7 Minuman yang Dapat Meningkatkan Gairah Seksual

minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual

Penurunan libido atau gairah seksual bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penurunan gairah seksual merupakan hal normal yang biasa terjadi pada pria maupun wanita. Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa jenis minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Jenis Minuman yang Dapat Meningkatkan Gairah Seksual

Libido atau gairah seksual memiliki peranan penting dalam keintiman suami istri. Jika penurunan gairah seksual terjadi dalam waktu yang lama maka dapat memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan. Hal ini akan membuat kualitas hubungan bisa menurun.

Libido menurun bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti disfungsi ereksi, gangguan ejakulasi, vagina kering, atau rasa sakit saat berhubungan. Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah mengonsumsi minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual.

1. Jus Delima

Jus delima dipercaya menjadi minuman yang dapat meningkatkan libido. Hal ini karena buah yang juga disebut sebagai pomegranate ini memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk aliran darah. Sehingga dapat melancarkan aliran darah hingga ke organ vital.

Sebuah studi menunjukkan bahwa jus delima memiliki dampak positif pada disfungsi ereksi dan seksualitas pria. Tidak ada salahnya mengonsumsi jus delima untuk meningkatkan gairah seksual Anda sehingga ini bisa menjadi penyebab seksual pria meningkat.

2. Jus Alpukat

Buah yang memiliki kulit warna hijau mengkilat ini baik untuk meningkatkan gairah seksual. Kandungan lemak dan serat yang terdapat pada buah alpukat dapat menyehatkan jantung sehingga memberikan energi yang dapat bertahan lama.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B6 yang dapat meredakan rasa lelah, kembung, dan meningkatkan mood. Hal ini tentu membantu memperbaiki hubungan Anda dengan pasangan.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, termasuk salah satunya dapat meningkatkan libido. Pasalnya teh hijau kaya akan senyawa katekin, yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh organ termasuk organ vital Anda.

Selain itu, katekin juga menyebabkan sel-sel pembuluh darah melepaskan nitrat yang berkaitan dengan peningkatan aliran darah.

Fungsi katekin lainnya adalah menghilangkan lemak perut dan mempercepat kapasitas hati untuk mengubah lemak menjadi energi.

4. Jus Pisang

Seperti yang diketahui, buah pisang memiliki sumber potasium tinggi, yang mana dapat membantu melawan efek makanan yang mengandung sodium tinggi. Pasalnya, makanan asin dapat mengurangi aliran darah ke organ vital yang bisa membuat Anda sulit mencapai orgasme.

Banyaknya kandungan pada pisang membuat minuman jus pisang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan nafsu birahi.

Jus Semangka untuk meningkatkan gairah seksual

5. Jus Semangka

Jika Anda ingin mengonsumsi minuman segar untuk melepas dahaga sekaligus untuk meningkatkan gairah seksual, Anda dapat mengonsumsi jus semangka.

Selain rasanya yang manis baik untuk energi, jus semangka memiliki likopen tinggi yang memiliki peran untuk mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi ke organ tubuh.

6. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual. Selain dapat mengatasi rasa kantuk, kopi juga dapat meningkatkan suasana hati/mood pria atau wanita. Kandungan stimulan dapat pada kopi dapat meningkatkan libido, sehingga gairah seksual Anda dan pasangan semakin intim.

Namun perlu dicatat, kopi dapat dikonsumsi secukupnya. Meski dampak kafein pada kesuburan masih diperdebatkan namuan disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir dalam sehari. Hal ini dapat mengurangi peluang hamil bagi wanita.

7. Ginseng

Ginseng diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat meningkatkan libido pada pria maupun wanita. Mengonsumsi ginseng dapat membantu aktivitas seksual Anda menjadi lebih bergairah.

Makanan untuk Meningkatkan Gairah Seksual

Selain minuman, terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan libido, salah satunya mengonsumsi makanan. Beberapa jenis makanan tertentu dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual baik wanita maupun pria.

1. Tiram

Tiram salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan libido. Kaya akan seng dan mineral membuat tiram dapat meningkatkan hormon testosterone dan mengalirkan darah ke seluruh organ termasuk organ vital. Jika dikonsumsi secara rutin, tiram dapat baik untuk meningkatkan kesuburan pria.

Sebuah penelitian menunjukkan kekurangan seng (zinc) bisa menjadi faktor risiko infertilitas yang disebabkan oleh kadar testosteron.

2. Bayam

Sudah tidak asing lagi jika bayam menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat, termasuk salah satunya meningkatkan libido. Bayam kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan aliran darah. Selain itu, kandungan mineral yang dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

Peningkatan aliran darah dapat memicu adrenalin sehingga dapat meningkatkan libido dan membuat kegiatan seksual lebih bergairah.

3. Kacang dan Biji-bijian

Makanan yang dapat meningkatkan libido adalah kacang dan biji-bijian. Kacang memiliki kandungan asam amino yang merupakan salah satu penyusun oksida nitrat atau gas alami yang membantu pria ereksi. Selain itu, makanan jenis kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol.

Sementara itu, biji-bijian menjadi sumber l-arginine yang baik, yang merupakan asam amino yang biasa digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Biji-bijian juga baik untuk meningkatkan aliran darah termasuk ke organ vital, yang dapat membuat aktivitas seksual Anda lebih bergairah.

4. Kentang

Jika Anda ingin mengembalikan gairah seksual, salah satu caranya dengan mengonsumsi kentang. Kentang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan potasium yang baik. Nutrisi dapat meningkatkan sirkulasi yang dapat meningkatkan gairah Anda.

Tidak hanya itu, potasium juga dapat meningkatkan gairah Anda pada saat berhubungan. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa memiliki kadar potasium rendah dapat menyebabkan depresi.

5. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual. Mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamine otak yang dapat membuat perasaan menjadi lebih baik dan menurunkan tingkat stres, kedua hal ini dapat meningkatkan libido seseorang.

Cara Mengembalikan Nafsu Birahi yang Hilang

Menurunnya gairah seksual pada pria dan wanita merupakan hal yang wajar karena seiring bertambahnya usia maka gairah seksual akan menurun. Penyebab menurunnya libido antara wanita dan pria pun berbeda.

Menurunnya gairah seksual bisa disebabkan oleh:

  • Testosteron rendah
  • Penyakit kronis
  • Depresi
  • Stress
  • Gaya hidup

Berbeda dengan pria, wanita juga mengalami penurunan gairah seksual yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor fisik, faktor psikologis, dan faktor hubungan dan pasangan. Berikut beberapa faktor penyebab gairah seksual wanita menurun:

  • Masalah seksual
  • Kondisi medis tertentu
  • Efek samping obat-obatan
  • Riwayat operasi
  • Gaya hidup
  • Menopause
  • Kehamilan atau ibu menyusui
  • Masalah kesehatan mental
  • Stres

Kunci hubungan langgeng adalah hubungan pasangan yang harmonis. Menurunnya gairah seksual pada pasangan dapat mengganggu hubungan Anda dengan pasangan. Maka cara untuk mengembalikan nafsu birahi yang hilang pada pria.

  • Berhenti merokok
  • Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan
  • Mengatasi stres (olahraga, makan makanan bergizi, melakukan hobi yang digemari)

Berbeda dengan pria, menurunnya gairah seksual pada wanita bisa disebabkan oleh beberapa faktor sehingga cara mengembalikan nafsu birahi pada wanita bisa dilakukan dengan beberapa cara ini:

  • Melakukan konseling
  • Melakukan terapi hormon
  • Diresepkan obat-obatan tertentu dari dokter
  1. Hamza, Rasha T. Effect of zinc supplementation on growth Hormone Insulin growth factor axis in short Egyptian children with zinc deficiency. Ital J Pediatr. 2012; 38: 21. Published online 2012 May 24. 
  2. A S Prasad. Zinc status and serum testosterone levels of healthy adults. Nutrition. 1996 May;12(5):344-8.
  3. Fay A Guarraci. “Coffee, tea and me”: moderate doses of caffeine affect sexual behavior in female rats. Pharmacol Biochem Behav. 2005 Nov;82(3):522-30. 
  4. C P Forest. Efficacy and safety of pomegranate juice on improvement of erectile dysfunction in male patients with mild to moderate erectile dysfunction: a randomized, placebo-controlled, double-blind, crossover study. International Journal of Impotence Research, volume 19, pages564–567 (2007). 
  5. Albert Salas-Huetos. Effect of Nut Consumption on Erectile and Sexual Function in Healthy Males: A Secondary Outcome Analysis of the FERTINUTS Randomized Controlled Trial. Nutrients. 2019 Jun; 11(6): 1372. Published online 2019 Jun 19.
  6. Saltzman, Erin A. Improvement in erectile function in men with organic erectile dysfunction by correction of elevated cholesterol levels: a clinical observation. J Urol. 2004 Jul;172(1):255-8.
  7. Pon Velayutham. Green Tea Catechins and Cardiovascular Health: An Update. Curr Med Chem. 2008; 15(18): 1840–1850. 
  8. Hee Yul Ahn. Epigallocatechin-3-gallate Regulates Inducible Nitric Oxide Synthase Expression in Human Umbilical Vein Endothelial Cells. Lab Anim Res. 2011 Jun; 27(2): 85–90. Published online 2011 Jun 22.
  9. Kar Wah Leung. Ginseng and male reproductive function. Spermatogenesis. 2013 Jul 1; 3(3): e26391. Published online 2013 Sep 13.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi