5 Tips Pembuahan Berhasil, Bunda Cepat Hamil

5 Tips Pembuahan Berhasil, Bunda Cepat Hamil

Bagi pasangan suami istri yang merencanakan program hamil, pembuahan yang berhasil merupakan kondisi yang sangat dinantikan. Untuk mencapai sebuah kehamilan, tidak hanya rutin melakukan hubungan seksual. Namun, diperlukan pola hidup yang sehat sebagai faktor pendukung kehamilan.

Proses kehamilan terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sperma. Ketika pembuahan berhasil maka sel telur yang berhasil dibuahi telah membentuk embrio. Selanjutnya, akan terjadi proses implantasi.

Baca juga: Bagaimana Proses Pembuahan Hingga Terjadinya Kehamilan? 

Apa yang Harus Dilakukan Agar Pembuahan Berhasil?

Berbagai cara akan dilakukan bagi pasangan yang menantikan kehadiran buah hati. Peluang kehamilan dapat meningkat jika Anda dan pasangan memperhatikan beberapa hal agar pembuahan berhasil.

1. Stop penggunaan alat kontrasepsi

Salah satu cara agar pembuahan berhasil adalah berhenti penggunaan alat kontrasepsi, seperti pil KB, kondom, suntik KB, spiral, atau implan. Hal ini penting untuk meningkatkan peluang kehamilan Anda.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Anda perlu berhenti melepas alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memulai program hamil. Pasalnya, jika Anda menggunakan alat kontrasepsi oral dalam cukup waktu yang lama maka tubuh akan membutuhkan waktu untuk mulai berovulasi lagi secara teratur.

2. Ketahui masa subur

Masa subur terjadi sekitar hari ovulasi. Masa subur ini berlangsung sejak hari ke-12 hingga ke-16 sebelum jadwal menstruasi berikutnya. Jika Anda ingin mengetahui kapan masa subur berlangsung maka hal pertama yang harus dilakukan adalah kapan hari pertama menstruasi terjadi.

Pada masa subur ini adalah waktu yang paling subur untuk meningkatkan agar pembuahan berhasil. Maka jika masa subur dapat diketahui, Anda dan pasangan dapat merencanakan berhubungan pada waktu tersebut.

Baca juga: Kapan Sebenarnya Jadwal Berhubungan Agar Cepat Hamil? 

3. Meningkatkan frekuensi berhubungan

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan peluang kehamilan adalah dengan berhubungan setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menyebutkan jika sperma memiliki kualitas yang lebih baik jika dikumpulkan dalam waktu 2-3 hari tanpa berhubungan.

Namun, penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal yang sama menyebutkan jika berhubungan setiap 1-2 hari dapat meningkatkan agar pembuahan berhasil. Sebaiknya, diskusikan dengan pasangan terkait frekuensi berhubungan agar dapat menyesuaikan kenyamanan Anda dan pasangan.

4. Pola hidup sehat

Selain meningkatkan frekuensi berhubungan agar pembuahan berhasil, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat juga menjadi salah satu faktor penting. Anda dapat memulainya dengan melakukan pola makan yang lebih sehat, rutin melakukan olahraga, menjaga berat badan, batasi mengonsumsi kafein, hingga berhenti merokok.

Pasalnya, berat badan yang terlalu gemuk atau kurus dapat memengaruhi kesuburan. Sedangkan, merokok dapat meningkatkan risiko infertilitas bahkan keguguran. Bahkan merokok dapat mengurangi kualitas sperma. Sementara itu, mengonsumsi kafein berlebihan dapat menurunkan tingkat kesuburan.

5. Konsumsi vitamin

Salah satu faktor yang dapat membantu agar pembuahan berhasil adalah mengonsumsi vitamin atau suplemen. Beberapa jenis suplemen yang dapat dikonsumsi adalah vitamin B, C, D E, zat besi, hingga folat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Namun, perlu diketahui juga untuk mengonsumsinya dalam dosis yang sesuai, jangan berlebihan.

Baca juga: 3 Posisi Tidur Terbaik Setelah Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil 

Cara Konfirmasi Keberhasilan Program Hamil dengan Tes Kehamilan

Jika Anda ingin mengetahui apakah program hamil yang dilakukan berhasil adalah dengan melakukan tes kehamilan menggunakan alat test pack. Tes kehamilan ini dapat dilakukan ketika Anda terlambat mendapatkan menstruasi.

Jika indikator pada test pack menunjukkan dua garis maka hasil tersebut menyatakan jika Anda positif hamil. Hal ini dikarenakan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) terdeteksi dalam darah dan urine.

Ketika alat tes kehamilan menunjukkan dua garis positif maka Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.

Nah, demikian beberapa cara yang dapat dilakukan agar pembuahan berhasil. Namun, jika pasangan suami istri belum mendapatkan kehamilan setelah melakukan cara tersebut selama 1 tahun maka segera lakukan pemeriksaan kesuburan.

Tidak perlu khawatir untuk melakukan pemeriksaan kesuburan karena pemeriksaan ini dapat mengetahui kondisi kesuburan masing-masing pasangan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Jurema, M. W., et al. (2005). Effect of ejaculatory abstinence period on the pregnancy rate after intrauterine insemination. Male Factor| Volume 84, Issue 3, P678-681, September 2005. 
  • Levitas, E., et al. (2005). Relationship between the duration of sexual abstinence and semen quality: analysis of 9,489 semen samples. Male Factor| Volume 83, Issue 6, P1680-1686, June 2005. 
  • The American College of Obstetricians and Gynecologists. Treating Infertility.
Avatar photo
Share:

 

4 Responses

  1. Yuliyani berkata:

    Gimana caranya bisa cepet hamil yg ke 3, sudah 8 bln ga pake alat kontrasepsi , tapi sy blm bisa hml anak ke 3

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Yuliyani,

      Yuk program hamil di BocahIndonesia Bunda, konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter

      Klik disini

  2. Eva Pangestuti berkata:

    Bagaimana caranya ya agar cepat punya anak? Setelah menikah tidak mau menunda

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Eva Pangestuti,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya bunda konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter yang sesuai dengan keluhan bunda

      Klik disin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji