7 Rekomendasi Aplikasi Kesehatan yang Bisa Bantu Program Hamil Anda

aplikasi program hamil

Bagi Anda yang tengah menyiapkan kehamilan, ada beberapa aplikasi program hamil yang dapat digunakan untuk memperoleh pengetahuan seputar program hamil.

Merencanakan program hamil merupakan salah satu hal yang didambakan bagi pasangan suami istri yang menikah. Salah satu cara untuk memiliki peluang tinggi mendapatkan kehamilan adalah melakukan hubungan seksual pada saat masa subur. Cara menghitung masa subur pun dapat diketahui dari siklus menstruasi.

Masa subur biasanya terjadi pada saat masa ovulasi. Biasanya masa subur wanita akan berlangsung pada hari ke-12 hingga ke-16 sebelum jadwal menstruasi berikutnya. Untuk mengetahui kapan masa subur wanita berlangsung, hal pertama yang harus diketahui tentu adalah kapan waktu awal Anda menstruasi.

Nah, ada pada saat ovulasi inilah merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan hubungan suami istri karena dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Namun, bagi Anda yang mungkin tidak pernah mencatat kapan jadwal haid dan masa subur, terdapat beberapa aplikasi yang membantu untuk program hamil yang direncanakan.

Rekomendasi Aplikasi Program Hamil

Tidak jarang, banyak hal yang masih belum diketahui mengenai persiapan program hamil. Melalui aplikasi program hamil, dapat membantu pasangan suami istri yang sedang merencanakan program hamil.

Beberapa aplikasi tersebut bahkan dapat diperoleh secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Hal ini tentu menarik bagi pasangan yang membutuhkan informasi seputar program hamil.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi program hamil Anda butuhkan untuk memperoleh informasi seputar program hamil.

1. My Calendar

my calendar appSalah satu aplikasi yang dapat melacak siklus menstruasi dan kesuburan yang dapat digunakan untuk persiapan program kehamilan. Selain berguna untuk mengetahui siklus menstruasi Anda, My Calendar juga bisa melacak waktu Anda untuk ovulasi dan pembuahan.

Melalui aplikasi ini juga Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan. Hal ini tentu dapat meningkatkan peluang kehamilan.

2. Flo period and ovulation

flo app Hampir sama dengan aplikasi My Calendar, aplikasi Flo Period and Ovulation Tracker merupakan aplikasi yang dapat memantau siklus menstruasi Anda teratur atau tidak.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui masa subur yang menggunakan teknologi machine learning yang dapat meningkatkan tingkat akurasi.

Dengan memantau siklus menstruasi melalui aplikasi, Anda jadi lebih mudah mengetahui kapan waktu masa subur berlangsung sehingga tepat untuk Anda yang melakukan program hamil.

3. Ovulation Calendar and Fertility

Ovulation Calendar & Fertility  Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan dengan mudah adalah Ovulation Calendar and Fertility. Aplikasi program hamil ini dapat memantau kapan masa subur Anda berlangsung dengan menggunakan metode symptothermal.

Melalui aplikasi ini, Anda akan mendapatkan wawasan yang berkaitan dengan kesuburan dan menstruasi. Metode ini dapat memprediksi masa subur lewat suhu tubuh, keberadaan lendir di serviks, serta untuk memprediksi kapan waktu ovulasi.

4. Pregnancy Due Date Calculator

Pregnancy Due Date CalculatorCara menggunakan aplikasi ini adalah dengan menggunakan tanggal menstruasi terakhir untuk menghitung kapan kemungkinan tanggal Anda konsepsi atau pembuahan. Melalui aplikasi ini juga Anda dapat memberikan tanggal pasti kepada Anda yang akan memasuki setiap trimester kehamilan.

Pregnancy Due Date Calculator dapat diunduh secara gratis dan mudah digunakan sehingga sangat bermanfaat untuk Anda yang tengah merencanakan program hamil.

5. Clue Period and Ovulation Tracker

Clue Period and Ovulation TrackerAplikasi Clue Period and Ovulation Tracker merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu program hamil Anda. Hal ini lantaran aplikasi dapat melacak kapan kapan Anda akan melakukan ovulasi dan menentukan masa subur.

Aplikasi ini juga dapat memudahkan Anda untuk mencatat suhu tubuh basal secara rutin sehingga hasilnya bisa lebih akurat.

6. Natural Cycles

Natural CyclesAplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu program hamil Anda sukses. Aplikasi ini akan mendeteksi suhu tubuh Anda dengan mengidentifikasi suhu basal tubuh.

Sama seperti aplikasi lainnya, Natural Cycles juga dapat memantau siklus serta dapat menentukan kapan masa subur dan ovulasi Anda.

7. Website Bocah Indonesia

Website Bocah Indonesia menyediakan aplikasi kesehatan yang dapat membantu promil Ayah Bunda. Aplikasi kesehatan yang terdapat pada website Bocah Indonesia meliputi kalkulator masa subur, berat badan ideal, dan kalkulator kebutuhan kalori.

Kalkulator Masa Subur

kalender ikon

Ketiga aplikasi tersebut dapat membantu Ayah Bunda menjalani gaya hidup lebih sehat dan meningkatkan peluang program hamil yang dijalani.

Tanda-Tanda Berada Dalam Masa Subur

Menggunakan aplikasi memang membantu Anda untuk mengetahui siklus menstruasi, masa subur, dan ovulasi. Namun ketika seorang wanita tengah berada pada masa subur, terdapat beberapa tanda yang menandakan Anda tengah berada pada kondisi ini. Beberapa kondisi tersebut, di antaranya:

  • Nyeri payudara
  • Perubahan lendir serviks
  • Perubahan suhu basal tubuh
  • Perubahan posisi leher rahim
  • Nyeri pada bagian bawah perut

Pada masa subur inilah merupakan waktu terbaik untuk Anda dan pasangan berhubungan untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Beberapa aplikasi program hamil di atas bisa membantu Anda yang tengah merencanakan program hamil dengan pasangan. Selain meningkatkan peluang kehamilan, aplikasi program kehamilan juga bisa membantu menambah wawasan Anda seputar kehamilan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Al-taee, H., Edan, B. J. 2018. Estimation of Day-Specific Probabilities of Conception during Natural Cycle in Women from Babylon. Int J Fertil Steril. 2018 Jan-Mar; 11(4): 314–317.
  2. Gangestad, S. W., et al. (2015). How valid are assessments of conception probability in ovulatory cycle research? Evaluations, recommendations, and theoretical implications. Evolution and Human Behavior, Volume 37, Issue 2, March 2016, Pages 85-96.
  3. Freis, A., et al. (2018). Plausibility of Menstrual Cycle Apps Claiming to Support Conception. Front Public Health. 2018; 6: 98.
  4. Holesh, J. E., et al. (2021). Physiology, ovulation.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime