6 Manfaat Yoga yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

manfaat yoga

Berbagai gerakan yoga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Yoga merupakan salah satu olahraga yang paling banyak diminati baik oleh laki-laki maupun wanita. Jenis olahraga ini mungkin lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi. Namun, tahukah Anda jika yoga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental tetapi juga kesehatan fisik. Simak informasi selengkapnya.

Mengenal Olahraga Yoga

Pernahkah Anda melakukan olahraga yoga? Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Yoga sendiri berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang memiliki arti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas. Sederhananya, yoga dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga kembali menuju kenyataan.

Yoga merupakan aktivitas fisik dengan melibatkan meditasi dengan kombinasi beberapa teknik, seperti peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh. Kombinasi beberapa teknik ini untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara jiwa, emosi, mental, fisik, hingga spiritual Anda.

Jenis-Jenis Yoga

Yoga mengalami perkembangan serta dipengaruhi oleh beragam budaya. Hingga kini terdapat berbagai jenis yoga.

1. Yoga hatha

Salah satu jenis yoga ini kelasnya terdiri atas kelas pengantar, postur dasar yoga, juga teknik pernapasan. Jenis yoga ini lebih fokus pada aspek fisik dibandingkan mental. Jika Anda ingin melakukan yoga untuk melatih fisik Anda maka Yoga Hatha cocok untuk dilakukan.

2. Yoga power

Jenis yoga ini diadaptasi dari yoga tradisional pada tahun 1980-an. Yoga power merupakan jenis yoga yang menantang namun dinamis.

3. Yoga iyengar

Mungkin Anda pernah melihat olahraga yoga yang menggunakan benda-benda seperti tali atau bantalan? Nah, olahraga ini termasuk ke dalam jenis yoga iyengar. Tujuan penggunaan benda-benda tambahan tersebut untuk membentuk postur.

4. Yoga bikram

Yoga bikram merupakan salah satu jenis yoga yang unik. Hal ini lantaran olahraga yoga ini harus dilakukan pada ruangan panas dengan suhu 40,6 derajat Celcius dengan kelembapan 40%. Yoga bikram terdiri dari 26 gerakan dan 2 rangkaian pernapasan.

5. Yoga kundalini

Yoga kundalini berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti gulungan, menyerupai, gerakan ular yang fleksibel. Jika Anda membutuhkan jenis olahraga yang dapat menenangkan namun juga dikombinasikan gerakan fisik lainnya, Anda bisa melakukan yoga kundalini.

Jenis yoga ini menggabungkan rangkaian meditasi, gerakan, dan nyanyian yang dibuat untuk meningkatkan tenaga yang terletak di bagian bawah tulang belakang.

tips yoga

Manfaat Yoga

Sama seperti jenis olahraga lainnya, yoga juga memiliki sejumlah manfaat. Tidak hanya bagi kesehatan, yoga juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Berikut beberapa manfaat yoga yang dapat Anda rasakan jika melakukannya secara rutin.

1. Meningkatkan keseimbangan 

Jenis olahraga yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan bagi yang rutin melakukannya. Keseimbangan dan fleksibilitas bisa didapatkan melalui beberapa pose dan gerakan tubuh.

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, penelitian yang dilakukan pada orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas, bahwa yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas pada mereka. Meningkatkan fleksibilitas pada seseorang juga membantu untuk mengatasi penuaan.

2. Mengurangi stres 

Salah satu manfaat yoga yang baik untuk kesehatan mental adalah untuk mengurangi stres. Hal ini lantaran ketika Anda melakukan yoga, dapat mengurangi hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon ini diproduksi pada saat Anda mengalami stres.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang optimal maka dapat olahraga ini dapat dikombinasikan dengan teknik relaksasi, seperti meditasi.

Teknik meditasi pada yoga juga dapat membantu Anda meredakan rasa cemas. Hal ini lantaran proses meditasi dan latihan pernapasan dapat membantu mengurangi ketegangan dan menghilangkan stres.

3. Meningkatkan kesehatan jantung 

Manfaat yoga untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Ayurveda and Integrative Medicine. Dalam jurnal tersebut mengungkapkan jika teknik pernapasan pada olahraga ini dapat meningkatkan fungsi beberapa sistem di dalam tubuh.

Teknik pernapasan yang baik dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular sehingga dan meminimalisir penyakit kapasitas stroke, tekanan arteri, dan penyakit jantung.

4. Meredakan nyeri punggung 

Jika Anda mengalami nyeri punggung, salah satu alternatif olahraga yang dianjurkan adalah yoga. Yoga memiliki gerakan-gerakan yang dapat meningkatkan peregangan pada tulang belakang serta dapat memperbaiki postur tubuh.

Hal ini yang menyebabkan yoga dianjurkan sebagai pengobatan lini pertama bagi pada penderita nyeri punggung bawah.

5. Meringankan gejala asma 

Manfaat kesehatan lainnya yang didapat dari olahraga ini adalah meringankan gejala asma. Penyakit asma terjadi pada sistem pernapasan manusia. Jika Anda memiliki riwayat penyakit asma, disarankan untuk melakukan olahraga ini secara rutin.

Gerakan-gerakan yang ringan disertai teknik pernapasan yang baik dapat membantu meringankan gejala asma. Meski begitu, yoga dianggap belum signifikan secara klinis sehingga masih diperlukan pengobatan secara konvensional.

6. Meningkatkan kualitas tidur 

Jika Anda mengalami insomnia atau memiliki kualitas tidur yang buruk maka disarankan untuk melakukan olahraga yoga secara rutin. Yoga dipercaya dapat meningkatkan meningkatkan sekresi melatonin, yakni hormon yang membantu mengatasi tidur.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh siapa pun mengingat intensitasnya yang lebih rendah daripada olahraga lainnya. Namun meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukannya.

  • Bagi pemula sebaiknya hindari melakukan gerakan-gerakan ekstrem tanpa pengawasan pelatih yang dapat menyebabkan cedera.
  • Yoga tidak dapat dijadikan sebagai pengganti perawatan medis konvensional.
  • Jika Anda sedang dalam kondisi hamil maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Terdapat beberapa manfaat yoga yang baik untuk kesehatan mental dan fisik jika Anda melakukannya secara rutin. Meski begitu, yoga tidak dapat dijadikan sebagai pengganti pengobatan medis konvensional. Jika Anda mengalami beberapa kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Amin, D. J., Goodman, M. (2014). The effects of selected asanas in Iyengar yoga on flexibility: pilot study. J Bodyw Mov Ther. 2014 Jul;18(3):399-404. 
  2. Polsgrove, M. J., Eggleston, B. M., Lockyer, R. J. (2016). Impact of 10-weeks of yoga practice on flexibility and balance of college athletes. Int J Yoga. 2016 Jan-Jun; 9(1): 27–34. 
  3. Sivaramakrishnan, D., et al. (2019). The effects of yoga compared to active and inactive controls on physical function and health related quality of life in older adults- systematic review and meta-analysis of randomised controlled trials. Int J Behav Nutr Phys Act. 2019; 16: 33. 
  4. Shohani, M., et al. (2018). The Effect of Yoga on Stress, Anxiety, and Depression in Women. Int J Prev Med. 2018; 9: 21. 
  5. Goldsby, T. L., et al. (2017). Effects of Singing Bowl Sound Meditation on Mood, Tension, and Well-being: An Observational Study. J Evid Based Complementary Altern Med. 2017 Jul; 22(3): 401–406. 
  6. Saoji, A. A., Raghavendra, B. R., Manjunath, N. K. (2019). Effects of yogic breath regulation: A narrative review of scientific evidence. Integrative Medicine Volume 10, Issue 1, January–March 2019, Pages 50-58. 
  7. Mekonnen, D., Mossie, A. (2010). Clinical Effects of Yoga on Asthmatic Patients: A Preliminary Clinical Trial. Ethiop J Health Sci. 2010 Jul; 20(2): 107–112. 
  8. Wang, W. L., et al. (2020). The effect of yoga on sleep quality and insomnia in women with sleep problems: a systematic review and meta-analysis. BMC Psychiatry volume 20, Article number: 195 (2020).
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi