Tips Rahim Sehat untuk Janin yang Kuat

Tips Rahim Sehat untuk Janin yang Kuat

Bunda, sangat penting menjaga kesehatan rahim untuk mempersiapkan kehamilan. Berikut tips menjaga rahim sehat dan subur.

Rahim yang sehat adalah fondasi penting untuk keberhasilan kehamilan. Ketika Bunda hamil, rahim berperan sebagai rumah bagi janin yang berkembang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan rahim bukanlah hal yang sepele.

Tidak hanya aspek nutrisi dan gaya hidup, stres dan kecemasan juga dapat berdampak negatif pada kesehatan rahim. Dengan langkah-langkah perawatan yang tepat, Bunda dapat meningkatkan peluang memiliki janin yang kuat dan sehat.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai tips agar rahim sehat dan subur, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Gaya Hidup yang Bikin Kesuburan Meredup 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Rahim Tidak Sehat Menyebabkan Masalah Kesuburan

Rahim yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko masalah ginekologi seperti mioma rahim, kanker rahim, peradangan kandung kemih (sistitis), Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), histerektomi, dan lain-lain. Kondisi-kondisi tersebut bisa menyebabkan Bunda sulit hamil sehingga jika ingin cepat hamil, diperlukan pemeriksaan kesuburan dan penanganan lebih lanjut.

Meskipun otot-otot rahim termasuk yang paling kuat dalam tubuh, seringkali Bunda mungkin merusaknya karena pilihan pola makan yang buruk, gaya hidup yang tidak sehat, penumpukan toksin, dan menahan limbah yang dapat menyebabkan infeksi di daerah panggul dan vagina. 

Toksin-toksin ini dapat menyebabkan infeksi jika tetap berada dalam sistem untuk waktu yang lama. Kandung kemih yang membesar secara teratur atau aliran usus yang diperbesar juga dapat memberikan tekanan yang tidak perlu dan merusak rahim.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan rahim yang baik sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, kesuburan, dan umur yang panjang.

Tips Agar Rahim Sehat dan Subur

1. Jangan Duduk Terlalu Lama

Jika pekerjaan menuntut untuk duduk dalam posisi lama, Bunda perlu hati-hati. Pasalnya, duduk terlalu lama dapat memengaruhi sirkulasi darah pada area panggul. Hal ini dapat membuat dinding rahim menebal dan meningkatkan risiko endometriosis

Oleh karena itu, sangat penting untuk Bunda memerhatikan durasi duduk, bergerak sedikit setiap jamnya untuk memfasilitasi pergerakan otot dan sirkulasi darah yang baik dalam tubuh. Bunda bisa pasang alarm setiap 15 menit untuk bangun dari kursi dan lakukan peregangan.

2. Konsumsi Biji-bijian

Biji-bijian utuh mengandung serat yang membantu mengelola dan mencegah tumor mioma. Biji-bijian ini membantu menjaga kondisi tubuh yang baik dan mendukung fungsi sistem reproduksi dengan menghilangkan estrogen berlebih dari tubuh. Cobalah untuk konsumsi biji-bijian utuh seperti chia seed, biji bunga matahari, gandum, quinoa, oat. 

Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjaga produksi hormon dalam tubuh. Mengandung asam lemak Omega 3, yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi risiko mioma rahim, dan mencegah kanker rahim. Konsumsi kacang-kacangan juga memastikan berat lahir yang optimal untuk bayi yang baru lahir. Jenis makanan tersebut juga baik untuk persiapan program hamil yang akan dijalani Bunda.

3. Atur Jadwal Tidur agar Siklus Menstruasi Teratur

Jadwal tidur memengaruhi keseimbangan hormon. Cobalah untuk menjaga jadwal tidur yang tepat, pergi tidur, dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Menjaga keseimbangan antara jadwal bangun dan tidur berdampak signifikan pada hormon reproduksi Bunda. Hal ini akan memastikan bahwa rahim tetap berfungsi dengan normal.

Baca juga: 5 Tips Hamil Cepat Setelah Menikah 

4. Hindari Makanan Kemasan dan Olahan

Tidak ada yang dapat mengalahkan nilai gizi dari makanan seimbang yang dimasak di rumah. Oleh karena itu, hindari makan makanan olahan dan kemasan karena biasanya mengandung pemanis buatan, perasa, dan pengawet yang tidak sehat untuk tubuh Bunda. 

Makanan yang mengandung protein kedelai juga diisi dengan kandungan estrogen nabati yang berkonsentrasi dan tidak alami, yang bahkan dapat menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, makanlah makanan segar yang seimbang dan sehat.

5. Rajin Konsumsi Susu

Sertakan produk susu dalam pola makan Bunda, susu mengandung kalsium, yang penting untuk tulang yang kuat dan sehat. Penyerapan kalsium dan pengurangan mioma memerlukan vitamin D. Tingkatkan asupan mentega, susu, yogurt, dan susu mentah untuk kesehatan rahim yang baik.

6. Makan Buah-buahan Kaya Vitamin C

Konsumsi makanan mengandung vitamin C dan bioflavonoid (sekelompok senyawa yang sering ditemukan pada buah jeruk dan blackcurrants). Bunda dapat makan lemon, jeruk, kubis, kiwi, jambu, brokoli, dan paprika untuk mencegah infeksi rahim dan memperkuat kekebalan tubuh. 

Kandungan vitamin C dalam lemon tinggi dan memiliki banyak manfaat kesehatan seperti sifat antikarsinogenik, mencegah batu ginjal, dan membantu meningkatkan kekebalan rahim, sehingga mencegah infeksi rahim.

Makanan bioflavonoid juga dapat mencegah kanker ovarium dan dapat membantu menjaga sistem reproduksi tetap sehat. Buah-buahan merupakan camilan sehat yang membantu membatasi asupan makanan yang tidak sehat dan membantu menjaga gerakan usus dan kandung kemih tetap lancar.

7. Jangan Lewatkan Konsumsi Sayuran

Sayuran adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Sayuran juga mengandung fitoestrogen, yang digunakan tubuh untuk bersaing dengan estrogen. Dengan cara ini, tingkat estrogen turun dan pertumbuhan tumor rahim terhenti. 

Mineral dalam sayuran berdaun seperti kale, bayam, dan selada mendukung sistem saraf yang sehat dan menjaga pH rahim tetap dalam kisaran yang sehat.

8. Hindari Pemicu Stres

Kesehatan rahim dapat terganggu akibat stres yang meningkat. Stres kronis dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur dan peradangan yang meningkat dalam tubuh. Ikuti yoga, meditasi, atau kegiatan santai lainnya untuk menjalani hidup tanpa stres. Hindari hal-hal yang membuat Bunda stres, terutama jika sedang dalam program hamil.

9. Olahraga Secara Teratur

Lakukan kegiatan fisik seperti jogging, bersepeda, atau yoga untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan sirkulasi darah. Kegiatan ini akan membantu dalam memperkuat otot dan mengurangi risiko mioma. Meski sibuk, usahakan Bunda melakukan olahraga sekali seminggu. 

Itu dia tips rahim sehat dan subur, jika Bunda mencari perawatan untuk masalah yang berkaitan dengan rahim, seperti masalah infertilitas konsultasikan dengan dokter kandungan sekarang juga! Baca informasi merawat kesuburan lainnya di Bocah Indonesia.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • You dont need fancy products for good feminine hygiene. Mayo Clinic (2020). Diakses 2023 https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/you-dont-need-fancy-products-for-good-feminine-hygiene
  • The relationship between stress and infertility. (2018). Body-Mind Interaction In Psychiatry, 20(1), 41-47. doi: 10.31887/dcns.2018.20.1/klrooney https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6016043/
  • Women’s Reproductive Health | CDC. (2020). Diakses 2023. https://www.cdc.gov/reproductivehealth/womensrh/index.htm
  • Alcohol | Your Fertility. (2021). Diakses 2023. https://www.yourfertility.org.au/everyone/lifestyle/alcohol
  • Kumar, S., Sharma, A., & Kshetrimayum, C. (2019). Environmental & occupational exposure & female reproductive dysfunction. Indian Journal Of Medical Research, 150(6), 532. doi: 10.4103/ijmr.ijmr_1652_17 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7038808/
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji