5 Buah untuk Promil yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

buah-untuk-promil

Buah adalah salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan peluang kehamilan. Beberapa jenis buah untuk promil memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

Banyak cara yang dilakukan pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan, salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Beberapa jenis buah-buahan kaya akan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk pasangan yang tengah menjalani program hamil. Simak informasi selengkapnya mengenai buah untuk promil.

Jenis-Jenis Buah untuk Promil

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan peluang kehamilan adalah menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain makanan berat, mengonsumsi buah-buahan juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan kandungan nutrisi lainnya untuk tubuh.

Buah memiliki asupan nutrisi yang baik untuk tubuh termasuk bagi pasangan yang ingin menjalani program hamil. Tidak hanya baik untuk kesehatan, mengonsumsi makanan bernutrisi diperlukan untuk meningkatkan kesuburan sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Berikut beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan.

1. Buah sitrus

Salah satu buah-buahan yang baik dikonsumsi saat menjalani program hamil adalah buah sitrus atau jeruk. Jeruk dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, jeruk juga mengandung asam folat yang diperlukan selama program hamil. Kandungan poliamina putresin pada buah jeruk dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

Menurut jurnal yang diterbitkan Endocrine Society, penelitian yang dilakukan terhadap hewan mamalia menunjukkan jika poliamina putresin dapat meningkatkan kesehatan sel telur dan air mani.

2. Buah beri

Jenis buah lainnya yang dapat meningkatkan kesuburan adalah buah beri. Rasberi dan bluberi memiliki kandungan antioksidan alami serta fitonutrien antiinflamasi yang tinggi. Keduanya memiliki manfaat yang baik untuk kesuburan pria maupun wanita.

Tidak hanya itu, rasberi dan bluberi mengandung asam folat dan vitamin C yang tinggi yang baik untuk kesehatan janin pada saat terjadinya kehamilan.

3. Delima 

Pomegranate atau yang juga dikenal sebagai delima merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pada saat program hamil. Buah delima memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan asam folat yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Pomegranate dipercaya dapat meningkatkan libido atau gairah seksual wanita secara alami.

Baca Juga : Manfaat buah kiwi untuk promil

4. Alpukat

Alpukat juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tinggi yang baik untuk kesehatan sel telur. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat memiliki fungsi penting pada organ reproduksi.

Anda dapat mengonsumsi buah alpukat dalam keadaan utuh, campuran salad, atau diolah menjadi minuman jus.

5. Semangka

Tahukah Anda salah satu buah yang memiliki banyak kandungan air ini ternyata buah yang baik untuk promil? Hal ini lantaran semangka mengandung likopen yang berperan sebagai antioksidan. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan kesuburan pria.

Semangka tidak hanya baik dikonsumsi selama menjalani program hamil namun juga ketika calon ibu tengah mengandung. Memiliki kandungan glutathione yang berperan meringankan gejala mual atau yang dikenal sebagai morning sickness hingga nyeri perut. Kandungan airnya yang tinggi dapat memenuhi kebutuhan cairan pada saat hamil serta mencegah dehidrasi.

buah-untuk-meningkatkan-kesuburan

Cara Meningkatkan Peluang Hamil

Mengonsumsi buah-buahan dan makanan yang mengandung gizi seimbang memang dapat meningkatkan peluang hamil. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyeimbangi asupan tersebut.

1. Olahraga yang teratur

Tahukah Anda jika melakukan olahraga yang teratur dapat membantu program hamil yang dijalani. Olahraga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan sehingga peluang hamil pun meningkat. Meski begitu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu olahraga yang dianjurkan dan dihindari.

Baca Juga : 5 Kandungan skincare yang aman untuk promil

Sebaiknya hindari melakukan olahraga dengan intensitas yang berat. Olahraga dengan intensitas berat dan berlebihan justru dapat menyebabkan sulit hamil. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan seperti berenang, jalan santai, yoga, dan jogging.

2. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa mengonsumsi makanan kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan. Menurut jurnal yang diterbitkan Folic Acid Supplementation and Pregnancy, bagi wanita yang tengah menjalani program hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan asam folat dari suplemen.

3. Hindari beberapa jenis makanan

Terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari konsumsi seperti alkohol, ikan yang mengandung merkuri, makanan cepat saji, minuman yang mengandung kafein, hingga makanan yang mengandung lemak trans. Hal ini lantaran jenis makanan tersebut dapat mengganggu kualitas sel telur dan sperma sehingga menurunkan tingkat kesuburan.

Kesimpulan

Kandungan 5 jenis buah-buahan di atas dapat membantu meningkatkan kesuburan sehingga peluang kehamilan pun semakin tinggi. Namun, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan olahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, serta hindari makanan yang dapat mengganggu kesuburan. Jika memang diperlukan, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesuburan sejak dini untuk mendeteksi permasalahan kesuburan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Lefevre, P. L. C., et al. 2011. Polyamines on the Reproductive Landscape. Endocrine Reviews, Volume 32, Issue 5, 1 October 2011, Pages 694–712.
  2. Chiu, Y. H., et al. 2018. Association Between Pesticide Residue Intake From Consumption of Fruits and Vegetables and Pregnancy Outcomes Among Women Undergoing Infertility Treatment With Assisted Reproductive Technology. JAMA Intern Med. 2018;178(1):17-26.
  3. Arda, N., et al. 2015. Identification of longevity, fertility and growth-promoting properties of pomegranate in Caenorhabditis elegans. Pharmacogn Mag. 2015 Apr-Jun; 11(42): 356–359.
  4. Gaskins, A. J., Chavaro, J. E. 2019. Diet and Fertility: A Review. Am J Obstet Gynecol. 2018 Apr; 218(4): 379–389.
  5. Jimoh, O. A., et al. Potential of watermelon (Citrullus lanatus) to maintain oxidative stability of rooster semen for artificial insemination. J Anim Sci Technol. 2021 Jan; 63(1): 46–57.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime