5 Gejala Susah Hamil yang Perlu Diketahui Ayah Bunda

Gejala Susah Hamil

Nyeri haid berlebihan, gangguan ovulasi, masalah pada menstruasi, hingga sperma tidak normal merupakan gejala pasangan susah hamil.

Kehamilan merupakan salah satu impian yang ingin dicapai bagi pasangan suami istri. Bagi beberapa pasangan, untuk memiliki keturunan membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini lantaran beberapa faktor dapat memengaruhi pasangan susah hamil. Namun, kondisi pasangan susah hamil dapat dilihat dari gejala yang dialami oleh wanita maupun pria.

Gejala Susah Hamil

Salah satu cara agar pasangan suami istri cepat hamil adalah tidak menggunakan alat kontrasepsi. Namun, jika telah rutin berhubungan tanpa alat kontrasepsi belum menghasilkan kehamilan maka ada faktor lain yang menyebabkan susah hamil. Berikut beberapa gejala susah hamil yang perlu diketahui.

1. Nyeri haid berlebihan

Jika Anda mengalami nyeri berlebihan setiap haid maka kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala susah hamil. Nyeri haid berlebihan bisa menandakan wanita mengalami endometriosis. Endometriosis adalah adanya pertumbuhan jaringan yang mirip endometrium di luar rahim. Endometriosis ini umumnya ditandai dengan nyeri menstruasi berlebihan. Jika tidak segera mendapat penanganan, kondisi ini bisa menyebabkan pasangan susah hamil.

2. Belum hamil setelah satu tahun berhubungan

Jika Anda telah berhubungan secara rutin selama satu tahun tanpa alat kontrasepsi maka kondisi ini bisa menjadi gejala susah hamil. Kondisi ini bisa menandakan pasangan suami istri mengalami masalah infertilitas.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

3. Nyeri saat berhubungan

Nyeri pada saat berhubungan intim disebut dyspareunia. Kondisi ini terjadi ketika pada saat berhubungan intim timbul rasa nyeri pada penis atau vagina saat penetrasi. Nyeri ini bisa berlangsung pada saat berhubungan maupun setelah berhubungan.

Penyebabnya pun berbagai macam mulai dari iritasi, kelainan bawaan, hingga kondisi medis seperti endometriosis, penyakit radang panggul, vaginismus, dan kista ovarium. Segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat jika ingin lekas mendapatkan keturunan.

4. Gangguan menstruasi

Gejala lain bagi pasangan susah hamil adalah mengalami gangguan menstruasi. Gangguan menstruasi seperti siklus yang tidak teratur atau rasa nyeri yang berlebihan. Jika kondisi ini terjadi berkepanjangan maka dapat menyebabkan ovulasi juga tidak teratur. Siklus haid yang tidak normal bisa merupakan gejala umum polycystic ovary syndrome (PCOS). Kondisi-kondisi medis tersebut dapat menyebabkan wanita menjadi susah hamil sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.

5. Sperma tidak normal

Gejala susah hamil tidak hanya dialami oleh wanita tetapi juga pria. Pria yang memiliki kelainan pada sperma seperti jumlahnya yang sedikit, gerakan, atau bentuknya yang tidak normal. Proses pembuahan yang berhasil ketika sperma memiliki jumlah yang banyak, bentuk yang normal, gerakan yang bagus, serta kualitas yang baik. Jika seorang pria mengalami kelainan sperma maka bisa menyebabkan susah hamil. Seperti yang diketahui, kelainan sperma merupakan salah satu penyebab gangguan pada kesuburan.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Pasangan Susah Hamil?

Pasangan suami istri dinyatakan susah hamil ketika telah menikah selama 1 tahun atau lebih dan melakukan hubungan intim secara rutin namun belum berhasil hamil. Jika Anda mengalami kondisi ini maka perlu melakukan pemeriksaan kesuburan sedini mungkin. Hal ini lantaran, semakin menunda maka semakin menurun peluang untuk mendapatkan kehamilan.

Pemeriksaan kesuburan penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesuburan masing-masing pasangan. Selain itu, melalui pemeriksaan kesuburan maka dapat mengetahui solusi serta penanganan yang tepat pada masalah Anda.

  • Nantinya, dokter akan melakukan berbagai tes pemeriksaan untuk mengetahui penyebab Anda dan pasangan susah hamil, seperti:
  • Pemeriksaan panggul
  • USG untuk melihat kondisi rahim dan ovarium
  • Tes darah untuk memeriksa kondisi hormon
  • Tes hysterosalpingogram (HSG) atau hysterosalpingo-foam sonogragraphy (hyfosy)
  • Tes pemeriksaan sperma

Jika diagnosis telah diketahui penyebabnya maka dokter akan memberikan sejumlah perawatan dengan yang akan disesuaikan kondisi masing-masing pasien. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan, seperti:

  • Konsumsi obat-obatan
  • Perubahan gaya hidup
  • Prosedur pembedahan
  • Terapi hormon
  • Melakukan perawatan kesuburan dengan program hamil IUI atau IVF

Perlu diingat, melakukan pemeriksaan kesuburan tidak hanya dilakukan oleh satu pihak saja namun harus keduanya. Pasangan suami istri yang susah hamil bisa disebabkan oleh banyak faktor. Oleh sebab itu, pemeriksaan ke dokter diperlukan untuk mengetahui kondisi tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan menjalani gaya hidup yang lebih sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, olahraga teratur, konsumsi suplemen pendukung kesuburan, Kelola stres, serta hindari kebiasaan buruk yang dapat menurunkan tingkat kesuburan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  • Chavarro, J. E., et al. (2018). Diet and female fertility: doctor, what should I eat? Fertil Steril. 2018 Sep;110(4):560-569. 
  • Chavarro, J. E., et al. (2008). Use of multivitamins, intake of B vitamins and risk of ovulatory infertility. Fertil Steril. 2008 Mar; 89(3): 668–676. 
  • Palomba, S., et al. (2018). Lifestyle and fertility: the influence of stress and quality of life on female fertility. Reprod Biol Endocrinol. 2018 Dec 2;16(1):113.
Avatar photo
Share:

 

2 Responses

  1. Bayu aksara berkata:

    Utk cabang Jatim atau Bali bocah Indonesia blum buka cabang ya min ( saya laki2 usia 33th, keluhan pada sperma yg tidak baik2 saja, dn ingein terapi utk perbaikan sperma saya, apakah azoosperm bisa di terapi??

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Halo Ayah Bayu,
      Saat ini Bocah Indonesia hanya ada di Tangerang. Jika ingin konsultasi, Ayah bisa mempertimbangkan Konsultasi online dengan kami juga lho.
      Terkait Azoospermia, ada beberapa cara untuk mengobatinya baik dengan terapi ataupun tindakan operatif. Selengkapnya bisa Ayah baca pada artikel berikut: Pria Dengan Azoospermia, Apa Bisa Punya Anak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji