7 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

manfaat sawi putih

Sawi putih merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung berbagai nutrisi. Manfaat sawi putih dan kandungan nutrisi didalamnya baik untuk kesehatan serta baik dikonsumsi untuk promil.

Sawi putih menjadi salah satu sayuran yang diolah menjadi lauk pauk. Teksturnya yang renyah membuat jenis sayuran ini digemari semua kalangan. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat sayuran ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Simak selengkapnya mengenai manfaat sawi putih untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Sawi Putih

Sama seperti jenis sayuran lainnya, sawi putih adalah bahan makanan yang rendah kalori dan kaya akan kandungan gizi serta nutrisi. Sawi putih masuk ke dalam kelompok kubis yang memiliki nama latin Brassica rapa.

Tampilan dari jenis sayuran ini adalah batang berwarna putih serta memiliki daun berwarna hijau. Termasuk salah satu bahan pangan yang padat akan nutrisi, berikut beberapa jenis kandungan gizi pada sawi putih.

Nutrisi

Jumlah

Air

96,6 gr

Kalori

9 kal

Serat

0,8 gr

Protein

1,0 gr

Karbohidrat

1,7 gr

Kalsium

56 mg

Vitamin A

223 mcg

Vitamin B2

0,18 mg

Vitamin C

3 mg

Vitamin K

45,5 mg

Folat

66 mcg

Fosfor

42 mg

Kalium

193,1 mg

Natrium

5 mg

Zat besi

1,1 mg

Beta-karoten

862 mcg

Manfaat Sawi Putih

Mengingat kandungan nutrisi yang melimpah, sawi putih memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat sawi putih yang baik untuk Anda.

1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada jenis sayuran ini dapat membantu tubuh menjaga saluran pencernaan. Hal ini lantaran serat memiliki peran dalam meningkatkan pergerakan usus yang dapat membantu mengatasi konstipasi dan mencegah sembelit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengandung vitamin C, sawi putih memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mengonsumsi sayuran ini secara rutin dapat menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah kandungan kaliumnya pada jenis sayuran ini dapat mengontrol tekanan darah. Namun, meski manfaatnya berkata demikian, sawi putih tidak bisa digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan kalium pada sawi putih juga memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, kandungan vitamin C, folat, dan B2 dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, vitamin B serta folat juga dapat mencegah penumpukan homosistein (asam amino alami). Pasalanya penumpukan homosistein dalam jumlah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah sehingga memicu gangguan jantung.

5. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang terdapat pada sawi dapat memenuhi asupan zat besi pada tubuh. Peran zat besi sendiri cukup penting karena merupakan senyawa penting dalam hemoglobin. Hemoglobin yang tercukup dapat mencegah tubuh mengalami anemia.

Jika zat besi pada tubuh kurang terpenuhi maka dapat menyebabkan oksigen dalam darah tidak sampai ke seluruh tubuh. Ketika oksigen tidak disalurkan ke seluruh tubuh, kondisi ini yang membuat Anda mudah pusing atau menyebabkan tubuh lemas.

6. Mencegah dehidrasi tubuh

Kandungan air yang melimpah pada sawi putih dapat membuat jenis sayuran ini merupakan asupan yang diperlukan tubuh. Hal ini tentu dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Pasalnya, jika tubuh terhidrasi dengan baik maka Anda tidak akan mudah Lelah dan tubuh dapat melakukan aktivitas secara maksimal.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lainnya yang Anda dapatkan jika mengonsumsi sawi putih bisa membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini lantaran sayuran yang termasuk ke dalam golongan kubis ini mengandung alfa-karoten yang memiliki peranan penting seperti beta-karoten, yang mana keduanya merupakan senyawa vitamin A.

Kandungan tersebut yang membuat sawi putih penting menjaga kesehatan mata. Sumber alfa-karoten terbaik di antaranya wortel, labu, sawi putih, alpukat, dan ubi.

Apakah Sawi Putih Dapat Meningkatkan Kesuburan?

Sama seperti jenis sayuran lainnya, sawi putih juga baik dikonsumsi untuk pasangan yang sedang promil. Meski tidak memberikan manfaat secara langsung terhadap kesuburan namun kandungan nutrisi pada sayuran ini baik dikonsumsi selama promil.

Selain itu, sawi putih juga termasuk golongan sayuran hijau yang mengandung vitamin C, vitamin serat, protein yang dibutuhkan tubuh untuk persiapan program hamil.

resep olahan sawi putih

Resep Olahan Sawi Putih

Sawi putih merupakan salah satu bahan pangan yang mudah diolah menjadi lauk pauk sehat dengan bahan-bahan yang mudah Anda dapatkan. Berikut bahan-bahan dan cara memasak cah sawi putih yang sehat.

Bahan:

1 buah sawi putih

1 buah telur

2 siung bawang putih, memarkan

6 buah cabai rawit, diiris

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Air secukupnya

Kecap (opsional)

Cara membuat:

  • Cuci sawi putih hingga bersih. Iris tipis dan sisihkan.
  • Tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum. Kemudian masukkan telur dan aduk hingga rata.
  • Masukkan batang sawi putih, tumis sebentar. Kemudian masukkan bagian daun sawi dan aduk rata.
  • Tambahkan garam, gula, kecap manis, dan air secukupnya. Aduk hingga rata.
  • Masak sawi putih hingga cukup matang, diamkan. Angkat dan sajikan.

Penutup

Sawi putih memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan gizinya membuat jenis sayuran ini juga baik dikonsumsi pada saat promil. Namun, Anda dapat mengonsumsimnya disertai dengan makanan sehat lain sesuai selera. Tetap penuhi asupan dengan gizi yang seimbang untuk tubuh agar program hamil yang direncanakan berhasil.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. (2021). 
  2. Ras, T. R., Geleijnse, J. M., Trautewein, E. A. (2014). LDL-cholesterol-lowering effect of plant sterols and stanols across different dose ranges: a meta-analysis of randomised controlled studies. Br J Nutr. 2014 Jul 28;112(2):214-9. 
  3. Brown, L., Rosner, B., Willet, W. W., Sacks, F. M. (1999). Cholesterol-lowering effects of dietary fiber: a meta-analysis. Am J Clin Nutr. 1999 Jan;69(1):30-42. 
  4. Morowitz, J. M., Carlislie, E., Alverdy, J. C. (2012). Contributions of Intestinal Bacteria to Nutrition and Metabolism in the Critically Ill. Surg Clin North Am. 2011 Aug; 91(4): 771–785.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi