10 Tanda-Tanda Hamil yang Sering Tidak Disadari

Tanda tanda hamil

Banyak wanita yang tidak sadar mengenai kondisi dirinya tengah hamil. Tanda-tanda hamil sering tidak disadari wanita jika pembuahan mereka berhasil. Selain telat menstruasi, terdapat tanda-tanda hamil lainnya yang harus Anda ketahui.

Tanda-Tanda Hamil yang Dialami Wanita

Umumnya tanda-tanda wanita yang positif hamil adalah telatnya menstruasi. Namun bagi wanita yang kerap memiliki siklus menstruasi tidak teratur, hal ini sering tidak disadari. Tanda-tanda awal kehamilan pada setiap wanita juga berbeda-beda. Ada yang mengalami mual-mual atau morning sick namun ada pula yang tidak mengalami tanda-tanda tersebut.

Lantas, apa saja tanda-tanda hamil yang harus Anda ketahui?

1. Terlambat menstruasi

Salah satu ciri-ciri hamil yang paling umum adalah terlambatnya menstruasi. Jika Anda belum mendapatkan menstruasi selama 4-5 hari pasca melakukan hubungan intim bersama pasangan, bisa jadi ini tanda Anda mendapatkan dua garis positif.

Proses kehamilan terjadi ketika pembuahan berhasil atau sedang dilakukan. Nantinya, sel telur akan menempel pada dinding rahim dan terus berkembang menjadi janin. Pada saat hamil, calon ibu tidak akan mengalami menstruasi hingga melahirkan karena terdapat hormone HCG yang dilepaskan oleh tubuh yang berperan untuk menjaga kehamilan.

Namun, terlambat menstruasi tidak melulu sebuah tanda kehamilan, hal ini bisa saja disebabkan ketidakseimbangan hormon. Bahkan pada kondisi yang lebih parah, menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi penyebab susah hamil.

Jika Anda ingin lebih yakin mengenai kondisi tersebut maka Anda dapat melakukan tes kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter.

2. Mual atau morning sickness

Salah satu tanda-tanda hamil muda yang cukup umum terjadi adalah mual atau morning sickness. Mual-mual akan dialami calon ibu pada minggu keempat hingga kesembilan. Tidak ada penyebab pasti mengenai mual-mual namun diyakini penyebab morning sickness adalah hormon.

Pasalnya hormon wanita akan berubah pada saat awal kehamilan. Hal ini akan terasa berat pada trimester pertama kehamilan. Namun gejala mual tersebut akan berkurang pada trimester kedua.

3. Perubahan puting payudara

Jika Anda mengalami perubahan pada tekstur payudara yang lebih lunak dan bengkak mungkin ini menjadi salah satu tanda-tanda hamil 1 hari. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon. Biasanya perubahan tekstur payudara terjadi pada minggu keempat dan keenam namun perubahan puting payudara bisa terjadi pada minggu kesebelas.

Selain itu areola atau area di sekitar puting payudara berubah warna menjadi lebih gelap dan tumbuh menjadi lebih besar.

4. Lebih mudah lelah

Tanda-tanda hamil 1 minggu juga ditandai dengan tubuh yang lebih mudah merasa lelah. Rasa lelah pada awal kehamilan disebabkan kadar hormon progesterone melonjak yang dapat membuat Anda merasa mengantuk.

Selain itu, kadar gula dan produksi darah segar cenderung lebih rendah sehingga membuat wanita hamil lebih mudah merasa lelah. Pada saat kehamilan, sistem imun pada tubuh wanita juga cenderung lebih lemah sebelum implantasi embrio melekat pada rahim.

Salah satu cara agar tanda hamil tidak mengganggu aktivitas Anda banyak istirahat serta mencoba untuk menyesuaikan aktivitas pada saat hamil.

5. Konstipasi atau perut kembung

Tanda-tanda hamil muda pada perut adalah konstipasi atau perut kembung. Hampir mirip dengan gejala menstruasi, perut kembung terjadi pada awal kehamilan. Hal ini dikarenakan perubahan hormonal yang dapat memperlambat sistem pencernaan sehingga Anda merasa seperti sembelit atau pencernaan tidak lancar.

Mirip dengan gejala periode menstruasi, kembung dapat terjadi selama awal kehamilan. Ini mungkin karena perubahan hormon, yang juga dapat memperlambat sistem pencernaan Anda.

test pack positif

6. Pendarahan implantasi / flek

Jika Anda mengalami flek atau yang disebut pendarahan implantasi, bisa jadi ini sebuah tanda-tanda hamil 2 minggu. Pada minggu pertama hingga keempat, telur yang dibuahi membentuk blastokista (kelompok sel berisi cairan) yang akan berkembang menjadi organ janin.

Pendarahan implantasi atau flek akan terjadi pada hari ke-10 hingga ke-14 setelah pembuahan. Hal ini disebabkan pada saat embrio menempel pada dinding rahim, lapisan rahim akan terkikis sehingga menyebabkan adanya sedikit pendarahan.

Pendarahan yang terjadi hanya 1 – 2 tetes bercak darah sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya dan mengira jika hal tersebut tanda-tanda menstruasi. Namun jika Anda mengalami pendarahan lebih deras dan dengan waktu lebih dari 5 hari maka segera periksakan diri ke dokter. Umumnya, warna darah pada saat flek berwarna merah muda, merah, atau kecoklatan.

7. Frekuensi buang air kecil lebih sering

Jika Anda mengalami frekuensi buang air kecil yang lebih sering, bisa jadi ini sebuah tanda-tanda hamil 1 bulan. Biasanya, kondisi ini mulai terjadi sekitar 6 – 8 minggu setelah pembuahan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormone human chorionic gonadotropin (hCG).

Tingginya hormon hCG dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga meningkatkan produksi urine. Semakin besar usia kehamilan maka frekuensi buang air kecil makin sering terjadi. tidak perlu khawatir, ini merupakan salah satu tanda hamil yang wajar.

8. Indera penciuman menjadi lebih sensitif

Pada saat kehamilan, indera penciuman menjadi sensitif. Biasanya, ini tanda hamil ini terjadi pada saat trimester pertama. Peningkatan sensitivitas indra penciuman bisa memicu mual atau muntah. Hal ini bisa menyebabkan wanita hamil tidak suka terhadap makanan tertentu.

Kondisi ini biasanya kembali normal setelah melahirkan atau pada waktu 6 hingga 12 minggu pasca persalinan.

9. Suhu tubuh tinggi

Salah satu tanda hamil lainnya adalah meningkatnya suhu tubuh basal (BBT). Suhu tubuh basal naik pada saat bangun tidur di pagi hari. Hal ini dikarenakan setelah ovulasi karena peningkatan progesterone setelah masa ovulasi.

Kenaikan suhu basal tubuh kerap tidak disadari oleh wanita hamil. Biasanya, kenaikan suhu tubuh basal berlangsung selama 18 hari atau lebih. Namun, suhu tubuh basal tidak selalu menjadi tanda pasti yang menandakan Anda hamil.

10. Perubahan suasana hati

Wanita yang sedang hamil bisa mengalami perasaan yang lebih sensitif serta mudahnya perubahan suasana hati. Hal ini dikarenakan meningkatnya kadar progesterone dan estrogen sehingga membuat perasaan Anda lebih emosional atau reaktif dari biasanya. Perubahan suasana hati merupakan tanda umum dalam sebuah kehamilan. Perubahan suasana tersebut bisa meliputi: cemas hingga depresi.

Bagaimana Jika Belum Hamil Padahal Rutin Berhubungan?

Banyak pasangan yang rutin melakukan hubungan suami istri tetapi belum juga mendapatkan tanda-tanda kehamilan. Jika Anda belum mengalami tanda-tanda hamil tersebut, hal ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor.

Namun, Ayah Bunda tidak perlu khawatir, hal ini bisa diatasi dengan melakukan pemeriksaan awal sebagai langkah dini mengetahui penyebab susah hamil. Dalam rangka resolusi tahun baru, impian Anda untuk #menjadiorangtua bisa diwujudkan dengan Paket Dua Garis dari Bocah Indonesia.

Apa Itu Paket Dua Garis?

Paket Dua Garis adalah paket screening awal sebelum #menjadiorangtua. Paket ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesuburan pasangan suami istri sebelum memulai program hamil agar dapat ditangani dengan cara yang tepat. Paket ini juga salah satu cara agar cepat hamil untuk Ayah Bunda yang tengah menanti keturunan.

Siapa Saja yang Bisa Memilih Paket Dua Garis?

Paket Dua Garis ditujukan untuk Anda yang ingin memulai program hamil, untuk Anda yang pernah gagal program hamil secara alami, dan Anda yang ingin membutuhkan pemeriksaan ulang.

Paket Dua Garis merupakan pilihan tepat untuk mewujudkan resolusi tahun baru Anda #menjadiorangtua. Jangan ditunda lagi untuk menanti kehadiran buah hati, segera periksakan kondisi kesuburan Ayah dan Bunda dengan Paket Dua Garis.

Baca selengkapnya untuk info lebih lanjut disini atau hubungi kami melalui Whatsapp.

  1. Adam Morton. Physiological Changes and Cardiovascular Investigations in Pregnancy. Heart Lung Circ. 2021 Jan;30(1): e6-e15.
  2. Priya Soma-Pillay. Physiological changes in pregnancy. Cardiovasc J Afr. 2016 Mar-Apr; 27(2): 89–94.
  3. Oguzhan Dikici. Effects of pregnancy on olfaction. ENT Updates 2017;7(2):104–107.
  4. Katie F Foxcroft. Development and validation of a pregnancy symptoms inventory. BMC Pregnancy Childbirth. 2013; 13: 3.
  5. Guannan Bai. Associations between Nausea, Vomiting, Fatigue and Health-Related Quality of Life of Women in Early Pregnancy: The Generation R Study. Published: November 4, 2016. 
  6. E Leslie Cameron. Pregnancy and olfaction: a review. Front. Psychol., 06 February 2014. 
  7. Petra De Sutter. First-trimester bleeding and pregnancy outcome in singletons after assisted reproduction. Hum Reprod. 2006 Jul;21(7):1907-11.
  8. John T. Condon. Psychological and physical symptoms during pregnancy: A comparison of male and female expectant parents. Pages 207-219 | Received 27 Apr 1987, Accepted 24 Aug 1987, Published online: 11 Dec 2007.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime