7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kesuburan?

manfaat-madu-untuk-kesehatan

Madu merupakan cairan yang diproduksi oleh lebah yang memiliki tekstur kental dan rasa manis. Madu menjadi salah satu alternatif pemanis pada makanan maupun minuman dibandingkan menggunakan gula.

Hal ini lantaran madu memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan Gizi pada Madu

Madu sering menjadi salah satu komposisi yang digunakan dalam obat-obatan. Baik obat kimia maupun tradisional. Madu asli memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Berikut kandungan nutrisi pada madu dalam 100 gram :

  • Air: 20 gram
  • Kalori: 294 Kal
  • Protein: 0,3 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 79,5 gram
  • Kalsium: 5 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Kalium: 26,9 gram
  • Natrium: 6 mg
  • Vitamin C: 4 mg

Manfaat Madu

Berdasarkan kandungan nutrisi yang beragam pada madu sehingga membuatnya memiliki potensi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat madu asli yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Jus alpukat minuman ampuh untuk promil

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Madu mengandung senyawa fitonutrien, yang mana senyawa tersebut baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, fitonutrien juga baik untuk memperkuat sel imun di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

  • Meredakan batuk

Batuk dapat disebabkan akibat tenggorokan yang kering dan menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini dapat diatasi dengan madu. Rasa manis pada madu dapat memicu produksi air liur yang dapat membantu melembabkan tenggorokan.

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Madu mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh, kondisi ini dapat memicu terjadinya refluks asam lambung karena merusak sel yang melapisi sel pada saluran pencernaan.

Salah satu manfaat madu hitam atau jenis madu lainnya adalah dapat mengatasi masalah tersebut. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah kerusakan pada sel saluran pencernaan.

Selain itu, teksturnya yang lembut dapat membantu meredakan peradangan pada kerongkongan sekaligus melapisi selaput lendir kerongkongan.

Biasanya, madu digunakan sebagai salah satu obat tradisional yang dikonsumsi untuk meredakan maag. Khasiatnya ini juga baik untuk menjaga kesehatan pada sistem pencernaan.

Baca Juga : Susu program hamil apakah bisa bikin cepat hamil?

  • Membantu menurunkan risiko kanker

Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini juga memiliki senyawa aktif yang bersifat sebagai antikanker. Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Pharmacognosy Research, madu dapat memberikan manfaat untuk menurunkan berbagai risiko kanker.

Kanker dapat terjadi akibat adanya sel-sel pada tubuh yang abnormal. Sel-sel tersebut akan menumpuk sehingga membentuk tumor. Senyawa aktif yang terkandung pada madu dapat membantu mencegah proliferasi sel dan memicu apoptosis.

Proliferasi sel merupakan fase pembelahan sel ketika sel membelah menjadi dua sel turunan. Sedangkan apoptosis merupakan program yang memerintahkan sel untuk mati.

  • Menjaga kadar gula darah

Salah satu yang dihindari oleh penderita diabetes adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula. Hal ini membuat para penderita diabetes harus mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah agar gula darah tidak melonjak naik.

Madu menjadi salah satu alternatif pemanis bagi penderita diabetes. Indeks glikemik yang rendah dapat membantu penderita diabetes mengkonsumsi makanan manis namun tetap menjaga gula darah agar tetap stabil.

Meski begitu, perlu diingat agar mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Selain menjaga imunitas tubuh, senyawa fitonutrien pada madu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini lantaran senyawa fitonutrien dapat melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis.

Tidak hanya itu, nutrisi pada madu juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan Nitrit Oksida (NO). Secara keseluruhan, madu dapat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Salah satu manfaat madu yakni dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini lantaran madu memiliki efek antibakteri dan antiseptik pada kandungan hidrogen peroksida.

Selain itu, efek anti radangnya membuatnya cairan yang memiliki rasa manis ini mampu untuk menyamarkan bekas luka.

Manfaat Madu untuk Kesuburan

Seperti yang diketahui, madu memiliki berbagai kandungan nutrisi, seperti protein, fruktosa, vitamin C, vitamin B, serta beberapa jenis mineral yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, terdapat zat antioksidan, anti radang, antibakteri, hingga antikanker di dalamnya yang membantu untuk menjaga kesehatan pada tubuh.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, madu sering dibuat sebagai obat herba untuk meningkatkan kesuburan.

Vitamin B di dalamnya dipercaya dapat membantu pria meningkatkan produksi hormon testosterone. Hormon ini merupakan hormon testosterone yang memiliki peranan penting dalam produksi sperma.

Salah satu manfaat madu untuk promil dipercaya dapat menjadi penyubur kandungan karena salah satu kandungannya yakni asam amino. Asam amino dapat membantu meningkatkan fungsi ovarium serta sistem reproduksi.

Meski begitu, penelitian mengenai madu untuk meningkatkan kesuburan masih sedikit. Hal ini diperlukan penelitian lebih lanjut.

Tips untuk Meningkatkan Kesuburan

Jika Anda dan pasangan ingin meningkatkan kesuburan maka tidak hanya mengkonsumsi madu namun juga diimbangi dengan beberapa cara lainnya, seperti:

  • Konsumsi sayur dan buah

Anda harus perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung nutrisi serta antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan zinc yang dapat melawan radikal bebas. Senyawa antioksidan dapat menjaga sperma dan sel telur yang dapat rusak karena radikal bebas.

  • Olahraga secara rutin

Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan maka diperlukan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa luangkan waktu 30 menit hingga 1 jam setiap harinya untuk berolahraga. Olahraga yang dilakukan bisa berupa yoga, jalan santai, hingga berenang.

  • Konsumsi lemak sehat

Jika Anda tengah menjalani program hamil maka sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat. Lemak jahat biasanya terdapat pada makanan cepat saji. Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti susu.

Nah, sudah tahu kan manfaat madu untuk kesehatan? Sudah mencobanya belum? Jika tujuan Anda mengkonsumsi madu untuk kesuburan, jangan lupa untuk melakukan konsultasi mengenai berapa banyak kadar yang perlu dikonsumsi.

cheer

Ada banyak manfaat madu bagi tubuh kita, selain menjaga kesehatan jantung, bisa juga menjadi subur. Akan tetapi jangan lupa untuk konsultasikan kepada ahlinya.

Banyak faktor untuk meningkatkan kesuburan. Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu untuk cara meningkatkan kesuburan dari anjuran dokter. Segera periksakan diri Anda.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime