5 Manfaat Buah Naga, Apakah Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Buah naga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki warna dan kulit yang khas. Buah naga memiliki 2 jenis warna yakni merah dan putih. Memiliki kandungan air yang banyak, buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, lho. Apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan?

Kandungan Gizi Buah Naga

Meski tumbuh di daerah yang kering, buah naga memiliki kandungan air yang banyak. Kandungan air yang cukup banyak membuat buah ini digemari masyarakat. Buah naga merah dan putih dapat dikonsumsi baik secara langsung, menjadi campuran es buah, atau dibuat minuman jus.

Meski hanya berbeda warna, nyatanya kandungan buah naga merah dan putih memiliki kandungan gizi yang sama namun jumlahnya berbeda. Berikut kandungan buah naga merah dan putih yang dihitung per 100 g.

NutrisiBuah naga merahBuah naga putih
Air85,7 gr86,6 gr
Energi (kalori)71 Kal56 Kal
Protein1,7 gr0,8 gr
Vitamin C1 mg1 mg
Lemak3,1 gr1 gr
Karbohidrat9,1 gr10,9 gr
Serat3,2 gr3,2 gr
Abu0,4 gr0,6 gr
Zat besi0,4 mg0,5 mg
Kalsium13 mg13 mg
Natrium10 mg7 mg
Fosfor14 mg27 mg
Kalium128 mg231 mg
Seng0,4 mg0,4 mg
Thiamin (Vit. B1)0,5 mg0,02 mg
Riboflavin (Vit. B2)0.3 mg0.5 mg
Niasin0,5 mg0,9 mg

Manfaat Buah Naga

Seperti jenis buah lainnya, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah naga yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini lantaran kandungan vitamin C dan karotenoid di dalamnya yang dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah naga juga dapat membantu tubuh agar terhindar dari infeksi bakteri dan jamur. Serta dapat meregenerasi sel dan penyembuhan luka dapat menjadi lebih cepat.

2. Meningkatkan fungsi pencernaan

Salah satu kandungan buah naga yakni serat memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Jika Anda mengonsumsi buah naga secara rutin maka dapat melancarkan pencernaan sehingga Anda tidak lagi mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar (BAB).

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada buah naga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Tahukah Anda, jika protein merupakan nutrisi esensial yang diperlukan tubuh? Untuk memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi salah satunya buah naga. Untuk memenuhi kebutuhan protein dari sumber lainnya, seperti mengonsumsi daging sapi, ikan tuna, brokoli, dan lain-lain.

Protein diperlukan untuk mempercepat metabolisme tubuh, mempercepat perbaikan sel, dan meningkatkan massa otot.

4. Mengontrol gula darah

Buah naga memiliki kandungan serat yang baik untuk mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi serat dapat menekan lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Plos One mengungkapkan jika buah naga dapat memberikan pengaruh dalam mengatasi diabetes. Meski belum memberikan efek yang signifikan namun penurunan glukosa darah lebih besar dengan dosis yang lebih tinggi.

Namun penelitian baru dilakukan pada hewan tikus sehingga perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah naga yang satu ini.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu manfaat dari jenis mineral ini adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga diperlukan otot, organ, dan saraf agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Konsumsi buah naga merah dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

buah naga merah dan putih

Apakah Buah Naga Dapat Meningkatkan Kesuburan?

Bagi pasangan suami istri yang merencanakan program hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi termasuk buah dan sayuran untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini untuk meningkatkan kualitas sel telur dan sperma.

Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, buah naga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Buah naga memiliki manfaat buah naga untuk promil secara tidak langsung dapat memengaruhi kondisi kesuburan. Hal ini lantaran kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel telur maupun sperma.

Tips Menyimpan Buah Naga

Buah naga biasanya dikonsumsi langsung setelah dicuci bersih. Sebelum dikonsumsi, Anda harus memisahkan daging dan kulitnya. Jika Anda ingin mengonsumsi buah naga pastikan untuk segera dihabiskan. Namun, jika Anda ingin menyimpan buah naga lebih lama di lemari es, terdapat beberapa tips untuk menyimpannya:

  • Sebelum menyimpannya di dalam kulkas, buah naga harus terlebih dahulu dibungkung kantong plastik untuk mempertahankan kesabarannya.
  • Pastikan jika Anda memotong buah naga maka segera dihabiskan.
  • Namun jika buah yang telah terlanjur dipotong tidak segera dihabiskan, Anda bisa menyimpannya pada wadah tertutup kedap udara untuk menjaga kesegarannya atau disimpan di freezer.

Meski buah naga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan namun tidak semua orang dapat mengonsumsi buah ini. Ada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap jenis buah ini. Meski kasus ini terbilang jarang terjadi namun Anda dapat mengimbanginya dengan jenis buah-buahan lainnya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Omidizadeh, A., et al. (2014). Anti-diabetic activity of red pitaya (Hylocereus polyrhizus) fruit. RSC Adv., 4(108), 62978–62986. 
  2. Poolsup, N., Suksomboon, N., Paw, N. J. (2017). Effect of dragon fruit on glycemic control in prediabetes and type 2 diabetes: A systematic review and meta-analysis. PLOS ONE, 12(9), e0184577. 
  3. Vitamin C. National Institutes of Health. 
  4. Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. Panganku.org. (2021). 
  5. Song, H., et al. (2016). White Pitaya (Hylocereus undatus) Juice Attenuates Insulin Resistance and Hepatic Steatosis in Diet-Induced Obese Mice. PLOS ONE, 11(2), e0149670. 
  6. Rebecca, O. P. S., Boyce, A. N., Chandran, S. (2010). Pigment identification and antioxidant properties of red dragon fruit (Hylocereus polyrhizus). African Journal of Biotechnology Vol. 9(10), pp. 1450-1454, 8 March, 2010. 
  7. Kleinheinz, A., et al. (2009). Anaphylactic reaction to (mixed) fruit juice containing dragon fruit. Journal of Allergy and Clinical Immunology, 124(4), 841–842.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi