5 Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan, Baik Juga untuk Kesuburan

5 Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan, Baik Juga untuk Kesuburan

Teh herbal menjadi salah satu minuman tradisional yang dijadikan sebagai metode pengobatan untuk kesehatan. Bahkan banyak yang percaya manfaat teh herbal untuk kesuburan.

Ayah Bunda mungkin pernah mengonsumsi minuman atau obat herbal untuk mengatasi kondisi kesehatan. Salah satu minuman yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan adalah teh herbal. Minuman tradisional ini terbuat dari bahan seperti rempah-rempah, daun, bunga, buah, maupun akar tumbuhan yang dikeringkan.

Beberapa jenis teh herbal bahkan cukup umum dan sering dikonsumsi, seperti teh jahe, teh chamomile, teh peppermint, dan teh bunga rosella.

Baca juga: 5 Minuman untuk Program Hamil yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan

Terbuat dari bahan-bahan herbal, Ayah Bunda bisa mendapatkan sejumlah manfaat dari mengonsumsi teh herbal, seperti:

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Salah satu manfaat teh herbal untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika Ayah Bunda mengonsumsi teh jahe atau ginseng maka manfaat ini adalah salah satu yang didapatkan.

Hal ini lantaran jahe memiliki kandungan gingerol dan kandungan ginsenoside pada ginseng memiliki sifat antioksidan dan antibakterial.

Kandungan tersebut yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta melawan kuman maupun bakteri penyebab infeksi.

2. Mengatasi insomnia

Manfaat lain mengonsumsi teh herbal untuk kesehatan adalah membantu mengatasi insomnia. Khasiat ini bisa didapatkan dari mengonsumsi teh chamomile yang dapat mengurangi dan mencegah susah tidur.

Chamomile memiliki kandungan senyawa aktif apigenin yang dapat berpengaruh pada aktivitas di otak, salah satunya pada bagian mengatur rasa kantuk dan tidur. Oleh sebab itu, bagi orang yang memiliki masalah sulit tidur akan disarankan mengonsumsi teh chamomile.

3. Membantu mengatasi peradangan

Mengonsumsi teh herbal juga dapat membantu mengatasi peradangan. Sifat antiradang dari teh jahe dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh. Selain itu, sifat antiradang ini dapat membantu mengurangi keluhan nyeri otot, sakit kepala, sakit perut, hingga nyeri sendi.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Jika Ayah Bunda mengonsumsi teh daun peppermint maka khasiat yang didapatkan dapat mengatasi masalah pencernaan. Hal ini lantaran daun peppermint memiliki sifat antispasmodik, yaitu kemampuan dalam membuat otot pada saluran cerna menjadi lebih rileks sehingga dapat meredakan gejala mual, kembung, hingga nyeri pada perut.

Nah, dengan mengonsumsi teh ini juga dapat memberikan rasa nyaman pada saluran pencernaan sehingga dapat mengurangi keluhan saat kram perut.

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat lain yang didapatkan dari mengonsumsi teh herbal adalah dapat mencegah penyakit jantung. Teh hibiscus atau yang dikenal juga sebagai teh kembang sepatu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Mengonsumsi teh ini dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Jila penumpukan LDL dalam darah terjadi maka bisa memicu risiko penyakit jantung.

Baca juga: Hamil Tak Kunjung Diperoleh, Karena Sering Minum Teh?

Adakah Manfaat Teh Herbal untuk Kesuburan?

Selain baik untuk kesehatan, teh herbal juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kondisi kesuburan. Pasalnya, kandungan antioksidan pada teh herbal dapat membantu meningkatkan kondisi kesuburan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmaceutical Science and Research, menyebutkan jika teh herbal yang dibuat dari daun raspberry merah baik untuk wanita yang ingin memulai program hamil dan untuk wanita hamil.

Selain itu, beberapa jenis minuman teh seperti teh hijau dan teh jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Jahe memiliki kandungan senyawa aktif yang bernama gingerol yang berperan dalam meningkatkan produksi dan kualitas sperma.

Meski begitu, belum ada bukti kuat terkait teh herbal yang dapat membantu wanita cepat hamil.

Dari khasiat teh herbal di atas, Ayah Bunda tertarik mengonsumsinya? Jika Ayah Bunda ingin merencanakan program hamil, jangan lupa untuk periksakan diri ke dokter. Lengkapi promil Ayah Bunda dengan mengubah gaya hidup sehat, olahraga teratur, hingga konsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang cukup.

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Ravikumar, C. (2014). Review on Herbal Teas. J Pharm. Sci. & Res. Vol. 6(5), 2014, 236-238. 
  • poswal, FS., et al. (2019). Herbal Teas and their Health Benefits: A Scoping Review. Plant Foods Hum Nutr. 2019 Sep;74(3):266-276. 
  • Chandrasekara, A., Shahidi, F. (2018). Herbal beverages: Bioactive compounds and their role in disease risk reduction – A review. J Tradit Complement Med. 2018 Aug 9;8(4):451-458.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji