Mau Cepat Hamil? Ini 6 Obat Penyubur Kandungan Alami yang Bisa Dicoba

obat-penyubur-kandungan-alami

Banyak cara yang dilakukan bagi pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan. Mulai dari menjalani pola hidup sehat hingga melakukan program hamil berbantu. 

Tidak hanya vitamin yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama promil, banyak pasutri juga mengkonsumsi obat penyubur kandungan alami.

Jenis obat penyubur ini berasal dari bahan-bahan herbal yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. 

Menurut American Pregnancy Association, beberapa jenis obat herbal tersebut memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Institute Traditional Medicine, beberapa jenis tumbuhan herbal ini memiliki efek yang bagus untuk kesuburan. 

Namun sayangnya, penelitian tersebut hanya melibatkan sampel dengan jumlah yang kecil. Belum ada penelitian valid dengan jumlah yang lebih besar mengenai hal ini.

Jenis Obat Penyubur Kandungan Alami

Jika Anda dan pasangan ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalani program hamil, Anda bisa mengkonsumsi obat penyubur kandungan alami.

Baca Juga : Kalkulator masa subur wanita

Namun, perlu dicatat jika ingin mengkonsumsinya, pastikan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tidak ada masalah pada tubuh.

Berikut jenis obat herbal yang membantu meningkatkan kesuburan.

  • Propolis

Salah satu jenis obat herbal yang dapat dikonsumsi untuk promil adalah propolis. Propolis memiliki kandungan flavonoid yang dapat mempengaruhi hormone estrogen.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility, wanita yang mengalami endometriosis memiliki peluang 40% untuk hamil dengan mengkonsumsi propolis sebanyak dua kali sehari.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang diterbitkan IOP Publishing menunjukkan jika ekstrak propolis dapat meningkatkan hormon testosterone pada pria.

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, termasuk salah satunya kesuburan. 

Menurut jurnal yang diterbitkan The Medical Journal Tikrit University, jahe dapat meningkatkan hormon testosterone pada pria. 

Hormon ini memiliki peranan penting dalam produksi sperma. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada area reproduksi wanita.

Baca Juga : Kapan usia subur wanita menurun ?

Anda dapat mengonsumsi jenis herbal ini dengan cara meminum air rebusan jahe untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

  • Kayu manis

Jenis obat penyubur kandungan alami lainnya yang dapat Anda konsumsi adalah kayu manis. Selain digunakan untuk masakkan, kayu manis juga dapat meningkatkan kesuburan.

Penelitian yang diterbitkan Columbia University Medical Center, mengungkapkan jika kayu manis dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi wanita menjadi lebih teratur. Siklus menstruasi penting untuk menentukan peluang kehamilan Anda.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan American Journal of Obstetrics and Gynecology menyebutkan jika kayu manis baik untuk meningkatkan fungsi ovarium. 

Tidak hanya itu, kayu manis juga berfungsi dalam mendorong produksi sel telur dengan meningkatkan resistensi terhadap insulin.

  • Kunyit

Jenis rempah yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan adalah kunyit. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproduction and Infertility menyebutkan jika kunyit dapat meningkatkan ovulasi pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS).

  • Bee pollen

Bee pollen merupakan campuran dari serbuk sari, nectar, dan air liur lebah. Obat herbal ini memiliki kandungan vitamin B3, B5, A, D, asam amino, serta bioflavonoid yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga meningkatkan kesuburan.

Namun perlu diperhatikan yakni adanya efek samping bagi Anda yang memiliki alergi, seperti ruam hingga sesak napas yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Baca Juga : Kesuburan wanita setelah haid berlangsung

  • Habbatussauda

Habbatussauda atau Nigella sativa merupakan salah satu jenis herbal yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. 

Hal ini lantaran adanya kandungan senyawa timokuinon yang kaya antioksidan yang dapat melindungi organ dari kerusakan akibat radikal bebas.

Habbatussauda dapat meningkatkan reproduksi, kualitas, hingga pergerakan sperma. Namun, penelitian ini masih dalam skala kecil yang dilakukan pada tikus sehingga masih butuh penelitian lebih lanjut.

Apakah Mengkonsumsi Obat Penyubur Kandungan Alami Berbahaya?

Pada dasarnya, obat penyubur kandungan alami ini berasal dari bahan-bahan herbal sehingga aman dikonsumsi. 

Namun, perlu diingat untuk mengkonsumsinya secukupnya. Terlebih apabila Anda memiliki alergi terhadap jenis obat herbal yang disebutkan di atas.

Anda bisa mengonsumsi obat-obat herbal tersebut berdampingan dengan vitamin yang diberikan oleh dokter. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanannya.

Selain mengkonsumsi ramuan alami tersebut, Anda juga perlu melakukan beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan kesuburan, seperti menjalani gaya hidup sehat, olahraga teratur, berhenti merokok, kurangi mengkonsumsi alkohol, dan hindari stres berlebihan.

Perlu diingat, merencanakan program hamil maka Anda dan pasangan harus dalam keadaan rileks agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda membutuhkan penanganan lebih serius, segera periksakan diri ke dokter.

cheer

Obat kesuburan herbal merupakan salah satu jenis obat herbal yang dapat membantu wanita untuk hamil. Mereka digunakan untuk merangsang ovulasi dan meningkatkan jumlah sel telur yang dilepaskan selama setiap siklus menstruasi.

Walaupun demikian, obat herbal harus dikonsumsi secukupnya. Selain dari herbal ataupun vitamin yang diberikan dokter, Anda bisa melakukan konsultasi program hamil bersama kami. Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

  • Ali, A. F., Awadallah, A. (2003). Bee propolis versus placebo in the treatment of infertility associated with minimal or mild endometriosis: A pilot randomized controlled trial. A modern trend. Fertility and Sterility 80:32-32.
  • Mares, W. A. A., Najam, W. S. (2012). The effect of Ginger on semen parameters and serum FSH, LH & testosterone of infertile men. Tikrit Medical Journal 2012;18(2):322-329.
  • Kort, D. H., Lobo, R. A. (2014). Preliminary evidence that cinnamon improves menstrual cyclicity in women with polycystic ovary syndrome: a randomized controlled trial. Am J Obstet Gynecol. 2014 Nov;211(5): 487.e1-6.
  • Ping, N. C., et al. (2014). Effects of Nigella sativa (Habbatussauda) Oil and Nicotine Chronic Treatments on Sperm Parameters and Testis Histological Features of Rats. Evid Based Complement Alternat Med. 2014;2014: 218293.
  • Naz, R. K. (2014). The Effect of Curcumin on Intracellular pH (pHi), Membrane Hyperpolarization and Sperm Motility. Journal of Reproduction and Infertility, Vol. 15, Issue 2, / April-June 2014.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime