6 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi untuk program Hamil

makanan untuk program hamil

Memiliki buah hati merupakan keinginan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Selain menjaga organ reproduksi tetap sehat, faktor lain yang membantu meningkatkan kesuburan adalah makanan sehat. Memakan makanan yang baik untuk program hamil merupakan salah satu cara alami untuk meningkat kesuburan tanpa harus mengonsumsi obat penyubur kandungan.

Jenis Makanan yang Dikonsumsi untuk Program Hamil

Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan secara alami adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan protein dapat membantu program hamil yang direncanakan berjalan dengan baik.

Nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh Anda adalah protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin dan mineral. Asupan makanan sehat akan memberikan peluang tinggi untuk program kehamilan yang direncanakan.

Berikut jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk program hamil.

Sayuran Hijau

Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayuran hijau mengandung serat yang dibutuhkan untuk menyuburkan kandungan. Hal ini karena serat dapat membantu mengeluarkan hormon dan menjaga gula darah tetap stabil.

Berbagai sayuran hijau yang dapat dikonsumsi berupa bayam, brokoli, dan kangkung. Ketiganya mengandung nutrisi seperti vitamin E, kalsium, zat besi, dan folat.

Mengonsumsi sayuran hijau juga penting saat Anda telah menjalani proses kehamilan. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi penting sebelum melahirkan seperti kalsium, zat besi (terutama penting saat Anda sedang menstruasi) dan folat, yang juga melindungi dari cacat lahir di otak dan tulang belakang yang dapat berkembang dalam beberapa minggu pertama kehamilan.

Buah-buahan

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk program hamil adalah buah-buahan. Buah yang baik dikonsumsi untuk program hamil berupa berbagai jenis jeruk, blueberry, dan alpukat.

Buah jeruk tidak hanya menjadi salah satu sumber vitamin C terbaik tetapi juga mengandung potasium, kalsium, dan folat. Vitamin B dapat membantu Anda hamil dengan mangatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

Blueberry dan raspberry merupakan buah yang baik untuk program hamil karena mengandung antioksidan alami dan fitonutrien anti-inflamasi, yang dapat membantu kesuburan wanita dan pria. Sama seperti jeruk, blueberry dan raspberry kaya akan folat dan vitamin C, yang dapat membantu perkembangan janin kelak.

Buah yang mengandung folat lainnya adalah alpukat. Alpukat mengandung vitamin K, yang membantu tubuh untuk menyerap nutrisi secara efektif serta membantu untuk menjaga kesehatan hormon.

Alpukat juga kaya akan potasium, yang merupakan kunci utama untuk mengatur tekanan darah. Alpukat juga merupakan buah yang memiliki kulit tebal sehingga tidak mudah menyerap pestisida.

Cara terbaik mengonsumsi alpukat dengan mencampur alpukat dengan roti panggang multigrain dan sedikit minyak zaitun. Minyak zaitun juga dikenal sebagai penambah kesuburan yang cukup baik. Mengandung konsentrat vitamin E yang tinggi, yang baik untuk menstabilkan dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Madu

Madu menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk program hamil. Madu kaya akan kandungan vitamin, zat besi, kalsium, mineral lain, asam amino dan sifat peningkat kekebalan tubuh, banyak pengamatan menunjukkan bahwa serbuk sari lebah ini dianggap  dapat meningkatkan kualitas telur dan kesuburan.

Tak hanya itu, madu juga dikenal kaya akan vitamin B, yang merupakan zat penting untuk produksi testosteron. Beberapa literatur telah mengakui korelasi positif antara asupan madu dan konsentrasi testosteron.

Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang mudah didapatkan. Kaya akan protein dan mineral, telur juga baik untuk meningkatkan kesuburan terutama untuk Anda yang merencanakan program hamil.

Telur kaya akan asam amino seperti kolin, yang meningkatkan kualitas folikel, yaitu tempat sel telur. Telur juga mengandung folat, yang baik membantu mencegah cacat lahir tabung saraf dan membantu perkembangan otak.

Greek Yoghurt

Tidak hanya untuk camilan biasa, yoghurt memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Greek yoghurt mengandung lebih banyak kalsium daripada susu. Greek yoghurt mengandung probiotik dan proterin dua hingga tiga kali lebih banyak daripada secangkir yoghurt biasa.

Menjadi sumber vitamin D terbaik, greek yoghurt membantu folikel, yang merupakan tempat sel telur di ovarium matang dan dapat memperkuat tulang serta meningkatkan kekebalan.

Salmon

Seperti yang diketahui salmon merupakan salah satu sumber protein terbaik. Oleh sebab itu harga salmon lebih tinggi daripada jenis ikan lainnya. Salmon merupakan sumber omega 3 terbaik dan DHA (Docosahexaenoic acid), yang penting bagi perkembangan otak dan janin kelak.

Wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas sangat kekurang DHA, sehingga salmon menjadi nutrisi terbaik untuk program hamil.

makanan yang dihindari program hamilJenis Makanan yang Harus Dihindari Selama Program Hamil

Tidak hanya makanan yang direkomendasikan untuk program hamil tetapi ada juga makanan yang harus dihindari selama menjalani program hamil. Berikut jenis makanan yang harus dihindari selama program hamil.

Ikan yang Mengandung Merkuri Tinggi

Mengonsumsi ikan memang baik untuk program hamil karena kaya akan protein namun tidak semua jenis ikan dapat dikonsumsi. Ikan yang mengandung merkuri tinggi tidak dianjurkan bagi wanita yang merencanakan program kehamilan. Sebab jika terlalu banyak mengonsumsi merkuri, itu akan mempengaruhi kesuburan pria dan wanita serta berbahaya bagi sang janin kelak.

Ikan yang mengandung merkuri tinggi berupa Swordfish (todak), ikan marlin, hiu raw shellfish (kerang mentah).

Anda harus membatasi mengonsumsi ikan berminyak karena kandungan polutan seperti dioksin dan bifenil poliklorin yang berbahaya bagi janin.

Anda juga harus menghindari mengonsumsi kerang mentah karena bisa mengandung bakteri, virus, atau racun berbahaya di dalamnya. Hal ini bisa menyebabkan penyakit juga bisa menimbulkan keracunan makanan.

Makanan yang mengandung lemak trans

Makanan yang harus dihindari jika ingin menjalani program hamil adalah makanan yang mengandung lemak trans. Biasanya, lemak trans ditemukan dalam makanan yang dipanggang atau makanan yang digoreng.

Hal tersebut dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin yang dapat menurunkan kesuburan. Jika dikonsumsi secara berlebihan makan akan merusak pembuluh darah dan mengganggu aliran nutrisi ke sistem reproduksi.

Tak hanya bagi wanita, lemak trans juga tak baik bagi pria sebab dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Maka jika ingin merencanakan kehamilan maka pasangan dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans.

Soda

Beberapa penelitian mengungkapkan jika soda dapat menurunkan kesuburan. Hal ini karena perubahan metabolisme yang disebabkan oleh terlalu banyak pemanis yang dapat meningkatkan gula darah dan pemanis buatan yang mengubah bakteri usus.

Tidak hanya itu, makanan dan minuman kemasan juga harus dihindari. Makanan dan minuman kemasan dikemas dengan wadah yang mengandung BPA (bisphenol A) dan bahan kimia lain yang dapat menurunkan kesuburan.

Minuman alkohol

Jika Anda berencana untuk menjalani program hamil maka harus menghindari mengonsumsi minuman alkohol. Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat menurunkan tingkat kesuburan. Sama seperti merkuri, mengonsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan sulit memiliki anak. Alcohol juga akan menyerap vitamin B dalam tubuh, di mana vitamin B berperan untuk meningkatkan peluang hamil dan meningkatkan pertumbuhan janin.

  1. U.S. Department of Health and Human Services and U.S. Department of Agriculture. 2015 – 2020 Dietary Guidelines for Americans. 8th Edition. December 2015. URL : Source
  2. Source
  3. Source
  4. Jurnal Saudi J Biol Sci. 2017 Jul; 24(5): 975–978. URL : Source
  5. Source
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi