6 Manfaat Berenang yang Harus Kamu Tahu, Baik untuk Promil lho!

manfaat berenang

Olahraga tentu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya berenang. Manfaat berenang dikenal baik untuk kesehatan jantung bahkan aman untuk Anda yang mau menjalani program hamil. Tergolong sebagai salah satu jenis olahraga kardio, berenang memiliki manfaat yang dapat diperoleh jika dilakukan secara rutin.

Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Berenang menjadi salah satu olahraga pilihan yang digemari banyak orang, baik dari anak-anak hingga dewasa. Selain menyegarkan dan menyenangkan, berenang nyatanya memiliki sejumlah manfaat yang cukup baik bagi kesehatan, diantaranya baik untuk kesehatan jantung serta melatih otot.

Selain itu, berenang juga menjadi salah satu olahraga yang baik bagi pasangan suami istri yang merencanakan program hamil. Berikut deretan manfaat berenang yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin.

1. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Salah satu manfaat berenang yang baik bagi kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan kardiovaskular. Sistem kardiovaskular sendiri meliputi jantung, paru-paru, serta sistem peredaran darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Revista Portuguesa de Pneumologia mengungkapkan jik atlet renang memiliki kekuatan jantung dan paru-paru yang lebih besar daripada atlet lainnya.

Selain itu, jurnal lainnya yang diterbitkan oleh International Journal of Aquatic Research and Education mengungkapkan jika berenang merupakan aktivitas fisik yang memberikan banyak manfaat kesehatan dibandingkan olahraga lainnya. Selain itu, renang juga bisa membantu Anda untuk menstabilkan detak jantung.

2. Melatih otot

Berenang juga dapat memberikan manfaat melatih otot. Pasalnya pada saat berenang, semua otot tubuh bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal ini lantaran ada perbedaan tekanan antara darat dan air sehingga tubuh menjadi lebih ringan saat berada di dalam air. Selain itu, massa dan kelenturan otot dapat meningkat pasca berenang. Olahraga ini melibatkan otot-otot tangan, punggung, hingga kaki.

3. Menurunkan berat badan

Anda ingin menurunkan berat badan namun bingung ingin melakukan olahraga apa, berenang bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk Anda. Melakukan olahraga ini selama 1 jam dapat membakar 500- 600 kalori. Selain itu, jika Anda melakukannya secara rutin maka dapat membantu mengecilkan perut karena otot perut terlibat pada jenis olahraga ini.

4. Menurunkan tekanan darah

Salah satu jenis olahraga air ini memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan, termasuk di antaranya dapat menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan The American Journal of Cardiology, melakukan olahraga ini secara rutin dapat membantu mengurangi pembekuan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah yang tinggi dan melebihi ambang batas dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit, seperti jantung hingga stroke.

5. Mengurangi stres 

Manfaat lainnya yang didapatkan dari olahraga ini adalah membantu mengurangi stres. Jika Anda ingin meredakan depresi, mengatasi stres, mungkin berenang bisa menjadi alternatif olahraga untuk Anda. Hal ini lantaran, pada saat berenang dapat melemaskan otot-otot Anda sehingga membuat tubuh lebih rileks.

Selain itu, olahraga ini membantu tubuh mengeluarkan endorfin. Endorfin merupakan hormon yang memiliki peran untuk meningkatkan suasana hati. Tidak jarang ketika orang yang selesai melakukan olahraga lebih rileks dan suasana hatinya membaik.

6. Meningkatkan kualitas tidur 

Jika Anda memiliki kesulitan tidur maka Anda bisa mencoba cara ini untuk mengatasi insomnia. Menurut sebuah studi yang diterbitkan Sleep Medicine menunjukkan jika melakukan olahraga aerobic secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

berenang untuk promil

Apakah Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Berenang adalah jenis olahraga yang baik untuk pasangan yang tengah menjalani program hamil. Meski olahraga ini merupakan jenis olahraga kardio namun kegiatan olahraga ini aman dilakukan. Salah satu cara meningkatkan kesuburan adalah melakukan olahraga. Namun, perlu dicatat untuk menghindari olahraga berat yang justru dapat membuat Anda kelelahan.

Nah, berenang menjadi salah satu pilihan terbaiknya. Olahraga ini juga dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal sehingga Anda memiliki peluang tinggi untuk kehamilan. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat berenang yang satu ini maka lakukan berenang sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

Tips yang Perlu Dilakukan Saat Berenang

Jika Anda dan pasangan ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari jenis olahraga air ini maka ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya cedera selama berenang.

  • Gunakan pakaian renang yang nyaman di tubuh.
  • Bila perlu, gunakan kacamata renang untuk mencegah rasa perih pada mata akibat kandungan klorin dalam air kolam renang.
  • Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum berenang.
  • Usahakan untuk konsumsi air minum saat sela-sela waktu renang.
  • Jika Anda baru mulai belajar berenang, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berenang. Cukup tingkatkan intensitas renang secara perlahan dan rutin melakukannya selama 3 – kali per minggu.
  • Jangan lupa, akhiri sesi berenang dengan pendinginan.

Nah, begitulah kira-kira manfaat berenang yang baik untuk kesehatan. Selain itu olahraga kardio ini juga baik untuk Anda dan pasangan yang sedang menjalani program hamil. Jangan lupa untuk melakukan istirahat setiap beberapa menit pada saat berenang.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Chase, N. L., Sui, X., Blair, S. N. (2008). Swimming and All-Cause Mortality Risk Compared with Running, Walking, and Sedentary Habits in Men. International Journal of Aquatic Research and Education, 2008, 2, 213-22. 
  2. Popovic, B. L., et al. (2016). Superior lung capacity in swimmers: Some questions, more answers! Revista Portuguesa de Pneumologia (English Edition). Volume 22, Issue 3, May–June 2016, Pages 151-156. 
  3. Reid, K. J., et al. (2011). Aerobic exercise improves self-reported sleep and quality of life in older adults with insomnia. Sleep Med. 2010 Oct; 11(9): 934–940. 
  4. Jiang, P., et al. (2014). The Impacts of Swimming Exercise on Hippocampal Expression of Neurotrophic Factors in Rats Exposed to Chronic Unpredictable Mild Stress. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2014, 1–8. 
  5. Nualnim, N., et al. (2012). Effects of Swimming Training on Blood Pressure and Vascular Function in Adults >50 Years of Age. The American Journal of Cardiology, 109(7), 1005–1010.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi