Gangguan Testis Bikin Kualitas Sperma Menipis?

Gangguan Testis Bikin Kualitas Sperma Menipis

Kesehatan testis adalah salah satu hal penting yang perlu dijaga mengingat peranan penting testis dalam reproduksi.

Testis adalah salah satu organ reproduksi pria yang memiliki fungsi penting, yaitu memproduksi sel sperma dan juga hormon reproduksi testosteron. Oleh sebab itu, kesehatannya perlu dijaga. Gangguan pada testis bisa memengaruhi kondisi kesuburan pria.

Kesehatan maupun kesuburan pria bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, kondisi medis tertentu, hingga faktor lingkungan. Ada beberapa cara yang bisa Ayah lakukan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi serta menjaga kesuburan pria.

Baca juga: Mengenal Fungsi Testis, Organ Reproduksi Pria Paling Penting

Cara Menjaga Kesuburan dan Kesehatan Testis

Jika Ayah Bunda memiliki rencana untuk cepat hamil, sebaiknya perlu memerhatikan hal-hal berikut untuk menjaga kesehatan dan kesuburan reproduksi pria.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Menjaga berat badan

Kata siapa berat badan tidak memengaruhi kondisi kesuburan? Meski terkesan sepele, berat badan yang berlebihan (obesitas) atau berat badan yang terlalu rendah bisa memengaruhi kualitas sperma. Hal ini lantaran kandungan gizi dalam tubuh yang tidak seimbang sehingga bisa mengurangi tingkat kesuburan pria.

2. Berhenti merokok dan hindari konsumsi alkohol

Apabila Ayah sedang merencanakan program hamil maka sebaiknya berhenti dari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Kebiasaan ini bisa berpengaruh pada penurunan produksi serta kualitas sperma yang dapat memengaruhi tingkat kesuburan sehingga sulit mendapatkan keturunan.

3. Menjaga suhu testis dalam keadaan sejuk

Banyak yang tidak menyadari jika menjaga suhu testis tetap sejuk merupakan hal penting. Pasalnya, suhu testis yang terlalu panas dapat memengaruhi proses produksi sperma. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan peluang tinggi kehamilan maka suhu testis harus lebih rendah dibandingkan suhu tubuh lainnya.

4. Konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur

Jika ingin menjaga kesehatan dan kesuburan testis maka perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pola hidup sehat yang perlu dijalani adalah mengonsumsi makanan sehat dan olahraga yang teratur.

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak melakukan olahraga yang berlebihan selama menjalani program hamil karena justru dapat memicu hormon steroid berlebihan yang memengaruhi kesuburan.

Baca juga: Vas Deferens Reproduksi Pria: Anatomi, Fungsi & Kelainannya

5. Melakukan hubungan intim secara teratur

Selain untuk meningkatkan peluang kehamilan, melakukan hubungan seks secara teratur dapat menjaga organ reproduksi pria seperti penis dan testis menjadi lebih sehat.

Jika sedang merencanakan promil maka sebaiknya berhubungan secara rutin tanpa alat kontrasepsi, terutama saat pasangan sedang berada dalam masa subur. Hal tersebut tentu meningkatkan peluang untuk cepat hamil.

Sadar akan kesehatan dan kesuburan organ reproduksi sedari dini memang diperlukan. Jika Ayah mengalami gejala-gejala yang tidak biasa pada testis maupun organ reproduksi lainnya maka segera periksakan diri ke dokter, ya.

Ingin berbagi informasi penting ini untuk para pejuang garis dua lainnya? Yuk, bagikan artikel ini!

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Oglat, A.A., et al. (2018). A Review of Medical Doppler Ultrasonography of Blood Flow in General and Especially in Common Carotid Artery. J Med Ultrasound. 2018 Jan-Mar; 26(1): 3–13. 
  • Hwang, J.Y. (2017). Doppler ultrasonography of the lower extremity arteries: anatomy and scanning guidelines. Ultrasonography. 2017 Apr; 36(2): 111–119.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji