7 Cara Memancing Kehamilan yang Alami, Mau Coba?

Bagi pasangan yang telah menikah, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan keturunan. Tidak jarang banyak yang melakukan cara memancing kehamilan untuk mendapatkan dua garis positif. Lantas, bagaimana cara memancing kehamilan secara alami?

Cara Memancing Kehamilan Secara Alami

Memancing kehamilan merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pasangan suami istri agar segera mendapatkan keturunan. Hal ini biasanya dilakukan oleh pasangan menikah yang telah lama menanti kehadiran buah hati.

Salah satu cara memancing kehamilan secara alami adalah dengan melakukan hubungan intim dengan rutin. Hal tersebut guna meningkatkan peluang kehamilan. Namun, selain ‘bercinta’ secara teratur, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan bersama pasangan untuk memancing kehamilan.

1. Hindari menggunakan alat kontrasepsi

Jika Anda dan pasangan ingin memancing kehamilan maka hindari penggunaan alat kontrasepsi apapun selama melakukan hubungan seksual. Banyak yang beranggapan jika salah satu cara memancing kehamilan dengan pil KB merupakan cara ampuh agar cepat hamil. Namun, hal tersebut kurang tepat.

Pasalnya, pil KB berisi hormon untuk memancing haid atau sebaliknya menghentikan haid dengan periode yang berkepanjangan. Pil KB tersebut diperuntukkan bagi wanita yang kadar hormone progesterone dan estrogen mengalami ketidakseimbangan sehingga membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu, dokter akan memberikan pil KB tersebut sebagai langkah memancing haid.

Jika Anda mengonsumsi pil KB pada saat berhubungan, hal ini bisa menurunkan peluang kehamilan karena pil KB pada dasarnya dapat menghambat Anda untuk memiliki keturunan.

2. Berhubungan intim secara rutin dan di waktu yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu cara memancing kehamilan adalah melakukan hubungan secara rutin. Melakukan hubungan seksual minimal 3 kali dalam seminggu juga bisa membantu meningkatkan peluang kehamilan.

Pasalnya, sering melakukan hubungan seks juga dapat membuat kualitas sperma menjadi lebih baik. Namun, disarankan untuk tidak ‘berhubungan’ setiap hari. Hal ini justru bisa membuat kualitas sperma menurun.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan peluang kehamilan dengan melakukan hubungan seksual pada saat masa subur wanita. Hal tersebut merupakan waktu untuk Anda dan pasangan untuk memiliki peluang kehamilan lebih tinggi.

Ketahui kapan masa subur wanita berlangsung. Masa subur wanita terjadi pada sekitar masa ovulasi. Biasanya berlangsung pada hari ke-12 hingga 16 sebelum jadwal menstruasi berikutnya. Jika Anda ingin mengetahui kapan masa subur wanita berlangsung, anda bisa menggunakan kalkulator masa subur ini.

3. Jangan khawatir mengenai posisi ‘berhubungan’

Jika banyak yang beranggapan posisi berhubungan dapat membantu wanita agar cepat hamil, hal tersebut belum terbukti kebenarannya. Pasalnya hingga kini belum ada penelitian yang menemukan posisi tertentu yang dapat membantu wanita cepat hamil.

Namun, Anda dapat mengubah posisi ‘berhubungan’ yang membuat Anda dan pasangan nyaman. Mengubah posisi saat ‘berhubungan’ juga dianjurkan agar lebih hubungan intim lebih bervariasi.

4. Ubah gaya hidup

Jika Anda dan pasangan ingin segera mendapatkan kehamilan maka hal pertama yang dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dokter akan menyarankan Anda untuk mengubah gaya hidup sebelum merencanakan program hamil. Pasalnya, gaya hidup yang lebih sehat akan membantu meningkatkan peluang kehamilan.

Beberapa hal gaya hidup yang harus Anda ubah, seperti:

  • Pola makan yang lebih sehat. Utamakan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, vitamin, antioksidan, dan mineral. Perbanyak konsumsi sayuran, sayuran, serta minum air putih yang cukup.
  • Olahraga teratur juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya baik untuk meningkatkan peluang kehamilan. Namun, perlu diingat untuk menghindari olahraga berat yang bisa membuat tubuh kelelahan.
  • Kurangi mengonsumsi alkohol berlebihan. Alkohol dapat menurunkan kadar progesteron yang diperlukan dalam memproduksi sperma.
  • Usahakan untuk berhenti merokok. Pasalnya, zat-zat berbahaya yang terkandung pada rokok dapat memengaruhi kadar hormon.
  • Kurangi mengonsumsi kafein. Wanita yang mengonsumsi kafein lebih dari 1 cangkir dalam sehari memiliki peluang hamil lebih rendah daripada wanita yang hanya minum kopi 1 cangkir sehari.
memancing kehamilan sehat

5. Jaga berat badan ideal

Menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara memancing kehamilan secara alami. Memiliki berat badan berlebihan dapat menurunkan peluang kehamilan. Tidak hanya itu, wanita yang terlalu kurus juga dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur bahkan bisa membuat wanita berhenti berovulasi.

6. Tetap berbaring pasca berhubungan

Banyak yang menganggap menentukan posisi tidur setelah berhubungan agar cepat hamil. Meski belum ada bukti ilmiah bahwa berbaring setelah ‘berhubungan’ dapat meningkatkan peluang kehamilan. Namun, berdiri atau pergi ke kamar mandi pasca melakukan hubungan seks dapat menyebabkan gravitasi menarik sperma menjauh dari leher rahim.

Berbaring selama 15 menit setelah berhubungan seks dapat membantu menjaga sperma berjalan ke arah yang benar dengan memberi mereka waktu ekstra – sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan.

7. Mengonsumsi vitamin prenatal

Mengonsumsi vitamin prenatal sebelum hamil bisa menjadi cara memancing kehamilan. Menurut Planned Parenthood, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan perawatan kesehatan di Amerika Serikat, menyatakan jika wanita yang tengah merencanakan program hamil bisa mengonsumsi vitamin prenatal setidaknya 1 bulan sebelum hamil. Vitamin yang sebaiknya dikonsumsi, seperti asam folat, vitamin B yang mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang bayi. Anda juga dapat mengonsumsi vitamin ini pada saat kehamilan terjadi.

Anda disarankan untuk memulai mengonsumsi vitamin prenatal lebih awal, hal ini dikarenakan tabung saraf berkembang ke otak dan tulang belakang 3 hingga 4 minggu setelah pembuahan terjadi. Biasanya, banyak wanita yang belum menyadari bahwa mereka tengah hamil.

Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Selain beberapa cara memancing kehamilan di atas, Anda juga bisa mencoba cara lainnya dengan mengonsumsi makanan yang dapat menyuburkan kandungan. Apa saja makanan yang dapat meningkatkan kesuburan?

Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau memiliki banyak manfaat karena kaya akan vitamin, mineral, serat hingga antioksidan yang baik bagi tubuh. Kaya akan serat, protein, antioksidan, folat, zat besi, dan vitamin membuat sayuran hijau baik untuk menyuburkan kandungan.

Telur

Makanan lain yang baik untuk meningkatkan kesuburan adalah telur.  Telur mengandung nutrisi asam lemak omega-3 yang baik untuk kesuburan. Omega-3 dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas, hingga bentuk sperma. Tidak hanya untuk pria, telur juga baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Selain itu, omega-3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh.

Salmon

Seperti yang diketahui, salmon merupakan salah satu makanan yang paling banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Sama seperti telur, salmon mengandung omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi perkembangan plak di arteri, serta meningkatkan kesuburan.

Jeruk

Buah jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung kalium, folat, antioksidan, dan kalsium yang dapat melancarkan siklus menstruasi dan meningkatkan kualitas sel telur.

Tidak hanya jeruk, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C lain, seperti mangga, papaya, stroberi, yang mana buah-buahan tersebut juga mengandung banyak vitamin C.

Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin K yang dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan dan menjaga keseimbangan hormon sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Good health before pregnancy: Pre Pregnancy care. (2018). 
  2. Ferris, Ronald. Fertility Awareness–Based Methods for Family Planning and as an Alternative to Hormonal Contraceptives for Therapeutic Reasons. Linacre Q. 2011 May; 78(2): 172–186. Published online 2011 May 1. 
  3. Urrutia, Rachel Peragallo. Fertility awareness based methods for pregnancy prevention. Cite this as: BMJ 2019; 366: l4245.
  4. Jahanfar, Shayesteh; Jaafar, Sharifah Halimah. Effects of restricted caffeine intake by mother on fetal, neonatal and pregnancy outcomes. Version published: 09 June 2015. 
  5. Li, Ji; Zhao, Hong. A meta-analysis of risk of pregnancy loss and caffeine and coffee consumption during pregnancy. nt J Gynaecol Obstet. 2015 Aug;130(2):116-22. 
  6. Folic Acid. National Center on Birth Defects and Developmental Disabilities, Centers for Disease Control and Prevention.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime