Tips Sukses Hamil Penderita PCOS

Tips Sukses Hamil Penderita PCOS

Wanita yang memiliki PCOS masih memiliki peluang kehamilan yang diatasi dengan beberapa cara.

Sindrom polikistik ovarium (PCOS) merupakan gangguan hormon yang dialami wanita ketika memasuki usia subur. Kondisi ini ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, tumbuh rambut berlebih pada area tertentu, hingga munculnya jerawat.

Umumnya, penderita PCOS bisa mengalami masalah infertilitas. Jika kondisi ini terjadi, maka kemungkinan wanita yang menderita PCOS sulit mendapatkan kehamilan. Namun, bukan berarti penderita PCOS tidak dapat memiliki keturunan, hanya saja membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan wanita pada umumnya.

Baca juga: Apakah PCOS Bisa Sembuh? Begini Penjelasannya!

Peluang Hamil Penderita PCOS

Wanita yang mengalami PCOS memiliki ukuran indung telur (ovarium) yang lebih besar dari biasanya. Hal ini lantaran, terdapat kista kecil di mana di dalamnya mengandung sel telur yang belum matang. Kondisi ini menyebabkan sel telur sulit dikeluarkan apalagi dibuahi. Wanita yang mengalami PCOS juga memiliki kadar hormon androgen yang tinggi. Tidak hanya itu, kadar Anti-Mullerian Hormone (AMH) tinggi juga menandakan kondisi PCOS.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Menurut dr. Riyan Hari Kurniawan, Sp.OG., Subsp. FER, dokter spesialis obstetri dan ginekologi Bocah Indonesia, menyebutkan jika penderita PCOS bisa mendapatkan kehamilan asal mendapat penanganan dan perawatan terlebih dahulu.

“PCOS penanganannya berbeda berdasarkan kondisi masing-masing pasien. Bukan berarti tidak bisa hamil, Bunda perlu melakukan pemeriksaan awal terlebih dahulu,” ujar dr. Riyan.

Hingga saat ini belum ada waktu pasti berapa lama wanita yang mengalami PCOS mendapatkan kehamilan. Hal ini tergantung kondisi masing-masing pasien, termasuk program hamil yang disarankan. Jika gangguan ovulasi siklus menstruasi bisa diatasi maka peluang kehamilan pun juga semakin besar.

Cara Meningkatkan Peluang Kehamilan pada Pengidap PCOS

Jika Bunda mengalami PCOS dan ingin menjalani program hamil, jangan berkecil hati. Bunda dapat melakukan beberapa cara untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan dengan mudah:

1. Mengatur pola makan menjadi lebih sehat

Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan mudah oleh Bunda adalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Bunda disarankan untuk membiasakan diri mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan nutrisi vitamin dan mineral.

Tidak hanya itu, Bunda juga perlu menambahkan nutrisi seperti karbohidrat kompleks, seperti beras merah, gandum utuh, jagung, atau quinoa. Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan protein agar gula darah tidak melonjak.

2. Melakukan olahraga secara teratur

Selain menerapkan pola makan sehat, Bunda juga perlu memperbaiki gaya hidup agar menjadi lebih sehat, misalnya dengan melakukan olahraga secara teratur. Cara ini dilakukan agar berat badan tetap terjaga. Pola hidup yang sehat dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan. Selain itu, olahraga rutin juga bisa membantu memperbaiki siklus ovulasi. Sebaiknya, sebelum merencanakan program hamil, Bunda perlu mulai memperbaiki gaya hidup agar hasil promil lebih optimal nantinya.

3. Tidur yang cukup

Usahakan memiliki pola tidur yang cukup yakni 7 hingga 8 jam tiap malamnya. Hal ini guna membantu tubuh untuk mengurangi resistensi insulin, mencegah siklus haid yang tidak teratur, menurunkan risiko infertilitas, serta risiko diabetes yang bisa menjadi pemicu masalah PCOS.

Baca juga: Waspada Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati PCOS

4. Konsumsi vitamin D yang cukup

Vitamin D memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat membantu memperlambat pembentukan kista ovarium serta memperbaiki siklus menstruasi.

5. Mengonsumsi obat-obatan

Konsumsi obat-obatan bisa membantu melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur, Namun, Bunda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan atau perawatan yang tepat. Sebab, obat-obatan tersebut perlu dikonsumsi berdasarkan resep dokter.

Biasanya, dokter akan meresepkan obat minum, seperti clomiphene citrate (clomid) atau Letrozole. Kedua jenis obat ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membantu ovulasi. Di mana cara kerjanya adalah membantu indung telur mengambil sel telur yang akan tumbuh, matang dan juga dilepaskan.

Jika obat minum tidak efektif maka, obat suntik juga diresepkan untuk merangsang ovulasi sehingga membantu wanita yang mengalami PCOS mendapatkan kehamilan.

Kesimpulan

Meski mengalami PCOS, Bunda tetap bisa memiliki peluang kehamilan, lho. Namun, kondisi ini terjadi apabila Bunda melakukan pemeriksaan kesuburan terlebih dahulu agar mendapat solusi dan penanganan yang tepat.

Program hamil dan pengobatan tentu disesuaikan dengan kondisi masing-masing ya, Bunda. Jangan pernah lelah berjuang Bunda karena #SelaluAdaHarapan untuk masa depan.

Yuk, bagikan informasi penting ini untuk para pejuang garis dua lainnya!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Sharma, R., et al. Lifestyle factors and reproductive health: taking control of your fertility. Reprod Biol Endocrinol. 2013; 11: 66. 
  • Jin, P., Xie, Y. (2018). Treatment strategies for women with polycystic ovary syndrome. Gynecol Endocrinol. 2018 Apr;34(4):272-277. 
  • Cowan, S., et al. (2023). Lifestyle management in polycystic ovary syndrome – beyond diet and physical activity. BMC Endocr Disord. 2023; 23: 14.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji