Rencanakan Kehamilan, Siapkan Rencana Keuangan

Memiliki keturunan tentu menjadi impian bagi pasangan suami istri yang telah menikah. Bagi pasangan suami istri yang telah menginjak usia pernikahan cukup lama namun belum juga hamil, melakukan program hamil menjadi salah satu solusi.

Banyak yang harus dipersiapkan sebelum menjalani promil, mulai dari kesehatan mental dan fisik masing-masing pasangan hingga kondisi keuangan. Selama menjalani program hamil, ketiga hal tersebut saling berkesinambungan sehingga benar-benar perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar promil bisa berjalan lancar.

Baca juga: Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Kunci Hubungan Sehat! 

Apa yang Perlu Disiapkan untuk Promil?

Jika Ayah Bunda ingin menjalani program hamil dengan lancar maka ada beberapa tips yang bisa Ayah Bunda terapkan.

1. Pemeriksaan kesuburan

Penting bagi Ayah Bunda mengetahui kondisi kesuburan masing-masing dengan melakukan pemeriksaan kesuburan terlebih dahulu. Gangguan kesuburan bisa dialami wanita maupun pria sehingga menyebabkan sulitnya mendapatkan keturunan. Pasalnya, gaya hidup tidak sehat seperti merokok bisa memengaruhi kondisi kesuburan pria, lho.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Jika telah melakukan pemeriksaan kesuburan maka langkah selanjutnya adalah melihat apakah perlu melakukan pengobatan atau perawatan lebih lanjut. Selain itu, dari hasil pemeriksaan kesuburan juga bisa membantu Ayah Bunda dalam menentukan program hamil yang akan dijalani.

Pemeriksaan kesuburan dapat dilakukan di pusat fertilitas terdekat untuk mengetahui penyebab sulit hamil. Perkiraan estimasi biaya tes kesuburan ini tentu berbeda di masing-masing klinik fertilitas. Hal ini juga tergantung layanan kesuburan yang diambil. Di Bocah Indonesia sendiri, estimasi biaya cek kesuburan sekitar Rp750.000 – Rp2.150.000.

2. Mencari tahu jenis promil yang akan dijalani

Nah, dari hasil pemeriksaan kesuburan yang telah dilakukan sebelumnya, dokter akan membantu Ayah Bunda untuk menentukan program hamil yang akan dijalani. Namun, sebelum menjalani program hamil, dokter akan mengatasi penyebab gangguan kesuburan terlebih dahulu.

Jika hasilnya sudah terlihat maka Ayah Bunda bisa memperkirakan program hamil apa yang akan dijalani, mulai dari program hamil alami, senggama terjadwal, hingga program hamil teknologi reproduksi berbantu seperti inseminasi dan program bayi tabung.

Harga jenis promil

3. Persiapkan estimasi biaya promil

Setelah melakukan pemeriksaan kesuburan dan mengetahui rencana promil yang akan dijalani maka Ayah Bunda bisa menentukan estimasi biaya promil dengan tabungan yang dimiliki. Jika belum memiliki tabungan untuk program hamil maka segera persiapkan sesegera mungkin.

Program hamil yang dipilih tentu berdasarkan hasil pemeriksaan kesuburan sebelumnya. Masing-masing program hamil memiliki estimasi biaya yang berbeda tergantung kondisi masing-masing pasangan.

Ayah Bunda bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan menambah sumber penghasilan maupun mencari opsi pembiayaan lainnya. Jangan lupa untuk menyisihkan untuk biaya tak terduga.

Baca juga: Bosan Menghadapi Pertanyaan “Kapan Punya Anak?”, Simak Cara Menjawabnya! 

Tips Mengatur Keuangan untuk Promil

Masalah finansial bisa dialami oleh siapa saja. Jika Ayah Bunda ingin mewujudkan harapan menjadi orang tua, sebaiknya terapkan tips mengatur keuangan untuk promil berikut:

1. Catat kebutuhan dan pengeluaran

Menurut financial planner, Agus Helly, MM., CFP, mencatat kebutuhan dan pengeluaran selama satu bulan itu penting. Catatan pemasukan dan pengeluaran penting untuk mengetahui gambaran kemampuan finansial.

2. Sisihkan dana untuk tabungan

Ayah Bunda tentu tahu dong kalua menabung itu penting? Salah satu manfaat yang didapatkan ketika menabung adalah menekan kebiasaan hidup boros. Ayah Bunda bisa menabung untuk persiapan program hamil dan rencana masa depan. Menabung bisa dilakukan dalam beberapa bentuk, mulai dari uang hingga investasi. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu.

3. Sesuaikan gaya hidup dengan pendapatan

Ini salah satu kunci penting bagi Ayah Bunda yang tengah mempersiapkan biaya untuk promil. Sebaiknya ubah gaya hidup dengan tidak berlebihan dan menyesuaikannya dengan pendapatan tiap bulan. Ayah Bunda bisa memilih dengan bijak dan fokus pada kebutuhan.

4. Kurangi berutang

Kebiasaan mencicil atau berutang secara tidak disadari telah menjadi kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat awam. Sayangnya, kebiasaan tersebut bisa menambah beban bunga yang timbul setiap bulannya.

Sebaiknya, cicilan yang dimiliki tidak lebih dari 30% pendapatan. Penting bagi Ayah Bunda untuk mengatur arus kas (cash flow) yang baik jika ingin mempersiapkan biaya promil dengan lancar.

5. Memanfaatkan asuransi

Mungkin Ayah Bunda banyak yang tidak sadar jika asuransi bisa membantu untuk menghemat biaya. Meski begitu, mungkin hanya ada beberapa jenis perawatan yang dapat dicakup oleh asuransi. Namun, pastikan terlebih dahulu dengan klinik fertilitas yang bersangkutan terkait asuransi yang dimiliki apakah bisa digunakan untuk menanggung biaya promil. 

Nah, itu dia Ayah Bunda beberapa tips mengatur keuangan untuk persiapkan promil. Jangan khawatir, Ayah Bunda bisa persiapkan tabungan untuk promil dari sekarang demi hadirnya si kecil di tengah keluarga. Jangan pernah menyerah untuk berjuang bersama karena selalu #adaharapan untuk Ayah Bunda.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Kovac, J.R., et al. (2015). The Effects of Cigarette Smoking on Male Fertility. Postgrad Med. 2015 Apr; 127(3): 338–341. 
  • National Health Service. Treatment Infertility
  • Gurevich, R. Verywell Family. (2020). Going Into Debt for Fertility Treatments.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji