Perlu Dicatat! Pantangan Makanan untuk Penderita PCOS

Pantangan makanan untuk penderita PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan salah satu gangguan reproduksi yang berkaitan dengan hormon. Oleh sebab itu, Anda harus lebih memerhatikan mengenai pantangan makanan untuk penderita PCOS demi kesehatan tubuh juga reproduksi.

Salah satu  gangguan reproduksi yang sering dialami oleh wanita adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita sehingga menyebabkan folikel-folikel sel telur tidak dapat berkembang dan matang.

Gangguan reproduksi ini biasanya dialami oleh wanita yang berada pada usia reproduksi. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi dapat menyebabkan siklus haid wanita menjadi tidak teratur. Kondisi inii terjadi ketika hormone testoteron atau hormone pria (androgen) lebih tinggi dibandingkan hormon lainnya.

PCOS bisa diatasi dengan melakukan sejumlah rangkaian perawatan kesuburan. Pengobatan PCOS penting bagi pasangan yang hendak merencakan promil untuk meningkatkan peluang hamil.

Jenis Makanan Pantangan untuk Penderita PCOS

Sindrom ovarium polikistik ini memang disebabkan adanya ketidakseimbangan hormone. Meski begitu, Anda juga harus menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Ada beberapa pantangan makanan untuk penderita PCOS.

Makanan yang mengandung gula tinggi

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari para penderita PCOS adalah makanan yang mengandung tinggi gula. Hal ini lantaran, penderita PCOS biasanya tidak dapat memproses gula dalam darah secara normal.

Hal ini dikhawatirkan wanita yang menderita PCOS dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit batu empedu. Jenis makanan manis yang harus dihindari, seperti aneka kue-kue manis, selai, es krim, dan jenis makanan manis lainnya.

Namun, agar kadar gula darah Anda tetap terjaga, Anda bisa mengganti gula dengan madu sebagai alternatif pemanis. Tetap ketahui untuk mengonsumsi dalam jumlah secukupnya dan tidak berlebihan.

Makanan dengan tinggi karbohidrat

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Hal ini tentu dapat mengurangi risiko resistensi insulin. Usahakan untuk konsumsi karbohidrat sebanyak seperempat dari porsi piring Anda.

Beberapa jenis makanan dengan tinggi karbohidrat, seperti nasi putih, roti, keripik kentang, pasta, dan jenis lainnya.

Karbohidrat olahan

Wanita yang menderita PCOS juga harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan. Mengonsumsi karbohidrat olahan secara berlebihan dapat menimbulkan risiko komplikasi penyakit reproduksi yang mengakibatkan sindrom nefrotik.

Beberapa makanan yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat olahan seperti mie, dan makanan yang berbahan dasar tepung. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang terbuat dari tepung dengan mengganti makanan yang lebih sehat seperti biji-bijian, buah-buah, dan sayuran.

pantangan makanan untuk penderita PCOS

Alkohol

Jenis pantangan yang harus dijalani oleh penderita PCOS adalah mengonsumsi alkohol. Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan sejumlah kondisi gangguan reproduksi. Jika mengonsumsi alkohol berlebihan maka dapat memperburuk kondisi tubuh dan menimbulkan risiko komplikasi lainnya.

Selain itu, Anda juga harus menghindari rokok yang dapat menimbulkan masalah lainnya. Hal ini mengingat rokok mengandung zat-zat kimia berbahaya yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan dan bukan tidak mungkin akan memengaruhi kondisi hormon Anda.

Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita PCOS

Selain makanan yang harus dipantang, ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk wanita penderita PCOS. Beberapa jenis makanan ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan peluang hamil.

Sayur dan buah-buahan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedua jenis makanan ini yang memiliki sejumlah manfaat karena kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan vitamin, mineral, serta beberapa zat lainnya baik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Mengonsumsi sayuran dan buah secara rutin baik untuk Anda yang sedang merencanakan program hamil sehingga dapat meningkatkan peluang hamil.

Sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita PCOS adalah bayam, kangkong, kale, dan sayuran hijau lainnya.

Baca Juga : Manfaat edamame untuk ibu hamil

Makanan dengan indeks glikemik rendah 

Jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita PCOS adalah makanan yang mengandung indeks glikemik rendah. Makanan dengan rendah indeks glikemik dapat menghindari kenaikan berat badan berlebihan dan risiko diabetes tipe dua.

Sebaliknya, makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan risiko meningkatkan insulin di dalam gula darah. Beberapa jenis makanan yang termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah adalah susu kedelai, jus apel, jus nanas, oatmeal, susu almond, susu oat, dan yoghurt rendah lemak.

Kacang-kacangan

Jika Anda salah satu penderita PCOS, salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung serat dan sejumlah mineral penting di dalamnya. Kandungan serat dan karbohidrat pada kacang dapat mengontrol gula darah sehingga dapat mencegah resistensi insulin.

Di sisi lain, kandungan protein di dalam kacang memiliki peran penting dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Makanan yang mengandung protein

Makanan yang mengandung protein seperti salmon, dada ayam, dan tahu merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh para penderita PCOS. Kandungan protein di dalamnya selain baik untuk membantu menurunkan berat bada dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Jika Anda menjadi salah satu wanita penderita PCOS, jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat, mengonsumsi makanan yang baik untuk PCOS serta hindari makanan yang dapat meningkatkan risiko buruk PCOS.

Porcaro, G., et al. (2016). Looking at the Link between Diet and PCOS Onset and Management. J Nutrition Health Food Sci 4(5): 1-5. https://symbiosisonlinepublishing.com/nutritionalhealth-foodscience/nutritionalhealth-foodscience78.php

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime