Testpack Positif Samar, Apakah Tanda Hamil? dan Apa yang Harus Dilakukan

Testpack Positif Samar, Apakah Tanda Hamil

Hasil test pack menunjukkan dua garis samar bisa memiliki banyak arti. Mulai tanda kehamilan hingga keguguran.

Garis dua positif menjadi salah satu tanda yang dinantikan oleh pasangan suami istri yang sudah menikah. Umumnya, garis dua yang terdapat pada test pack menunjukkan tanda positif kehamilan.

Tes kehamilan menggunakan test pack dilakukan ketika wanita mengalami terlambat menstruasi yang cukup lama. Test pack digunakan oleh wanita yang mengalami telat menstruasi untuk mendeteksi adanya hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam tubuh wanita.

Hormon hCG merupakan hormon yang berkembang selama kehamilan. Sehingga jika hormon ini terdeteksi dalam tubuh wanita maka dapat dinyatakan positif hamil.

Cara kerja test pack dalam mendeteksi adanya hormon hCG ini adalah dengan menunjukkan dua garis pada test pack yang telah dimasukkan ke dalam urin.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Di antara dua garis tersebut, salah satunya ada yang disebut dengan garis kontrol atau indikator. Indikator ini akan muncul pertama kali ketika pengujian dilakukan. Indikator tersebut menunjukkan jika alat tes bekerja dengan benar. Jika garis kedua muncul maka alat menunjukkan positif kehamilan.

Sebaliknya, jika alat tes hanya menunjukkan satu garis maka menunjukkan jika Anda negatif hamil. Namun, bagaimana jika hasil test pack dua garis samar?

Arti Dua Garis Samar pada Test Pack

Ketika hasil test pack menunjukkan dua garis dapat terlihat apakah salah satu garis terlihat jelas atau samar. Kondisi ini tidak jarang membuat wanita bingung apakah hasil tes tersebut menunjukkan positif atau negatif hamil.

Namun, dua garis samar pada alat tes kehamilan bisa menunjukkan beberapa arti, antara lain:

1. Positif hamil

Salah satu arti dari dua garis samar pada test pack bisa menunjukkan Anda positif kehamilan. Hasil garis samar bisa disebabkan kadar hormon hCG yang masih rendah di dalam tubuh. Oleh sebab itu, untuk melakukan tes kehamilan disarankan untuk menunggu hingga hari pertama menstruasi benar-benar telah lewat.

(Baca Juga : Hubungan Intim saat Hamil 9 Bulan: Apa yang Perlu Diperhatikan? )

Hal tersebut tentu untuk memastikan kadar dalam hormon hCG telah masuk ke dalam aliran darah dan urin agar mudah terdeteksi oleh test pack. Jika Anda melakukan tes kehamilan terlalu dini maka alat tes kehamilan sulit untuk mendeteksi hormon hCG dalam tubuh. Hormon hCG pada awal kehamilan sendiri mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.

2. Tanda keguguran

Bukan hanya tanda positif hamil, garis dua samar pada test pack bisa menandakan Anda mengalami keguguran. Hal ini lantaran kemungkinan masih tersisa sedikit kadar hormon hCG di dalam tubuh. Sisa jaringan yang masih tersisa di dalam rahim akibat keguguran juga bisa menyebabkan test pack menunjukkan dua garis samar.

Oleh karena itu, wanita yang mengalami keguguran akan diminta untuk melakukan test pack minimal 3 minggu setelah keguguran terjadi. Selain itu, pemeriksaan test pack juga dilakukan untuk memastikan apakah masih ada sisa jaringan di dalam rahim atau tidak agar dapat menentukan tindakan lanjutan.

3. Kehamilan ektopik

Test pack dua garis samar bisa juga menandakan adanya kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar kandungan. Hal ini lantaran sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tidak dapat menuju ke rahim akibat tersangkut di tuba falopi. Kondisi ini bisa membahayakan ibu dan janin sehingga tindakan medis perlu dilakukan.

Meski embrio tidak menempel pada tempatnya, embrio tetap memproduksi hormon hCG sehingga dapat menghasilkan dua garis samar.

4. Hamil anggur

Hamil anggur juga bisa menjadi penyebab munculnya dua garis positif samar pada test pack. Kondisi ini terjadi ketika jaringan plasenta tidak berkembang secara normal. Hamil anggur lengkap tidak terdapat maupun jaringan plasenta di dalam rahim. Sebaliknya, hamil anggur parsial terdapat jaringan janin. Alat test pack menghasilkan dua garis samar karena kadar hCG yang meningkat saat kehamilan.

5. Masalah lainnya

Selain beberapa kondisi di atas, dua garis samar pada test pack bisa menandakan adanya masalah pada alat test pack, seperti rusak hingga kadaluwarsa. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan test pack maka perlu diperhatikan agar fungsinya tetap berjalan dengan baik.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Hasil Test Pack Samar?

Jika Anda ragu dengan hasil test pack, Anda bisa lakukan pengecekan pada 2 atau 3 hari hingga 1 minggu kemudian. Apabila Anda hamil maka hormon hCG akan meningkat dan dua garis yang muncul Nampak jelas.

Namun, bila hasilnya tetap sama maka Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kehamilan melalui tes darah dan USG. Bahkan tes darah bisa dilakukan 6-8 hari setelah terjadinya pembuahan.

Jika Anda ingin melakukan tes kehamilan menggunakan test pack, pastikan pakai dengan benar untuk mendapatkan hasil yang akurat.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Betz, D. & Fane, K. NCBI Bookshelf (2020). Human Chorionic Gonadotropin (HCG). 
  • National Health Service. Miscarriage. 
  • American Pregnancy Association. Symptoms & Signs of Miscarriage.
Avatar photo
Share:

 

7 Responses

  1. Yossi berkata:

    Saya mendapatkan garis dua yang dimana garis satunya sangat samar dan hampir tidak terlihat, harus benar2 teliti baru terlihat.
    Namun saya tes ulang namun hasilnya sama mendapatkan samar juga seperti pertama bahkan sedikit lebih pudar dari yang pertama, apakah ini terjadinya kehamilan atau tidak sedangkan saya sering mual namun tidak mintah dan suka sakit di bawah perut seperti mau mans

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Yossi,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter dengan klik di bawah ini

      Klik disini

  2. Afifah tasya berkata:

    Saya melakku tespcak kehamilan pada malam hari dan garis nya samar harus diliat dengan teliti setelah tes dipagi harisnya garisnya terlihat ada kemajuan lebih terlihat tapi masih samar cuma lebih bisa terlihat tanpa melihat lebih teliti,apakah saya benar benar hamil?karna saya baru telat menstruasi 3hari

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Afifah Tasya,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter ya dengan klik di bawah ini.

      Klik disini

    • Asti berkata:

      Halo bun,
      Sy punya kasus yg sama dgn bunda hari ini, apa kah sdh ada jawabannya? Jika berkenaan ut dishare jawabanny bun. Terimakasih🙏🏻

  3. Vera alhayati berkata:

    Kemarin waktu pagi hari saya coba cek pake tespack tampak garis 2 samar apakah tanda kehamilan

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Vera Alhayati,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan dengan dokter yang tepat.

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji