Asam Folat untuk Penderita PCOS Agar Promil Sukses

Folavit untuk Promil Penderita PCOS

Program hamil yang dapat dijalani wanita penderita PCOS disesuaikan dengan kondisi masing-masing atas bantuan pemeriksaan dokter.

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS merupakan salah satu gangguan hormonal yang dialami oleh wanita pada usia produktif. Kondisi ini terjadi akibat terlalu banyak memproduksi gumpalan kecil yang berisi cairan oleh indung telur. Hal ini tentu membuat indung telur (ovarium) gagal melepaskan sel telur. Umumnya, wanita yang menderita PCOS memiliki siklus haid tidak teratur.

Perlu diingat, wanita yang menderita PCOS juga memiliki peluang untuk mendapatkan kehamilan meskipun membutuhkan usaha dan waktu yang lebih lama. Hal ini lantaran perlunya untuk mengatasi penyebab PCOS itu sendiri.

Banyak yang menyarankan wanita penderita PCOS menjalani promil dengan mengonsumsi folavit. Namun, apakah folavit untuk penderita PCOS tepat untuk program hamil?

Baca juga: Apakah PCOS Juga Bisa Dialami Oleh Wanita Kurus?

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Folavit untuk Promil Penderita PCOS

Pernahkah Bunda mengonsumsi folavit? Folavit merupakan suplemen vitamin B9 atau asam folat yang memiliki manfaat untuk mencegah serta mengatasi kurangnya asam folat di dalam tubuh. Suplemen ini dapat dikonsumsi oleh wanita dewasa yang merencanakan program hamil, ibu hamil, maupun menyusui.

Asam folat yang terdapat pada folavit memiliki peranan penting dalam proses pembentukan sel darah merah serta pertumbuhan sel yang sehat. Asam folat merupakan asupan yang penting untuk dikonsumsi bagi wanita yang ingin memulai program hamil hingga kehamilan. Pasalnya, nutrisi ini memiliki peran untuk meningkatkan kesuburan, mendukung proses pembentukan dan saraf pada janin serta menurunkan risiko cacat tabung saraf, seperti anensefali maupun spina bifida pada janin.

Bagi wanita yang menderita PCOS, mengonsumsi folavit memang membantu untuk mencukupi kebutuhan asam folat pada tubuh. Namun, apakah cukup efektif bagi para penderita PCOS?

Folavit merupakan suplemen yang baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Suplemen ini juga kerap diresepkan untuk membantu pertumbuhan janin. Bagi ibu hamil, folavit bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf, cacat lahir, hingga keguguran.

Menurut dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi Bocah Indonesia, makanan yang mengandung asam folat dapat membuat bayi menjadi lebih cerdas.

“Sumber makanan dengan kandungan asam folat penting agar bayi cerdas,” ujar dr. Thomas.

Selain itu, mengonsumsi asam folat yang cukup juga bisa memperbaiki siklus haid wanita menjadi lebih lancar. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ann Epidemiol menyebutkan jika asam folat dapat membantu siklus menstruasi menjadi teratur.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi folavit adalah dapat mencegah anemia serta membantu usus menyerap nutrisi dengan baik.

Bagi Bunda yang menderita PCOS dan ingin memulai program hamil, tidak hanya mengonsumsi folavit namun perlu melakukan pemeriksaan kesuburan terlebih dahulu. Nantinya, dokter akan mencari tahu terkait penyebabnya dan mengatasi penyebabnya baik dengan obat-obatan atau metode lainnya.

Jika dokter menyarankan Bunda untuk mengonsumsi folavit maka Bunda bisa mengonsumsinya dengan arahan dan resep dari dokter.

Tidak hanya mengonsumsi folavit, wanita yang menderita PCOS perlu melakukan beberapa hal agar promil yang dijalani lebih optimal. Beberapa cara yang perlu dilakukan, seperti: menurunkan berat badan menjadi lebih ideal, mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, serta istirahat yang cukup.

Baca juga: 5 Pilihan Obat PCOS yang Dapat Meredakan Keluhan

Dosis Konsumsi Asam Folat

Asam folat baik dikonsumsi sejak Bunda merencanakan program hamil. Dosis yang perlu dikonsumsi disarankan 400 mikrogram folat setiap harinya. Sedangkan bagi ibu hamil, dosis yang perlu dikonsumsi bertambah menjadi 600 mikrogram per harinya.

Apakah mengonsumsi asam folat berhenti sampai di situ? Nah, setelah melahirkan atau sedang menyusui, Bunda juga dapat mengonsumsi asupan folat dengan dosis yang dianjurkan sebanyak 500 mikrogram per harinya.

Tidak hanya dari suplemen folavit, asam folat yang dikonsumsi bisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti sereal sarapan, tepung jagung, roti, dan lain-lain.

Nah, bagi Ayah Bunda yang ingin hasil promil lebih optimal sebaiknya konsumsi asam folat. Dengan catatan, perlu rekomendasi dokter terkait resep dan penggunaannya.

Tertarik dengan informasi fertilitas, promil, dan kehamilan lainnya? Yuk, baca artikel lainnya di Bocah Indonesia.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Stanger, O. (2002). Physiology of folic acid in health and disease. Curr Drug Metab. 2002 Apr;3(2):211-23. 
  • Young, S.N. (2007). Folate and depression—a neglected problem. J Psychiatry Neurosci. 2007 Mar; 32(2): 80–82. 
  • Cueto, H.T., et al. (2015). Folic acid supplement use and menstrual cycle characteristics: a cross-sectional study of Danish pregnancy planners. Annals of Epidemiology, Volume 25, Issue 10, October 2015, Pages 723-729.e1.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji