Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas? Simak Manfaat dan Risikonya!

Ibu hamil makan nanas

Nanas mengandung nutrisi yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Nanas bisa menyebabkan keguguran bila dikonsumsi berlebihan. Namun aman jika dalam jumlah yang wajar.

Mungkin Anda sering mendengar mitos mengenai buah nanas yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Nanas dipercaya memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat memberikan dampak pada kesehatan ibu hamil dan janin.

Buah nanas merupakan salah satu jenis buah yang memiliki berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Buah yang memiliki kulit khas tajam ini mengandung air yang banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang diperlukan.

Manfaat Nanas untuk Ibu Hamil

Buah yang memiliki nama latin Ananas comosus ini juga mengandung sejumlah vitamin penting yang diperlukan tubuh seperti vitamin C, vitamin B, hingga serat yang baik untuk kesehatan juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut manfaat nanas yang dikonsumsi untuk ibu hamil.

1. Membantu proses persalinan

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat membantu melunakkan leher rahim (serviks) yang dapat membantu memicu terjadinya kontraksi pada ibu hamil. Hal ini bisa membantu proses persalinan berlangsung dengan lancar.

2. Sumber nutrisi bagi ibu dan janin

Buah nanas juga mengandung asam folat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Jenis nutrisi tersebut merupakan hal penting yang dimiliki oleh ibu hamil. Asam folat membantu mencegah bayi terlahir cacat, dan kandungan zat besi pada nanas diperlukan untuk memproduksi darah.

3. Baik untuk mempercantik kulit

Salah satu manfaat dari salah satu jenis buah tropis ini adalah baik untuk mempercantik kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya memberikan manfaat dalam produksi kolagen. Kolagen sendiri berperan penting dalam pertumbuhan kulit.

4. Mengatasi sembelit

Ibu hamil kerap memiliki permasalahan yakni sembelit. Penyebabnya bisa dari faktor pola makan, perubahan hormon, hingga kondisi rahim yang membesar.

Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas ini dapat membantu meringankan sembelit yang biasa dialami ibu hamil. Selain itu, enzim bromelain yang terkandung juga dapat membantu memecah protein dan membantu pencernaan menjadi lebih lancar.

5. Meredakan rasa cemas

Rasa cemas dan khawatir kerap meliputi ibu hamil jelang persalinan. Kondisi ini bisa diatasi dengan kandungan flavonoid dan vitamin pada nanas yang memiliki efek ansiolitik yakni membantu meredakan kecemasan.

Buah nanas

Makan Nanas Saat Hamil Berbahaya?

Kandungan nutrisi pada buah nanas memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Enzim bromelain dapat membantu melunakkan leher rahim dengan membantu memicu terjadinya kontraksi pada ibu hamil.

Selain itu, zat ini juga akan memecah protein dalam tubuh. Janin pada ibu hamil akan bertumbuh dari sel protein sederhana.

Banyak yang menganggap kandungan dianggap dapat memicu keguguran dan kelahiran bayi lahir prematur. Fakta ini tidak sepenuhnya salah. Enzim bromelain dapat memecah protein sehingga dapat memicu kontraksi dini hingga perdarahan abnormal. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko keguguran.

Namun perlu diketahui, dosis bromelain pada nanas tidak setinggi suplemen. Sehingga zat yang terkandung pada nanas ini tidak berdampak pada kehamilan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Enzim bromelain pada nanas bisa memicu keguguran bila dikonsumsi berlebihan.

Ibu hamil juga tidak direkomendasikan mengonsumsi suplemen tablet bromelain. Hal ini lantaran suplemen ini bisa memecah protein di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan pendarahan abnormal karena kandungan enzim bromelain yang lebih banyak daripada buah nanas.

Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan ibu hamil perlu mengurangi konsumsi nanas, seperti ibu hamil yang mengalami asam lambung tinggi, mengalami diabetes gestasional, dan alergi terhadap buah nanas.

Cara Aman Konsumsi Nanas Saat Hamil

Buah yang mengandung banyak air ini memang sangat menarik, terlebih jika dikonsumsi pada saat musim panas. Bagi ibu hamil, jika ingin mengonsumsi buah ini sebaiknya pilih nanas yang masih segar.

Anda dapat mengonsumsinya baik secara langsung atau mencampurkannya dengan yoghurt atau hidangan penutup lainnya. Disarankan untuk tidak mengolah nanas dengan tambahan gula berlebihan atau makanan pedas saat hamil muda yang dapat memicu ketidaknyamanan pada perut.

Sebaiknya, ibu hamil tidak hanya mengonsumsi buah nanas namun juga mengonsumsi buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat hamil sehingga kebutuhan nutrisi harian yang perlukan tubuh dapat terpenuhi dari jenis sayur dan buah lainnya.

Kesimpulan

Nah, dapat disimpulkan jika buah nanas baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan nutrisi di dalamnya memberikan sejumlah manfaat bagi calon ibu dan janin. Namun, perlu dicatat untuk tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan yang justru dapat berbahaya bagi kehamilan. Pastikan untuk melakukan konsultasi atau diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

  1. Ali, M. M., et al. (2020). Pineapple (Ananas comosus): A comprehensive review of nutritional values, volatile compounds, health benefits, and potential food products. Food Research International, Volume 137, November 2020. 

  2. Pavan, R., et al. (2012). Properties and Therapeutic Application of Bromelain: A Review. Biotechnology Research International, 2012, 1–6. 

  3. Murphy, M., Stettler, N., Reiss, R., & Smith, K. (2014). Associations of consumption of fruits and vegetables during pregnancy with infant birth weight or small for gestational age births: a systematic review of the literature. International Journal of Women’s Health, 899. 

  4. Shi, W., Xu, X., Zhang, Y., Guo, S., Wang, J., & Wang, J. (2015). Epidemiology and Risk Factors of Functional Constipation in Pregnant Women. PLOS ONE, 10(7), e0133521. 

  5. Edward, B. (2010). Regular vitamin C supplementation during pregnancy reduces hospitalization: outcomes of a Ugandan rural cohort study. Pan African Medical Journal, 5(1).

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime