7 Cemilan untuk Program Hamil yang Baik Dikonsumsi

Mengganti cemilan untuk program hamil yang lebih sehat dapat membantu Anda melengkapi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi pasangan suami istri yang mengalami sulit hamil, berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan hadirnya buah hati. Mulai dari melakukan olahraga teratur hingga mengganti menu makanan menjadi lebih sehat bahkan hingga menganti cemilan yang biasa dikonsumsi. Apa saja cemilan untuk program hamil yang baik dikonsumsi?

Cemilan untuk Program Hamil

Pada saat menjalani program hamil, asupan makanan yang dikonsumsi pun perlu diperhatikan seperti kandungan gizi yang seimbang agar mendapat asupan nutrisi yang tepat.

Jika biasanya Anda mengonsumsi makanan junk food atau konsumsi cemilan yang mengandung pengawet maka Anda harus segera menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

Selain dapat membantu meningkatkan kehamilan, mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal. Pasalnya, kelebihan berat badan tidak hanya menghambat program hamil namun juga dapat meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan.

Berikut beberapa cemilan untuk program hamil yang baik untuk dikonsumsi karena kandungannya yang sehat.

1. Buah sitrus 

Jenis buah-buahan sitrus di antaranya buah jeruk, lemon, dan kiwi. Buah sitrus sendiri memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang baik menjadi sumber antioksidan. Selain itu buah sitrus juga mengandung vitamin B yang baik untuk mengatur ovulasi. Ovulasi merupakan hal yang penting bagi pasangan yang ingin merencanakan program hamil.

Selain itu, buah sitrus juga mengandung kalsium dan asam folat yang sangat baik untuk kesuburan. Asam folat sendiri memiliki peran untuk mencegah cacat lahir pada janin dan spina bifida. Oleh sebab itu, mengonsumsi cemilan buah sitrus baik untuk Anda yang merencanakan program hamil.

2. Dark chocolate 

Anda penggemar cokelat? Nah, dark chocolate menjadi salah satu cemilan yang baik untuk program hamil, lho. Jenis cokelat yang satu ini dipercaya lebih sehat dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan.

Menurut Harvard School of Public Health, dark chocolate mengandung flavonoid 2 – 3 kali lebih banyak daripada cokelat susu. Flavonoid sendiri telah dapat membantu meningkatkan aliran darah dan untuk menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko diabetes.

Meski baik untuk dikonsumsi selama menjalani program hamil namun Anda dapat melengkapinya dengan cemilan lain agar nutrisi yang Anda dapatkan seimbang.

3. Delima 

Tahukah Anda, jika buah delima menjadi salah satu cemilan yang baik dikonsumsi selama program hamil? Buah delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesuburan. Buah yang memiliki warna khas merah ini nyatanya memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Asam folat sendiri dapat mendukung keberhasilan terjadinya kehamilan dan membentuk perkembangan janin yang sehat.

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan Clinical Nutrition, buah delima ternyata mampu meningkatkan jumlah sperma pria. Studi tersebut menjelaskan jika mengonsumsi jus buah delima setiap hari memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Selain itu, buah delima dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh juga meningkat sehingga organ intim pria dapat menerima lebih banyak darah yang kaya oksigen.

almond cemilan untuk promil

4. Kacang almond 

Salah satu jenis cemilan yang baik dikonsumsi untuk program hamil adalah kacang almond. Almond mengandung lemak tak jenuh, vitamin E, serta protein yang baik untuk sistem reproduksi sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan lainnya yang baik dikonsumsi sebagai cemilan untuk program hamil adalah lentil. Lentil memiliki sumber serat dan folat yang penting untuk menjaga keseimbangan hormon. Selain itu, lentil juga mengandung polyamine spermidine yang tinggi yang dapat membantu sperma membuahi sel telur.

Sebuah studi yang diterbitkan American Journal of Obstetrics and Gynecology menyebutkan jika mengonsumsi kalori yang berasal dari protein hewani dapat menurunkan tingkat kemandulan akibat anovulasi sebanyak lebih dari 50%.

5. Tomat 

Jika Anda ingin mengonsumsi cemilan yang menyegarkan, tomat bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan American Journal of Lifestyle Medicine menyebutkan jika tomat mengandung likopen lebih tinggi daripada semangka, yakni sekitar 85%.

Tomat mengandung likopen yang baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Sedangkan untuk pria, likopen dapat meningkatkan kemampuan sperma untuk berenang yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria.

6. Kenari 

Jenis kacang-kacangan lainnya yang baik dikonsumsi sebagai cemilan untuk program hamil adalah kenari. Kacang kenari memiliki kandungan akan asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan inilah yang dapat meningkatkan kesuburan.

Sebuah penelitian pada studi yang diterbitkan Biology of Reproduction, kacang kenari dapat meningkatkan vitalitas, pergerakan, dan bentuk sperma sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kesuburan pria.

7. Produk susu 

Produk susu juga baik untuk dikonsumsi sebagai cemilan untuk program hamil. Hal ini lantaran susu mengandung A, E, D, K, dan K2 yang menjadi sumber vitamin yang larut dalam lemak untuk meningkatkan kesuburan.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu penuh lemak lebih kecil mengalami masalah ovulasi dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi produk susu rendah lemak.

Cemilan yang Dihindari untuk Program Hamil

Asupan yang dikonsumsi selama menjalani program hamil memang perlu diperhatikan. Selain makanan yang baik dikonsumsi selama program hamil, terdapat jenis cemilan yang harus dihindari. Jenis makanan ini antara lain, ikan tinggi merkuri, makanan kemasan, makanan atau cemilan yang mengandung lemak trans, soda, dan minuman alkohol. Semua jenis makanan dan minuman tersebut bisa menghambat kesuburan.

Nah, sudah tahu kan, apa saja cemilan yang baik dikonsumsi untuk program hamil? Meski baik dikonsumsi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Anda juga harus mengimbangi dengan makanan yang kaya nutrisi lainnya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Folic Acid in Pregnancy. American Pregnancy Association.
  2. Dark Chocolate. Harvard School of Public Health. 
  3. Turk, G., et al. 2008. Effects of pomegranate juice consumption on sperm quality, spermatogenic cell density, antioxidant activity and testosterone level in male rats. Clinical Nutrition, 27(2), 289–296. 
  4. Chavarro, J. E., et al. 2008. Protein intake and ovulatory infertility. Am J Obstet Gynecol 2008; 198:210. e1-210.e7. 
  5. Freeman, B. B., Reimers, K. J. 2011. Tomato Consumption and Health: Emerging Benefits. American Journal of Lifestyle Medicine 5(2):182-191. 
  6. Robbins, W. A., et al. 2012. Walnuts Improve Semen Quality in Men Consuming a Western-Style Diet: Randomized Control Dietary Intervention Trial. Biology of Reproduction, Volume 87, Issue 4, 1 October 2012, 101, 1-8. 
  7. Chavarro, J. E., et al. 2007. A prospective study of dairy foods intake and anovulatory infertility. Human Reproduction, Volume 22, Issue 5, 1 May 2007, Pages 1340–1347. 
  8. Durairajanayagam, D., et al. 2014. Lycopene and male infertility. Asian Journal of Andrology, 16(3), 420.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi