Penggunaan Tisu Magic pada Pria, Amankah?

tisu magic apakah aman

Apakah Anda pernah menggunakan tisu magic untuk mengatasi ejakulasi dan ereksi? Produk ini biasa digunakan pria pada saat berhubungan. Hal ini bertujuan agar ereksi dapat bertahan lebih lama. Namun apakah penggunaan tisu magic cukup aman?

Apa Itu Tisu Magic?

Banyak cara yang dilakukan demi memuaskan pasangannya di ranjang, termasuk salah satunya penggunaan tisu magic. Tisu magic menjadi andalan para pria yang memiliki masalah pada ejakulasi dan ereksi, seperti pria yang mengalami ejakulasi dini. Kegunaannya dipercaya dapat membuat ereksi bertahan menjadi lebih lama.

Cara kerjanya adalah dengan mengoleskan tisu pada penis beberapa saat sebelum melakukan hubungan intim. Konon, tisu ini dapat membuat penis kebas atau mati rasa sehingga sensasi penetrasi menjadi lebih minim.

Terdapat beberapa kandungan yang terdapat pada tisu magic, seperti:

Benzalkonium chloride

Kandungan utama ini memiliki potensi menimbulkan efek samping. Efek samping dari salah satu kandungan ini meliputi ruam, kulit mengelupas, pembengkakan, hingga iritasi yang parah.

Ethyl alcohol atau etanol

Ethyl alcohol merupakan salah satu jenis zat yang cukup banyak terkandung dalam tisu magic. Jenis zat ini dapat menyebabkan masalah pada kulit. Biasanya sering digunakan dalam produk perawatan luka yang dapat menimbulkan keluhan berupa rasa perih dan menimbulkan aroma menyengat pada kulit.

Triclosan

Triclosan merupakan salah satu zat yang dapat membuat kulit menjadi rentan dan mengalami kerusakan akibat alergi dan iritasi.

Parfum

Parfum menjadi salah satu bahan yang terdapat tisu magic. Namun, sayangnya parfum dapat menimbulkan efek samping seperti dermatitis kontak. Hal ini bahkan bisa terjadi saat Anda menghirup aromanya, bukan hanya terjadi pada zat tersebut terserap kulit.

Glyceryl cocoate

Zat yang juga sering disebut sebagai gliserin ini berperan dalam menjaga kelembapan serta dapat menghaluskan permukaan kulit. Fungsi gliserin pada produk ini dapat menjadi bahan pelumas seks yang memudahkan untuk penetrasi.

Selain itu, pada beberapa jenis produk ini mengandung bahan alami seperti ekstrak lidah buaya yang biasanya digunakan untuk melembutkan kulit atau zat tambahan lain, seperti cocamidopropyl betaine. Salah satu kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai anestesi (bius) yang dapat membuat bagian tubuh yang terkena paparan menjadi kebas atau mati rasa.

Bagaimana Cara Penggunaan Tisu Magic?

Biasanya tisu ini digunakan pada bagian kepala penis. Hal ini lantaran kepala penis memiliki saraf yang paling banyak. Kondisi ini yang membuat kandungan di dalamnya dipercaya dapat mengurangi sensasi pada saat hubungan seksual secara signifikan.

Cara memakai tisu magic sendiri cukup mudah. Usapkan tisu pada seluruh bagian penis hingga 10 – 15 menit sebelum melakukan hubungan seksual. Diamkan cairan dari tisu mengering pada area penis.

Sebelum Anda memulai penetrasi, pastikan untuk mencuci bersih penis dengan sabun dan bilas air hangat.

Perlu dicatat, pemakaian tisu hanya dapat dilakukan pada penggunaan luar saja. Satu helai tisu pun hanya dapat digunakan sekali pakai dan langsung dibuang.

tisu magic

Apakah Penggunaan Tisu Magic Aman?

Bagi beberapa pria mungkin dapat merasakan efek dari penggunaan tisu magic ini namun ada pula pria yang tidak merasakan efeknya. Hingga saat ini pun masih sedikit penelitian dan bukti ilmiah yang membahas mengenai efek penggunaan produk ini.

Meski penggunaan tisu magic dipercaya dapat membantu pria yang mengalami masalah ejakulasi dan ereksi nyatanya produk ini bukan salah satu bentuk pengobatan medis untuk mencegah tersebut.

Mengingat banyak kandungan kimia di dalam produk tersebut sehingga dapat menimbulkan efek samping tisu magic, seperti iritasi kulit, alergi, dan disfungsi ereksi.

“Tisu magic akan bikin area penis ini lebih baal, akibatnya hubungan seksual akan lebih. Tetapi untuk proses prokreasinya sendiri yang penting Ayah mengantarkan air maninya sampai ke dalam vagina. Jadi, tidak ada pengaruhnya dari tisu magic ke urusan prokreasi,” ujar dr. Gito Wasian, Sp. And, dokter spesialis andrologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia.

Apakah Tisu Magic Dapat Mengatasi Ejakulasi Dini?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sexual Medicine Reviews, mengungkapkan jika manfaat produk tersebut dalam mengatasi ejakulasi dini masih terbatas. Ejakulasi dini sendiri dapat diatasi dengan berbagai metode pengobatan dan perubahan gaya hidup, seperti:

  • Melakukan senam kegel untuk latihan dasar panggul.
  • Menjalani gaya hidup sehat.
  • Rutin melakukan olahraga.
  • Menggunakan kondom untuk mengurangi stimulasi pada penis.
  • Menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Apakah Tisu Magic Dapat Mencegah Penularan Penyakit Kelamin?

Mengandung beberapa zat di dalamnya tidak membuat tisu magic dapat mencegah penularan penyakit kelamin, seperti HIV atau herpes genital. Jika Anda ingin mencegah penyakit menular seksual, Anda dapat menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi tersebut, seperti:

  • Tidak bergonta-ganti pasangan saat melakukan hubungan seksual.
  • Melakukan hubungan seksual menggunakan kondom.
  • Hindari berhubungan tanpa kondom terutama jika pasangan memiliki luka di kelamin, cairan kelamin abnormal, ruam, atau gejala lainnya.
  • Melakukan sexually transmitted disease atau tes STD secara rutin.
  • Melakukan skrining penyakit kelamin.
  • Memperoleh vaksin untuk penyakit kelamin.

Nah, sudah tahu kan apa fungsi tisu magic untuk pria? Meski membantu pria dalam berhubungan, nyatanya sejumlah kandungan zat di dalamnya dapat memberikan efek samping pada tubuh. Jika Anda ingin melakukan hubungan intim namun khawatir dengan kondisi masalah pada ejakulasi maka segera periksakan diri ke dokter.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Butcher, M. J., et al. 2020. Topical Agents for Premature Ejaculation: A Review. Sexual Medicine Reviews Volume 8, Issue 1, January 2020, Pages 92-99. 
  2. Weatherly, L. M., Gosse, J. A. 2018. Triclosan Exposure, Transformation, and Human Health Effects. J Toxicol Environ Health B Crit Rev. 2017; 20(8): 447–469. 
  3. Hardon, A., Idrus, N. I. 2015. Magic Power: changing gender dynamics and sex-enhancement practices among youths in Makassar, Indonesia. Anthropology & Medicine , Volume 22, 2015 – Issue 1, Pages 49-63.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime