7 Manfaat Nanas yang Jarang Diketahui, Mau Tahu?

manfaat nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan air. Manfaat nanas baik untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas pada tubuh hingga menurunkan berat badan. 

Nanas merupakan salah satu jenis buah tropis yang digemari oleh semua kalangan. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat nanas menjadi buah yang cocok dikonsumsi saat musim panas. Kaya kandungan nutrisi, tentunya nanas mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Buah nanas dapat dikonsumsi tanpa diolah, maupun dibuat olahan seperti salad buah, pudding, hingga jus.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Buah yang memiliki kulit khas tajam ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nanas memiliki kandungan air yang melimpah sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada buah nanas.

NutrisiJumlah
Air (Water)88.9 g
Energi (Energy)40 Kal
Protein (Protein)0.6 g
Lemak (Fat)0.3 g
Karbohidrat (CHO)9.9 g
Serat (Fibre)0.6 g
Abu (ASH)0.3 g
Kalsium (Ca)22 mg
Fosfor (P)14 mg
Besi (Fe)0.9 mg
Natrium (Na)18 mg
Kalium (K)111.0 mg
Tembaga (Cu)0.03 mg
Seng (Zn)0.1 mg
Beta-Karoten (Carotenes)17 mcg
Karoten Total (Re)90 mcg
Thiamin (Vit. B1)0.02 mg
Riboflavin (Vit. B2)0.04 mg
Niasin (Niacin)0.2 mg
Vitamin C (Vit. C)22 mg

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Kandungan berbagai nutrisi di dalamnya membuat nanas memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut sejumlah nanas yang dapat Anda peroleh.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat nanas adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini lantaran kandungan serat, antioksidan, serta zat bromelain yang dapat melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit. Selain itu, nanas juga dipercaya dapat membantu meringankan peradangan pada usus akibat penyakit kolitis ulseratif karena kandungan bromelain di dalamnya.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat lainnya yang Anda dapatkan jika mengonsumsi nanas secara rutin dapat membantu meningkatkan imunitas pada tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu mencukupi kebutuhan Anda sehingga baik untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Jika daya tahan tubuh kuat maka tubuh dapat melawan virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit dan tubuh lebih fit.

3. Membantu penyembuhan luka setelah operasi 

Kandungan bromelain pada buah nanas dapat membantu menyembuhkan luka setelah operasi. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan Pakistan medical Association, menyatakan jika enzim bromelain memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi pembengkakan, luka memar yang muncul setelah operasi, hingga peradangan.

Pasalnya, luka bisa sulit untuk sembuh akibat adanya peradangan dan infeksi bakteri yang terjadi pada luka tersebut. Namun, hal ini dapat diatasi dengan sifat anttinflamasi dan meningkatkan imunitas oleh bromelain.

4. Menurunkan berat badan

Salah satu buah yang baik dikonsumsi pada saat diet adalah nanas. Buah ini memiliki kalori yang rendah dan kaya akan serat sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, nanas juga dipercaya dapat membantu meningkatkan proses metabolisme lemak sehingga berat badan menjadi mudah terkontrol.

buah nanas

5. Mengurangi risiko kanker

Manfaat lain yang diperoleh dari mengonsumsi nanas adalah dapat mengurangi risiko kanker lantaran kandungan enzim bromelain di dalamnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menyatakan jika enzim ini dapat mencegah perkembangan sel kanker payudara.

Sedangkan menurut jurnal Plos One menyatakan jika enzim tersebut dapat mencegah perkembangan sel kanker kolorektal.

6. Menjaga kesehatan kulit dan tulang

Jika Anda mengonsumsi buah nanas secara rutin, salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang. Kandungan vitamin B, vitamin C, dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, seperti paparan sinar UV.

Tidak hanya itu, mengonsumsi nanas juga baik untuk meningkatkan kepadatan tulang serta mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis) khususnya pada lansia.

7. Menjaga kesehatan mata

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat nanas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioxidants, menyatakan jika asupan beta karoten dan vitamin C dapat membantu memenuhi asupan beta karoten dan vitamin C yang diperlukan tubuh.

Kedua kandungan tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata yang bisa menyerang para lansia.

Selain itu, mengonsumsi buah ini secara rutin juga bisa mencegah pembentukan katarak pada mata. Kandungan inilah yang dapat menghambat proses perkembangan penyakit mata yang memiliki risiko kebutaan tersebut.

Apakah Manfaat Nanas Baik untuk Kesuburan?

Buah yang memiliki nama latin Ananas comosus ini memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten yang cukup tinggi. Manfaat nanas untuk pria dapat meningkatkan kesuburan karena kandungan bromelain di dalamnya.

Sedangkan manfaat nanas untuk wanita dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahim sehingga dapat meningkatkan kualitas lendir pada serviks. Kondisi ini dapat memberikan manfaat nanas untuk rahim yang dapat membantu sperma bergerak dengan lancar untuk membuahi sel telur.

Meski begitu, penelitian mengenai mengonsumsi buah nanas dan kesuburan perlu dibuktikan lebih lanjut.

Mengonsumsi nanas memang tidak dilarang namun disarankan untuk mengonsumsi dalam jumlah secukupnya dan tidak berlebihan. Penuhi asupan nutrisi dengan jenis buah-buahan dan sayuran lainnya.

Begitulah kira-kira manfaat nanas yang dapat Anda peroleh jika mengonsumsi secara rutin. Selain mengonsumsi buah nanas, pastikan untuk menjaga pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Muhammad, Z. A., et al. (2017). Therapeutic uses of pineapple-extracted bromelain in surgical care – A review. Journal of The Pakistan Medical Association, Vol.67, No.1, January2017. 
  2. Data Komposisi Pangan Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  3. Pullar, J. M., et al. (2017). The Roles of Vitamin C in Skin Health. Nutrients 2017, 9(8), 866. 
  4. Khoo, H. E., et al. (2019). Nutrients for Prevention of Macular Degeneration and Eye-Related Diseases. Antioxidants 2019, 8(4), 85. 
  5. Chang, T. C., et al. (2019). Bromelain inhibits the ability of colorectal cancer cells to proliferate via activation of ROS production and autophagy. PLOS ONE, 14(1), e0210274. 
  6. Dhandayuthapani, S., et al. (2012). Bromelain-Induced Apoptosis in GI-101A Breast Cancer Cells. Journal of Medicinal Food, 15(4), 344–349. 
  7. Carr, A. C., Maggini, S. (2017). Vitamin C and Immune Function. Nutrients 2017, 9(11), 1211.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime