Kenali Pendarahan Implantasi yang Mirip Menstruasi, Salah Satu Tanda Hamil?

pendarahan implantasi

Banyak tanda-tanda hamil yang kerap tidak disadari oleh wanita, salah satunya pendarahan implantasi. Bagi sebagian wanita menganggap pendarahan implantasi merupakan tanda menstruasi. Lantas, apakah pendarahan implantasi berbahaya?

Apa Itu Pendarahan Implantasi?

Pendarahan implantasi adalah bercak darah yang keluar dari vagina. Pendarahan implantasi merupakan salah satu tanda wanita mendapatkan kehamilan. Mengingat gejalanya yang mirip dengan menstruasi, banyak wanita yang tidak sadar bahwa dirinya tengah hamil.

Lantas, bagaimana pendarahan implantasi terjadi? Proses kehamilan terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma yang nantinya berkembang menjadi embrio. Nantinya, embrio inilah yang akan menempel di dinding rahim dan terus berkembang menjadi janin. Proses penempelan embrio inilah yang menyebabkan terjadinya pendarahan implantasi.

Hal ini juga bisa terjadi pada saat wanita pasca menjalani embryo transfer pada program hamil bayi tabung. Flek atau pendarahan ringan adalah salah satu tanda paling awal yang mungkin mengindikasikan kehamilan.

Apabila Anda mengalami flek, hal ini disebabkan embrio yang dimasukkan ke dalam rahim berhasil menempel pada lapisan rahim (endometrium).

Selain itu, flek bisa terjadi saat mengonsumsi obat hormon yang diresepkan oleh dokter selama masa tunggu dua minggu setelah embryo transfer pada program bayi tabung.

Menurut sebuah penelitian, flek yang terjadi pada hari ke-7 pasca embryo transfer merupakan sebuah tanda yang bagus. Namun, terkadang pendarahan yang terjadi kerap membuat wanita merasa khawatir.

Perbedaan Perdarahan Implantasi dan Menstruasi

Gejalanya yang hampir mirip dengan siklus menstruasi, tidak jarang banyak wanita yang menganggap hal tersebut merupakan gejala menstruasi bukan tanda kehamilan. Anda harus memahami perbedaan pendarahan implantasi yang merupakan tanda awal kehamilan dengan menstruasi.

1. Bentuk pendarahan

Apakah darah implantasi berlendir? Pendarahan implantasi biasanya berupa tetesan bercak darah dengan volume yang lebih sedikit. Sedangkan bentuk pendarahan menstruasi lebih kental mengandung gumpalan darah.

2. Aliran darah

Sifatnya yang berupa tetesan bercak darah sehingga alirannya tidak sederas menstruasi. Volumenya pun akan tetap sama hingga pendarahan berakhir. Sementara pada menstruasi, diawali dengan bercak darah kemudian akan aliran darah akan bertambah deras.

3. Lamanya waktu pendarahan

Pendarahan implantasi umumnya hanya terjadi 1 – 3 hari saja. Selain itu, pendarahan implantasi terjadi dengan jeda waktu. Berbeda dengan menstruasi yang bisa berlangsung selama 7 – 8 hari bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi normal.

4. Warna pendarahan

Warna darah implantasi umumnya bercak coklat atau merah muda sedangkan darah menstruasi berwarna merah terang. Meski begitu, bukan tidak mungkin pendarahan implantasi memiliki warna yang sama dengan haid.

5. Kram perut

Pendarahan implantasi kerap menimbulkan gejala kram perut ringan atau tidak sama sekali. Kram perut yang disebabkan pendarahan implantasi biasanya berlangsung lebih cepat dan singkat.

Sedangkan kram perut pada menstruasi berlangsung lebih lama dan menimbulkan nyeri haid. Bagi beberapa wanita bahkan mengalami nyeri haid berlebihan hingga mengganggu aktivitas.

Sementara itu, aroma darah implantasi dan menstruasi bisa sama-sama memiliki aroma darah yang khas, yakni anyir tanpa perbedaan yang berarti.

beda pendarahan implantasi dan menstruasi

Apakah Pendarahan Implantasi Berbahaya?

Umumnya, pendarahan implantasi tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, jika Anda mengalami pendarahan pada saat hamil muda, hal ini perlu diwaspadai. Lantaran, kemungkinan terdapat faktor lain yang menyebabkan terjadinya pendarahan, seperti:

  • Iritasi pada rahim
  • Iritasi pada vagina
  • Kehamilan ektopik
  • Keguguran

Meskipun tidak semua pendarahan adalah keadaan darurat atau tanda komplikasi, dokter mungkin akan melakukan sejumlah pemeriksaan untuk mengetahui penyebab pendarahan. Meskipun bercak trimester pertama sering terjadi, ini bisa menjadi serius jika Anda mengalami gejala seperti:

  • pendarahan vagina merah cerah
  • pendarahan hebat dengan pembekuan
  • nyeri atau kram yang signifikan.

Jika hal tersebut terjadi maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Tanda-Tanda Hamil

Selain pendarahan implantasi, terdapat beberapa tanda-tanda hamil lainnya yang perlu Anda perhatikan. Berikut tanda-tanda hamil yang harus Anda ketahui.

Terlambat menstruasi

Jika Anda belum mendapatkan menstruasi selama 4-5 hari pasca melakukan hubungan intim bersama pasangan, bisa jadi ini tanda Anda mendapatkan dua garis positif. Pada saat hamil, calon ibu tidak akan mengalami menstruasi hingga melahirkan karena terdapat hormone HCG yang dilepaskan oleh tubuh yang berperan untuk menjaga kehamilan.

Mual atau morning sickness

Mual-mual akan dialami calon ibu pada minggu keempat hingga kesembilan. Tidak ada penyebab pasti mengenai mual-mual namun diyakini penyebab morning sickness Mual-mual akan dialami calon ibu pada minggu keempat hingga kesembilan. Tidak ada penyebab pasti mengenai mual-mual namun diyakini penyebab morning sickness adalah adanya perubahan hormon. Pasalnya, wanita akan mengalami perubahan hormon pada awal kehamilan.

Perubahan puting payudara

Biasanya perubahan tekstur payudara terjadi pada minggu keempat dan keenam namun perubahan puting payudara bisa terjadi pada minggu kesebelas. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon.

Konstipasi atau perut kembung

Hampir mirip dengan gejala menstruasi, perut kembung terjadi pada awal kehamilan. Hal ini dikarenakan perubahan hormon yang dapat memperlambat sistem pencernaan sehingga Anda merasa seperti sembelit atau pencernaan tidak lancar.

Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati merupakan tanda umum dalam sebuah kehamilan. Hal ini dikarenakan meningkatnya kadar progesterone dan estrogen sehingga membuat perasaan Anda lebih emosional atau reaktif dari biasanya.

Selain itu, terdapat beberapa tanda kehamilan yang sering disadari oleh beberapa wanita, seperti:

  • Lebih mudah lelah
  • Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering
  • Suhu basal tubuh tinggi

Indra penciuman menjadi lebih sensitif

Jika Anda merasakan tanda-tanda yang telah disebutkan di atas maka Anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dengan alat test pack atau melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Jeanmonod, Rebecca. Vaginal Bleeding. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-.
  2. Kim, Su-Mi; Kim, Jong-Soo. A Review of Mechanisms of Implantation. Dev Reprod. 2017 Dec; 21(4): 351–359. Published online 2017 Dec 31. 
  3. Lutterodt, Melissa C. Examining to what extent pregnancy-related physical symptoms worry women in the first trimester of pregnancy: a cross-sectional study in general practice. BJGP Open. 2019 Dec; 3(4): bjgpopen19X101674. Published online 2019 Nov 13.
  4. Sapra, Katherine J. Time-varying effects of signs and symptoms on pregnancy loss <20 weeks: Findings from a preconception prospective cohort study. Paediatr Perinat Epidemiol. Author manuscript; available in PMC 2019 Jan 1. Published in final edited form as: Paediatr Perinat Epidemiol. 2018 Jan; 32(1): 30–39. Published online 2017 Aug 25.
  5. Katie F Foxcroft. Development and validation of a pregnancy symptoms inventory. BMC Pregnancy Childbirth. 2013; 13: 3. 
  6. Priya Soma-Pillay. Physiological changes in pregnancy. Cardiovasc J Afr. 2016 Mar-Apr; 27(2): 89–94. 
  7. John T. Condon. Psychological and physical symptoms during pregnancy: A comparison of male and female expectant parents. Pages 207-219 | Received 27 Apr 1987, Accepted 24 Aug 1987, Published online: 11 Dec 2007.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi