Adakah Manfaat Kurma Muda untuk Promil?

kurma muda untuk promil

Kurma menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi terutama untuk santapan berbuka puasa. Bagi pasangan yang sudah menikah, konsumsi kurma muda untuk promil menjadi salah satu cara yang dipercaya dapat membantu agar cepat hamil. Namun, adakah manfaat kurma muda untuk promil?

Kandungan Nutrisi Kurma Muda

Kurma adalah salah satu buah yang berasal dari Timur Tengah. Buah yang memiliki beberapa jenis ini menjadi salah satu santapan berbuka puasa saat bulan Ramadan tiba. Rasanya yang manis, kurma memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Namun pernahkah Anda mendengar kurma muda? Berbeda dengan kurma yang biasa dikonsumsi, kurma muda merupakan kurma segar dengan warna kuning yang lebih cerah. Kurma muda memiliki kandungan air yang lebih banyak dan rasa manis yang lebih sedikit sehingga dipercaya baik untuk kesehatan.

Salah satu manfaat kurma muda yang dipercaya sebagian besar orang adalah untuk menjalani program hamil. Berbagai cara dilakukan bagi pasangan suami istri demi mendapatkan keturunan, salah satunya mengonsumsi kurma muda untuk promil. Kurma muda dipercaya dapat membantu pasangan agar cepat memiliki keturunan.

Kurma muda mengandung sejumlah nutrisi, seperti kalsium, serat, vitamin B6, folat, kalsium, kalium, magnesium, hingga antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat Kurma Muda 

Sama seperti jenis buah lainnya, kandungan nutrisi pada kurma muda memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan

Memenuhi asupan serat setiap harinya merupakan hal penting bagi tubuh. Kandungan serat pada buah kurma muda dapat membantu melancarkan pencernaan. Memiliki pencernaan yang sehat membuat Anda terhindar dari penyakit yang menyerang bagian pencernaan, seperti sembelit atau diare.

2. Menjaga gula darah

Salah satu manfaat dari jenis kurma ini bagi tubuh adalah dapat menjaga gula darah. Seperti yang diketahui, kurma muda memiliki kadar gula yang lebih sedikit daripada jenis kurma pada umumnya.

Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga dapat membuat Anda lebih cepat merasakan kenyang dan mencegah gula darah melonjak naik.

3. Mencegah radikal bebas

Salah satu manfaat lain bagi kesehatan adalah baik untuk mencegah radikal bebas. Hal ini lantaran, kurma muda mengandung antioksidan tinggi. Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan berbagai penyakit. Terdapat tiga jenis antioksidan di dalam buah ini yang memiliki manfaatnya masing-masing.

Antioksidan flavonoid memiliki manfaat yang dapat mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.

Sementara itu, antioksidan karotenoid memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga membantu mengurangi risiko gangguan yang terkait dengan mata, seperti degenerasi makula.

Selain kedua antioksidan tersebut, ada asam fenolik yang merupakan antioksidan yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

4. Membantu mencegah dehidrasi

Kurma muda memiliki kandungan air yang lebih banyak daripada jenis kurma lainnya. Jika Anda mengonsumsi buah ini maka dapat mengatasi rasa haus serta mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh. Selain itu, kandungan air yang dimiliki membuat kebutuhan cairan Anda terpenuhi.

5. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan adalah kurma muda bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi membuat Anda menjadi lebih cepat merasa kenyang sehingga membantu mencegah Anda untuk mengonsumsi camilan berlebihan.

Selain itu, jumlah kalori yang rendah dapat membuat kurma muda menjadi camilan yang cocok untuk dikonsumsi jika Anda tengah dalam masa diet.

Apakah Kurma Muda Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Banyaknya minat pasangan suami istri yang memilih untuk mengonsumsi kurma muda untuk promil, menimbulkan pertanyaan apakah kurma muda dapat meningkatkan kesuburan?

Sayangnya, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat kurma muda untuk promil dan kesuburan. Namun, kandungan nutrisi yang dimiliki kurma muda dapat mendukung kesehatan kesuburan secara tidak langsung.

Meski begitu, kurma memiliki manfaat yang baik bagi wanita hamil untuk melancarkan proses persalinan. Hal ini terbukti pada sebuah jurnal yang diterbitkan Journal of Obstetrics and Gynecology, yang mana wanita yang rutin mengonsumsi kurma dilaporkan menjalani proses persalinan yang lebih lancar.

konsumsi kurma

Cara Mengonsumsi Kurma Muda

Banyaknya peminat kurma muda membuat buah asal Timur Tengah ini banyak dijual di pasar atau toko daring di Indonesia. Jika Anda ingin mencicipi jenis kurma ini, terdapat berbagai cara mengonsumsinya yang bisa Anda coba.

Diseduh

Anda bisa menyeduh kurma untuk mendapatkan sari kurma untuk dijadikan ramuan tradisional. Caranya, pisahkan daging kurma dari bijinya. Kemudian tumbuk halus daging kurma yang sudah dipisahkan. Setelah itu, seduh dengan air hangat. Anda bisa mengonsumsinya sebelum tidur.

Disajikan dalam bentuk jus

Cara mengonsumsi kurma muda yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah mengolahnya dalam bentuk jus. Pisahkan daging kurma dari bijinya. Anda bisa tambahkan madu untuk memberikan tambahan rasa manis secara alami. Konsumsi jus dua kali sehari.

Dicampur dengan bubur

Anda juga bisa mengonsumsi kurma muda dengan campuran bubur nasi. Caranya cukup mudah, siapkan bubur nasi kemudian campurkan daging kurma muda yang sudah ditumbuk secara halus. Anda bisa menambahkan madu sebagai penambah cita rasa manis alami.

Dimakan secara langsung

Salah satu cara mengonsumsi buah ini yang dapat dilakukan dengan mudah adalah dimakan atau dikonsumsi secara langsung. Hal ini salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mengonsumsi kurma muda tanpa cara yang merepotkan.

Tips Meningkatkan Kesuburan Wanita dan Pria

Mengingat belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan mengenai manfaat kurma muda bagi kesuburan. Anda dapat meningkatkan kesuburan dengan beberapa cara alami agar memiliki peluang kehamilan yang tinggi.

Mengonsumsi makanan sehat

Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan adalah mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Makanan sehat yang dikonsumsi mengandung serat, protein, karbohidrat, protein, hingga mineral baik untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Hal ini penting untuk Anda yang tengah merencanakan program hamil Bersama pasangan.

Konsumsi asam folat

Asam folat dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Pada wanita, asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sel telur serta menjaga dan melindungi indung telur (ovarium). Sementara pada pria, asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Melakukan hubungan intim secara teratur

Salah satu cara meningkatkan kesuburan adalah melakukan hubungan intim secara teratur. Anda dan pasangan bisa melakukan hubungan intim 2 – 3 kali dalam seminggu dengan diberikan jeda waktu. Selain meningkatkan peluang hamil, berhubungan yang rutin juga bisa meningkatkan kualitas sperma.

Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol

Jika Anda dan pasangan ingin segera memiliki keturunan, usahakan untuk menghindari merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Pasalnya, zat-zat berbahaya yang terdapat pada rokok dapat memengaruhi kesuburan pria dan wanita.

Selain itu, mengonsumsi alkohol dapat menurunkan hormon testosteron yang diperlukan dalam memproduksi sperma. Alkohol juga dapat menyebabkan ejakulasi dini, gangguan ereksi, dan mengurangi motilitas sperma.

Meskipun buah kurma muda memiliki banyak manfaat namun perlu diperhatikan agar tidak dikonsumsi secara berlebihan ya Ayah Bunda. Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Eid, Noura; Osmanova, Hristinia; Natchez, Cecilia. Impact of palm date consumption on microbiota growth and large intestinal health: a randomised, controlled, cross-over, human intervention study. British Journal of Nutrition (2015), 114, 1226–1236.
  2. Huy, Lien Ai Pham; Huy, Chuong Pham. Free Radicals, Antioxidants in Disease and Health. Int J Biomed Sci. 2008 Jun; 4(2): 89–96. 
  3. Rahmani, Arshad H; Aly, Salah M; Ali, Habeeb. Therapeutic effects of date fruits (Phoenix dactylifera) in the prevention of diseases via modulation of anti-inflammatory, anti-oxidant and anti-tumor activity. Int J Clin Exp Med. 2014; 7(3): 483–491. Published online 2014 Mar 15. 
  4. Bakhtiaria, Mahsa. Panahi, Yunes. Protective effects of flavonoids against Alzheimer’s disease-related neural dysfunctions. Biomedicine & Pharmacotherapy Volume 93, September 2017, Pages 218-229. 
  5. Al-Farsi, Mohamed Ali; Lee, Chang Yong. Nutritional and Functional Properties of Dates: A Review. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 48:10, 877-887.
  6. Shahdadi, F; Mirzaei, H O; Garmakhany, A Daraei. Study of phenolic compound and antioxidant activity of date fruit as a function of ripening stages and drying process. J Food Sci Technol. 2015 Mar; 52(3): 1814–1819. Published online 2013 Oct 11.
  7. Roleira, Fernanda MF. Plant derived and dietary phenolic antioxidants: anticancer properties. Food Chemistry (2015). 
  8. Al-Kuran, O; Al-Mehaisen, L.; Bawadi, H. The effect of late pregnancy consumption of date fruit on labor and delivery. Journal of Obstetrics and Gynaecology, January 2011; 31(1): 29–31.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime