6 Sayuran untuk Promil yang Baik Dikonsumsi untuk Kesuburan

sayuran untuk promil

Menjalani promil yang baik tentu disertai dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi adalah sayuran untuk promil.

Tahukah Anda, salah satu cara meningkatkan peluang kehamilan bagi Anda yang merencanakan program hamil adalah mengonsumsi makanan sehat. Salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi adalah sayuran. Hal ini lantaran sayuran mengandung berbagai nutrisi yang memiliki manfaat bagi kesehatan serta meningkatkan kesuburan.

Anda dapat memperbaiki pola makan sehat karena hal ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan untuk kehamilan. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan seperti sayuran yang harus terpenuhi.

Jenis Sayuran untuk Program Hamil

Berikut beberapa jenis sayuran untuk program hamil yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

1. Bayam

Salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk promil adalah bayam. Sayuran yang memiliki nama latin Amaranthus tricolor ini mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesuburan. Hal ini lantaran kaya akan zat besi, kalsium, dan folat yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya cacat lahir.

Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga baik untuk tubuh. Bayam dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan ditumis, disayur, maupun dikukus.

2. Asparagus

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi asparagus, bahan pangan yang satu ini baik untuk Anda yang merencanakan program hamil. Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran rendah kalori serta mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

Asparagus mengandung vitamin K, folat, selenium yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh pada saat menjelang program hamil. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan B1 pada asparagus memiliki manfaat untuk kesehatan.

Jika Anda ingin mengonsumsi asparagus maka hindari asparagus yang dikemas dalam kalengan yang mengandung banyak garam dan bahan pengawet lainnya.

3. Brokoli

Brokoli kerap disebut sebagai salah satu sayuran penyubur kandungan. Hal ini lantaran brokoli kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kesuburan dengan cara kerja membantu proses ovulasi serta pematangan sel telur.

Brokoli juga mengandung asam folat, zat besi, serta antioksidan. Asam folat sendiri merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan dalam program hamil.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, asam folat berguna untuk mengurangi risiko keguguran serta dapat meningkatkan peluang kehamilan pada program untuk mengobati infertilitas.

Selain itu, brokoli juga mengandung diindolylmethane yang mana jenis kandungan ini mampu menyeimbangkan kadar hormone estrogen pada laki-laki.

Kadar hormon estrogen yang terlalu tinggi pada pria dapat meningkatkan risiko infertilitas. Namun, hal tersebut masih harus diteliti lebih lanjut karena baru dilakukan pada hewan.

kubis atau kol untuk promil

4. Kubis

Kubis atau yang dikenal kol menjadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk program hamil. Hal ini lantaran kubis mengandung diindolylmethane, yang dapat mengurangi pendarahan hebat pada penderita endometriosis.

Endometriosis sendiri merupakan kondisi di mana adanya pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan seorang wanita sulit hamil.

5. Tomat 

Jenis sayuran lainnya yang dapat Anda konsumsi agar promil lancar adalah tomat. Tomat mengandung lycopene yang baik untuk kesuburan.

Menurut penelitian yang diterbitkan European Journal of Nutrition, lycopene merupakan sayuran yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma yang baik untuk meningkatkan program hamil.

Kandungan lycopene dapat membantu meningkatkan kemampuan gerak sperma agar bisa mencapai sel telur dengan sempurna. Selain itu, lycopene juga dapat menjaga kelainan bentuk sperma agar tetap normal. Bentuk sperma yang tidak normal menjadi salah satu kelainan yang dapat berkaitan dengan infertilitas.

6. Tauge

Mungkin Anda sering mendengar jika tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi pada saat promil? Nah, tauge sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk kesuburan.

Menurut dr. Tiara Kirana, Sp. And, dokter spesialis andrologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, tauge memiliki kandungan yang untuk sperma namun banyak kandungan nutrisi lainnya yang dapat dipenuhi dari jenis sayuran lain.

“Toge memang kaya akan vitamin E namun tidak hanya vitamin E yang dibutuhkan sperma melainkan vitamin C, vitamin D, zinc, dan banyak mikronutrien lain yang dibutuhkan sperma. Jadi, memang toge cukup baik karena tinggi vitamin E tetapi bukan berarti Anda yang sedang menjalani program hamil hanya makan toge saja untuk meningkatkan kesuburan,” ujar dr. Tiara.

Menurut penelitian yang diterbitkan International Journal of Preventive and Public Health Sciences mengungkapkan bahwa jenis sayuran ini dapat mengurangi kerusakan sperma akibat radikal bebas terutama akibat paparan asupan MSG yang berlebihan.

Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan bentuk sperma, seperti vitamin C, vitamin E, dan zinc yang mampu menangkal radikal bebas.

Kesimpulan

Beberapa jenis sayuran di atas dapat dikonsumsi untuk menyiapkan program hamil. Meski begitu, Anda harus menyeimbangkan dengan jenis sayuran dan makanan yang mengandung nutrisi lainnya. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat, seperti olahraga yang teratur, tidur yang cukup, dan Kelola stres dengan baik untuk meningkatkan peluang program hamil Anda.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Williams, E. A., et al. (2019). A randomized placebo-controlled trial to investigate the effect of lactolycopene on semen quality in healthy males. European Journal of Nutrition volume 59, pages 825–833. 
  2. Mulyani, E. (2018). Effect Of Green Bean Sprouts Extract On Sperm Quality Among Mice Exposed With Monosodium Glutamate. The 4th International Conference on Public Health Best Western Premier Hotel, Solo, Indonesia, August 29-30, 2018, 306. 
  3. Kalampokas, T., Shetty, A., Maheswari, A. (2014). Vitamin A Deficiency and Female Fertility Problems: A Case Report and Mini Review of the Literature. J Women’s Health Care 3: 317. 
  4. Fatmaningrum, W., Ningtyas, W. S. (2019). Mung bean sprout extract suppresses Monosodium Glutamate (MSG) effect on the reproductive hormones (FSH and Estrogen) in female Wistar rat. Maj Obs Gin, Vol. 27 No. 1 April 2019: 24-27.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime