5 Bahan Alami Detox Rahim, Bisa Mempercepat Kehamilan?

detox rahim untuk mempercepat kehamilan

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah detox tubuh namun bagaimana dengan detox rahim? Sama seperti tubuh, detox rahim merupakan cara rahim “membersihkan” diri dari racun. Lantas, bagaimana manfaatnya?

Apa Itu Detox Rahim?

Meski terdengar asing, nyatanya cara “membersihkan” rahim ini sudah banyak dilakukan dalam berbagai rangkaian perawatan di Mesir, Jepang, hingga penduduk asli Amerika. Menurut jurnal yang diterbitkan Culture, Health, and Sexuality, detox rahim dinilai bagus untuk menjaga kesehatan rahim dan baik untuk kesuburan.

Sebagaimana istilah detoks pada umumnya, cara “membersihkan” rahim ini dilakukan seperti tubuh. Anda tidak perlu khawatir, cara yang dilakukan pun menggunakan bahan alami sehingga tidak akan mengganggu kesehatan organ vital Anda.

Bahan Herbal Alami Detox Rahim

Jika Anda ingin melakukan detox rahim untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencoba beberapa bahan herbal yang baik untuk tubuh.

1. Lemon

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat yang dimiliki buah lemon. Buah dengan warna kulit kuning cerah ini memang dipercaya bisa membantu tubuh membersihkan diri dari racun. Tidak heran banyak yang menjadikan lemon sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk infused water.

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi nyatanya baik untuk kesehatan organ reproduksi. Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan, Anda bisa mencoba lemon sebagai salah satu cara detoks alami.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang kerap digunakan dalam berbagai makanan maupun minuman. Selain memiliki rasa yang khas, kayu manis mengandung sejumlah zat yang baik bagi tubuh. Kandungan benzoate, benzyl, felandren, dan cinnzelanol pada kayu manis baik untuk organ reproduksi.

Menurut salah satu jurnal dari Iranian Red Crescent Medical Journal, menyebutkan jika kayu manis dapat membantu mengatasi fibroid rahim, PCOS, hingga mengembalikan siklus menstruasi kembali normal. Perannya yang cukup penting membuat kayu manis dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan sehingga jenis rempah ini cukup baik untuk detoks rahim.

3. Cengkeh

Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk detox rahim adalah cengkeh. Cengkeh merupakan rempah yang kaya akan kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, hingga vitamin W yang sangat baik untuk “membersihkan” rahim.

4. Madu

Jika Anda ingin mencoba detoks alami, madu juga bisa menjadi salah satu pilihannya. Madu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti magnesium, kalium, seng, hingga natrium. Nutrisi inilah yang membantu mengatasi masalah premenstrual syndrome (PMS) yang kerap dialami wanita.

5. Ketumbar

Jenis rempah lain yang bisa digunakan untuk detox rahim adalah ketumbar. Tidak hanya menambah cita rasa masakan, ketumbar juga baik untuk “membersihkan” rahim. Ketumbar memiliki kandungan stimulant alami yang merangsang kelenjar endokrin yang berfungsi untuk mengeluarkan dan mempertahankan kesimbangan hormon.

Pasalnya, jika hormon dalam tubuh tidak seimbang dapat menyebabkan masalah organ reproduksi seperti siklus menstruasi tidak teratur. Jika dibiarkan, maka hal ini bisa menjadi salah satu pemicu masalah kesuburan.

cengkeh kayu manis dan kapulaga

Manfaat Detox Rahim

Cara detoks yang menggunakan bahan alami dengan sejumlah kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan juga kesuburan. Detox rahim dipercaya sebagai salah satu cara alternatif yang digunakan bagi pasangan suami istri yang ingin melakukan program hamil.

Meski begitu, baiknya melakukan detox rahim menggunakan bahan-bahan herbal alami yang terbilang aman bagi kesehatan. Hindari penggunaan bola pembersih yang dipercaya mengandung bahan-bahan herbal ke dalam vagina.

Metode “pembersihan” rahim tersebut banyak digunakan di Amerika namun kini telah dilarang. Pasalnya memasukan benda asing ke dalam vagina ini bisa menimbulkan sejumlah penyakit yang bisa mengganggu masalah kesehatan, seperti endometriosis hingga kista ovarium.

Detox Rahim Bisa Mempercepat Kehamilan?

Penggunaan bahan-bahan herbal masing-masing memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Kandungan nutrisi dari bahan-bahan alami memiliki peranan penting yang bisa mengatasi masalah organ reproduksi, seperti siklus menstruasi tidak teratur, sindrom ovarium polikistik (PCOS), mengatasi gejala PMS, hingga membantu menyeimbangkan hormon.

Masalah yang menyerang organ reproduksi wanita tersebut bisa menyebabkan gangguan kesuburan sehingga pasangan menjadi sulit hamil. Jika detox rahim dilakukan secara rutin maka secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kesuburan sehingga mempercepat peluang hamil.

Selain melakukan detox rahim, jika Anda dan pasangan ingin lekas memiliki momongan pastikan untuk menjalani pola hidup sehat, perhatikan asupan makanan dengan nutrisi yang sehat, olahraga secara teratur, hindari merokok serta mengonsumsi alkohol. Salah satu penunjang pasangan mendapatkan peluang kehamilan adalah gaya hidup yang sehat untuk meningkatkan kualitas sel telur dan sperma.

Resep Minuman Herbal untuk Detox Rahim

Cara “membersihkan” rahim secara dengan bahan-bahan alami bisa dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pasalnya, kandungan pada bahan-bahan herbal tersebut dapat mengatasi sejumlah permasalahan pada organ reproduksi.

Jika Anda ingin melakukan detox dengan bahan herbal di atas, terdapat resep minuman herbal yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Bahan

  • Sebiji cengkeh
  • 1 sdt kapulaga
  • 3-5 cm kayu manis
  • Seruas jahe yang sudah digeprek
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt ketumbar

Cara Membuat

  1. Rebus jahe dengan 250 ml air selama dua menit, jangan sampai terlalu mendidih.
  2. Masukkan kayu manis, kapulaga, dan ketumbar ke dalam gelar. Tuangkan air rebusan jahe yang telah dimasak.
  3. Diamkan sebentar, tambahkan madu dan aduk hingga rata.
  4. Sebelum dikonsumsi, pastikan saring terlebih dahulu rempah-rempah yang telah dimasak.
  5. Anda dapat mengonsumsi secara rutin satu kali di pagi hari sebelum makan.

Selain mengonsumsi bahan-bahan herbal alami, Anda juga bisa menggunakan sayuran sebagai bahan alami untuk detox rahim. Pasalnya, sayuran merupakan salah satu asupan yang baik dikonsumsi bagi pasangan yang tengah menjalani program hamil.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan selain mengonsumsi minuman herbal untuk membersihkan racun di dalam tubuh.

  • Mengonsumsi air lemon atau jeruk nipis secara rutin atau yang biasa disebut infused water secara rutin.
  • Mengonsumsi jus buah dan sayuran untuk membantu mengatasi racun dari dalam tubuh.
  • Pastikan mengonsumi air mineral yang cukup agar tubuh terhindar dari dehidrasi.
  • Pastikan tubuh terhidrasi dengan cara rutin minum air mineral.

Setelah membaca mengenai detox rahim di atas, Anda tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa sertakan dengan pola hidup yang seimbang ya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Jansen, Karine Aasgaard. ‘Cleaning the womb’: perspectives on fertility control and menstruation among students in Antananarivo, Madagascar. Pages 1227-1240, Received 25 Sep 2019, Accepted 20 May 2020, Published online: 09 Jul 2020. 
  2. Jaafarpour, Molouk; Hatefi, Masoud; Najafi, Fatemeh. The Effect of Cinnamon on Menstrual Bleeding and Systemic Symptoms with Primary Dysmenorrhea. Iran Red Crescent Med J. 2015 Apr; 17(4): e27032. Published online 2015 Apr 22. 
  3. Shan,Bin; Cai, Yizhong Z; Sun,Mei; Corke, Harold. Antioxidant capacity of 26 spice extracts and characterization of their phenolic constituents. J Agric Food Chem. 2005 Oct 5;53(20):7749-59. 
  4. Oskouei, Tahereh Eteraf; Najafi, Moslem. Traditional and Modern Uses of Natural Honey in Human Diseases: A Review. Iran J Basic Med Sci. 2013 Jun; 16(6): 731–742. 
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

One Response

  1. Rizka berkata:

    Untuk detox rahim baik seminggu brp kali dan diminum saat perut kosong?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime