6 Rekomendasi Olahraga yang Baik untuk Program Hamil

ilahraga untuk program hamil

Selain untuk kebugaran tubuh, olahraga juga baik untuk program hamil lho. Olahraga dapat membantu meningkatkan kesuburan yang merupakan hal penting pada saat merencanakan program kehamilan. Wanita yang melakukan olahraga teratur memiliki peluang besar untuk cepat hamil dibanding wanita yang jarang melakukan olahraga.

Para ahli seperti American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) menganjurkan wanita yang sedang hamil atau tengah merencanakan kehamilan untuk rutin melakukan olahraga. Menurut ACOG, olahraga dapat membuat kondisi prima dengan mengencangkan otot termasuk jantung yang harus memompa hingga 50 persen lebih banyak darah untuk memasok tubuh dan janin yang tumbuh di dalam kandungan.

Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi stres, yang merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat kehamilan. Melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat membantu tidur lebih nyenyak serta menjaga berat badan tetap sehat. Pasalnya, jika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas akan mempengaruhi program hamil yang telah direncanakan. Hal tersebut juga akan meningkatkan risiko komplikasi hingga preeklamsia pada saat proses kehamilan mendatang.

Jenis Olahraga Untuk Kesuburan dan Program Hamil

Berikut jenis olahraga yang dapat meningkatkan kesuburan untuk program hamil.

Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang sangat baik bagi jantung. Tidak hanya itu, jogging juga dapat meningkatkan kesuburan dan dapat meningkatkan peluang hamil. Olahraga ini cukup mudah dilakukan, tanpa memerlukan alat bantuan, jogging dapat dilakukan sendirian atau bersama pasangan.

Luangkan waktu minimal 30 menit untuk jogging. Selain baik untuk meningkatkan kesuburan, jogging juga dapat meningkatkan stamina tubuh, penyakit jantung, hingga mengurang stres.

Bersepeda

Salah satu olahraga yang dapat baik untuk program hamil adalah bersepeda. Bersepeda dapat menguatkan otot-otot di perut, punggung, pinggul, dan paha. Hal ini sangat baik bagi tubuh untuk mempersiapkan proses kehamilan. Bagaimana cara tubuh menopang berat badan yang kian hari kian bertambah dalam menjalani proses kehamilan.

Namun, bersepeda tidak dianjurkan untuk pria yang tengah menjalani program hamil. Meski tidak ada penelitian yang jelas mengenai larangan bersepeda untuk pria namun menurut dr. Tiara Kirana Sp.And mengungkapkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa kadar sperma menurun kualitasnya pada pria yang melakukan aktivitas bersepeda cukup berat.

Hal ini disebabkan jika bersepeda dilakukan melebihi waktu 30 menit dengan radius yang cukup jauh, dapat memberikan tekanan intratestikular atau tekanan di dalam testis yang tinggi menyebabkan panas dari buah zakar yang cukup tinggi yang dapat mengganggu proses sperma tersebut.

Aerobic

Senam aerobic sangat baik dilakukan untuk program hamil.  Sama seperti jogging, aerobic juga olahraga kardiovaskular yang bagi kesehatan jantung. Senam aerobic dapat mengatasi stres yang menjadi menghambat program hamil sebab dapat mengeluarkan endorfin, hormon yang dapat membuat perasaan jauh lebih baik.

Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga terbaik untuk program hamil. Olahraga dengan latihan kardio ini dilakukan tanpa menekan area persendian. Tidak hanya menyegarkan, berenang dapat membantu meningkatkan kesuburan yang baik untuk program hamil. Olahraga ini juga cukup baik untuk mengatur kecepatan pernapasan mengingat salah satu kunci berenang adalah menahan napas.

Yoga

Yoga bisa menjadi salah satu olahraga yang bermanfaat untuk melenturkan tubuh dan dapat membantu mengatasi ketidaksuburan akibat stres. Salah satu faktor yang dapat menghambat kesuburan adalah stres. Dengan melakukan yoga, maka dapat menurunkan kadar stres yang baik untuk program hamil.

Beberapa pose senam yoga juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada organ reproduksi. Senam yoga untuk program hamil juga dapat membantu memberikan energi ke rahim dan ovarium yang dapat membantu merangsang tubuh untuk pembuahan.

Senam Kegel

Senam kegel menjadi salah satu olahraga yang baik untuk program hamil. Senam kegel merupakan olahraga yang bertujuan untuk mengencangkan otot-otot dasar panggul, yang menopang rahim, kandung kemih, dan vagina. Selain dapat dilakukan pada saat masa kehamilan, senam kegel juga baik untuk program hamil.

Baca Juga: 6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Olahraga yang Dihindari Saat program Hamil

Olahraga memang baik dilakukan untuk meningkatkan kesuburan demi program hamil namun sebuah fakta menunjukkan jika berolahraga lebih dari 60 menit dalam sehari dapat memiliki peningkatan anovulasi atau gagalnya ovulasi. Selain itu, olahraga yang harus dihindari adalah olahraga berat yang dapat membuat peluang hamil kecil. Tidak hanya itu, selama menjalani program hamil, sebaiknya hindari olahraga yang dapat memiliki risiko cedera.

Olahraga yang harus dihindari saat program hamil seperti:

  1. Olahraga yang dilakukan di pusat kebugaran atau gym lebih dari 60 menit sehari;
  2. Olahraga ekstrem angkat besi;
  3. Olahraga yang banyak melakukan gerakan melompat, seperti basket;
  4. Olahraga yang memiliki risiko cedera tinggi seperti ski dan sepatu roda; serta
  5. Olahraga yang tujuannya untuk menurunkan berat badan.

makanan dan olahragaMakanan Sehat untuk Program Hamil

Selain olahraga, salah satu cara meningkatkan kesuburan adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan protein yang dapat membantu untuk program hamil. Biasanya, nutrisi yang diperlukan tubuh adalah protein karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Mengonsumsi makanan sehat tentu akan memberikan peluang tinggi untuk program hamil yang direncanakan pasangan suami istri demi mendapatkan buah hati.

Sayuran hijau

Makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama program hamil adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung serat tinggi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Serat juga dapat mengeluarkan hormon berlebihan dan dapat menjaga gula darah tetap stabil.

Sayuran hijau yang dapat dikonsumsi seperti bayam, brokoli dan kangkung. Ketiga sayuran hijau tersebut mengandung  nutrisi seperti vitamin E, kalsium, zat besi, dan folat yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

Buah-buahan

Selain menyegarkan, buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Buah-buahan juga menjadi salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk program hamil.

Buah jeruk, blueberry, dan raspberry merupakan buah yang kaya akan vitamin C, dan folat yang dapat membantu perkembangan janin kelak. Tidak hanya itu, buah jeruk juga mengandung potasium, kalsium, dan vitamin B yang dapat membantu hamil dengan mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

Buah lainnya yang juga baik dikonsumsi untuk program hamil adalah alpukat. Alpukat mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap nutrisi secara efektif serta membantu menjaga kesehatan hormon.

Madu

Madu kaya akan kandungan vitamin, zat besi, kalsium, dan asam amino. Hasil pengamatan menunjukkan jika madu dapat meningkatkan kualitas sel telur dan kesuburan. Madu juga mengandung vitamin B tinggi yang merupakan zat penting untuk testosteron.

Salmon

Salmon memiliki kandungan protein seperti omega 3 terbaik dan DHA (Docosahexaenoic acid) yang baik bagi perkembangan janin serta otak. Salmon juga merupakan nutrisi terbaik untuk program hamil bagi wanita yang memiliki kelebihan berat badan dan kekurangan DHA.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan dengan sumber protein dan mineral yang baik untuk meningkatkan kesuburan terutama untuk pasangan yang merencanakan program hamil. mengandung asam amino seperti kolin, yang dapat meningkatkan kualitas folikel, yaitu tempat sel telur.

Greek yoghurt

Greek yoghurt memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Greek yoghurt mengandung probiotik dua hingga tiga kali lebih banyak dari secangkir yoghurt biasa. Greek yoghurt menjadi sumber vitamin D terbaik untuk membantu folikel atau tempat sel telur di ovarium matang. Selain itu, greek yoghurt juga bermanfaat untuk memperkuat tulang serta meningkatkan kekebalan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Source
  2. Source
  3. Autonomic Nervous System Responses to Viewing Green and Built Settings: Differentiating Between Sympathetic and Parasympathetic Activity. Int J Environ Res Public Health. 2015 Dec; 12(12): 15860–15874. URL: Source
  4. The relationship between stress and infertility. Kristin L. Rooney, Boston IVF, Waltham, Massachusetts USA; Alice D. Domar Dialogues Clin Neurosci. 2018 Mar; 20(1): 41–47. URL: Source
  5. Effect of Exercise on Ovulation: A Systematic Review. Osnat Hakimi, Luiz-Claudio Cameron. 2017 Aug;47(8):1555-1567. URL:Source
  6. Source
  7. U.S. Department of Health and Human Services and U.S. Department of Agriculture. 2015 – 2020 Dietary Guidelines for Americans. 8th Edition. December 2015. URL : Source.
  8. Role of honey in modern medicine. Sultan Ayoub Meo, Saleh Ahmad Al-Asiri, Abdul Latief Mahesar,and Mohammad Javed Ansari. Saudi J Biol Sci. 2017 Jul; 24(5): 975–978. URL :Source
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime