Manfaat Folavit untuk Promil

folavit-untuk-promil

Bagi para calon ibu hamil mungkin tidak asing lagi dengan folavit. Folavit biasanya dikonsumsi sebagai suplemen tambahan untuk promil. 

Manfaat folavit untuk promil sendiri beragam, mulai dari membantu melancarkan siklus menstruasi, meningkatkan kesuburan pria, hingga menurunkan risiko cacat pada bayi.

Apa Itu Folavit?

Folavit adalah jenis suplemen makanan yang memiliki kandungan utama asam folat. Suplemen ini merupakan salah satu asupan penting bagi para pria dan wanita yang merencanakan program hamil. 

Kandungan asam folat di dalamnya baik untuk kesuburan dan sangat penting untuk perkembangan janin di dalam rahim.

Asam folat memang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesuburan. Oleh sebab itu, pasangan yang sedang merencanakan program hamil disarankan untuk memenuhi asupan nutrisi ini.

Folavit biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu mengatasi anemia. Namun, suplemen ini juga bisa menjadi asupan tambahan untuk program hamil.

Apa Manfaat Folavit untuk Promil?

Folavit yang memiliki kandungan utama asam folat ini memiliki sejumlah manfaat bagi pria dan wanita yang sedang menjalani program hamil. 

Biasanya, suplemen ini dikonsumsi sebelum dan pada masa kehamilan. Berikut berbagai manfaat folavit untuk promil yang perlu Anda ketahui.

  • Melancarkan siklus menstruasi

Salah satu manfaat folavit adalah melancarkan siklus menstruasi. Berdasarkan jurnal penelitian yang diterbitkan dalam Ann Epidemiol, menunjukkan jika asam folat dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi menjadi teratur.

Siklus haid memiliki peranan penting pada saat menjalani program hamil untuk haid tidak teratur. Pasalnya, jika wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menandakan suatu kondisi medis yang dialami. Nah, kondisi tersebut bisa mempengaruhi kondisi kesuburan wanita.

Menstruasi yang tidak teratur menandakan tidak adanya sel telur yang matang sehingga sel telur tidak dapat dilepaskan dari indung telur (ovarium) dan dibuahi oleh sperma. Folavit ini dapat membantu wanita untuk melancarkan siklus menstruasi apabila diperlukan.

  • Meningkatkan kesuburan pria

Seperti yang diketahui, asam folat memiliki manfaat yang baik untuk wanita dan pria. Benefit inilah yang membuat folavit baik dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang sedang promil. Hal ini lantaran asam folat dapat meningkatkan jumlah serta kualitas sperma.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Fertility and Sterility mengungkapkan pria yang memiliki kadar folat yang rendah maka jumlah dan kualitas sperma yang dimiliki pun rendah. 

Oleh sebab itu, konsumsi asam folat dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma sehingga peluang kehamilan pun semakin tinggi.

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

  • Menurunkan risiko bayi cacat

Asam folat tidak hanya dikonsumsi pada saat sebelum hamil namun juga selama menjalani proses kehamilan. Nutrisi ini memiliki peranan penting bagi ibu hamil dan janinnya. asam folat dapat membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan janin.

Selain itu, asam folat juga berperan untuk pertumbuhan tulang belakang serta otak janin. Fungsi penting inilah yang dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf.

Asupan asam folat yang tercukupi juga membantu ibu hamil mencegah keguguran atau mengalami berbagai kelainan atau penyakit bawaan yang bisa dialami dan berdampak pada janin di dalam kandungan.

Berapa Dosis Folavit untuk Promil?

Asupan folat yang dibutuhkan tubuh berbeda berdasarkan jenis kelamin, usia, dan kondisi kesehatan masing-masing. Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) asam folat yang dibutuhkan per hari:

  • Wanita dewasa: 400 mcg
  • Ibu hamil: 600 mcg
  • Ibu menyusui: 500 mcg

Dosis folavit yang akan dikonsumsi berbeda-beda tergantung kondisi masing-masing pasien. Umumnya penggunaan folavit untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada tubuh. Berikut dosis folavit untuk promil untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda.

  • Dewasa: 1 tablet, 1 kali sehari.
  • Ibu hamil: 1 – 2 tablet, 1 kali sehari.
  • Ibu menyusui: 1 tablet, 1 kali sehari.

Aturan minum folavit untuk promil:

Pastikan sebelum mengonsumsi suplemen apapun untuk membaca aturan penggunaan pada kemasan produk. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Folavit mengandung 400 mcg asam folat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Suplemen jenis tablet ini diminum dengan bantuan air putih.

Suplemen vitamin dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan yang diperlukan oleh tubuh ketika nutrisi dari makanan belum terpenuhi.

Adakah Efek Samping Folavit?

Umumnya, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh, termasuk folavit. Folavit jarang menimbulkan efek samping jika dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Beberapa efek samping yang ditimbulkan seperti:

  • Mual
  • Sakit perut
  • Gangguan tidur
  • Nafsu makan menurun
  • Rasa tidak enak di mulut

Jika Anda mengalami kondisi tersebut dan tidak kunjung membaik maka segera periksakan diri ke dokter.

Meski folavit mengandung asam folat yang bermanfaat untuk tubuh namun perlu diketahui setiap penggunaan obat termasuk suplemen, perlu mengikuti aturan yang tertera pada kemasan. 

Terlebih jika Anda tengah hamil sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

cheer

Jika Anda ingin merencanakan promil, kami menyediakan layanan yang tepat untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami segera menghubungi Anda!

Asam folat memang dapat membantu Ayah Bunda yang sedang promil. Namun, jika ingin mengetahui langkah yang tepat selama promil, segera periksakan diri ke dokter.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?