Olahraga Saat Hamil yang Aman Dilakukan Oleh Bumil

Olahraga Saat Hamil yang Aman Dilakukan Oleh Bumil

Ibu hamil perlu olahraga agar kondisi ibu hamil dan kehamilannya tetap sehat dan kuat.

Bunda, tahu nggak sih jika olahraga penting dilakukan bagi ibu hamil? Tidak hanya saat kondisi sedang tidak hamil saja melainkan ketika Bunda sedang berbadan dua, olahraga perlu dilakukan.

Olahraga saat hamil juga mendukung kesehatan janin dan membantu melancarkan persalinan nantinya. Jangan khawatir, Bunda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup melakukan aktivitas santai selama tubuh bergerak dan melakukan aktivitas fisik.

Baca juga: 5 Manfaat Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Olahraga yang Aman Dilakukan Ibu Hamil

Melakukan olahraga saat hamil memang dianjurkan namun tidak semua olahraga boleh dilakukan untuk ibu hamil, lho. Mengingat sedang berbadan dua, sehingga ada beberapa olahraga yang justru baik aman untuk dilakukan dan tidak dianjurkan.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Meski begitu, manfaat yang didapatkan ketika melakukan olahraga saat hamil tentu akan lebih besar daripada kekurangannya. Nah, berikut olahraga yang aman dilakukan Bumil:

1. Jalan kaki

Jalan kaki santai merupakan salah satu jenis olahraga yang baik dan aman dilakukan oleh ibu hamil. Jalan kaki memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah, melancarkan kerja jantung, hingga menjaga kesehatan ibu hamil tetap bugar.

Rute jalan kaki santai bisa dilakukan mulai dari trimester pertama hingga trimester akhir menuju melahirkan. Bunda bisa melakukan jalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

2. Berenang

Saat hamil, olahraga yang aman dan boleh dilakukan adalah berenang. Olahraga ini cocok dilakukan oleh ibu hamil yang tidak ingin berkeringat dan tidak ingin terlalu banyak gerak sambal menopang berat badan. Hal ini lantaran massa tubuh di dalam air akan berkurang.

Berenang dapat membantu ibu hamil dalam meringankan nyeri panggul, mual, dan mengatasi bengkak pada pergelangan kaki. Selain itu, olahraga ini juga membantu dalam menjaga kesehatan paru-paru serta jantung.

Bunda bisa melakukan gaya dada atau gaya punggung agar aman dan tidak memerlukan gerakan karena bisa menyebabkan risiko pada kehamilan. Perlu diperhatikan agar Bunda hati-hati sebab area kolam renang yang becek dan licin.

3. Yoga

Nah, salah satu jenis olahraga yang cukup aman dilakukan ketika Bunda sedang berbadan dua adalah yoga. Olahraga ini dapat melatih pernapasan, kelenturan tubuh, hingga mempersiapkan pinggul untuk proses persalinan nantinya.

Melalui olahraga yoga juga, ibu hamil dapat meningkatkan keseimbangan tubuh serta mengurangi sakit pinggang selama hamil. Jika rutin dilakukan, ibu hamil bisa merasakan pikiran yang lebih rileks sehingga dapat membantu tubuh istirahat lebih mudah.

4. Senam hamil

Salah satu jenis olahraga yang menjadi favorit para ibu hamil adalah senam hamil. Hal ini lantaran senam dapat membantu meningkatkan stamina, kekuatan, dan kelenturan tubuh ibu hamil.

Jenis olahraga ini juga mudah dilakukan di rumah baik bersama pelatih atau melalui YouTube. Bagi ibu hamil yang baru mulai senam hamil disarankan untuk mengikuti kelas senam hamil bersama instruktur handal yang telah terlatih.

5. Pilates

Hampir sama seperti yoga, pilates memiliki manfaat dalam membantu keseimbangan tubuh, menguatkan otot-otot, serta memperbaiki postur tubuh. Pilates dianjurkan bagi ibu hamil karena termasuk jenis olahraga yang cukup aman dan direkomendasikan oleh dokter.

Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan teknik pernapasan agar peredaran darah menjadi lancar dan mengajarkan bagaimana cara relaksasi.

Baca juga: Melakukan Hubungan Saat Hamil Muda, Apakah Boleh? Pahami Dampaknya!

Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga selalu memberikan manfaat untuk siapa pun yang melakukannya termasuk pada ibu hamil. Selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, melakukan olahraga saat hamil memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Mengurangi risiko konstipasi, sakit punggung, dan kembung
  • Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan
  • Mengurangi stres saat hamil
  • Dapat mengurangi risiko depresi dan memperbaiki suasana hati
  • Mengurangi risiko diabetes gestasional
  • Menurunkan risiko darah tinggi saat hamil

Melakukan olahraga saat hamil dipercaya dapat mendukung perkembangan otak pada bayi, lho. Hal ini lantaran riset menunjukkan jika bayi yang lahir dari ibu hamil yang gemar berolahraga saat hamil memiliki IQ yang lebih tinggi dan lebih cerdas.

Itu dia Bunda penjelasan terkait olahraga apa saja dan manfaatnya untuk ibu hamil. Namun, perhatikan kemampuan fisik dan tidak memaksakan diri. Pastikan membawa minum agar tidak dehidrasi dan kehabisan cairan. Jika Bunda mengalami tanda-tanda gawat kehamilan maka segera periksakan diri ke dokter.

Jika Bunda tertarik dengan informasi terkait fertilitas dan seputar program hamil, baca artikel selengkapnya di Bocah Indonesia.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Terrones, M.V., et al. (2019). Impact of exercise during pregnancy on gestational weight gain and birth weight: an overview. Braz J Phys Ther. 2019 Mar-Apr;23(2):164-169. 
  • American Pregnancy Association. Exercise During Pregnancy. 
  • National Health Service. Exercise in pregnancy.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji