tetapi bisa dilihat salah satunya siklus menstruasi.

Setelah anda mengetahui kondisi kesuburan Anda. Untuk penanganan yang lebih lanjut Anda bisa konsultasikan dengan kami untuk pemeriksaan tes fisik. Konsultasikan segera!

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime