Positif Hamil Sehabis Haid, Nggak Bikin Afraid

Positif Hamil Sehabis Haid, Nggak Bikin Afraid

Kehamilan mungkin saja terjadi setelah haid, yakni sekitar dua minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir.

Salah satu tanda awal kehamilan yang pasti dialami sebagian besar wanita adalah terlambat menstruasi. Namun, terkadang hasil test pack menunjukkan dua garis positif sebelum tanggalnya datang bulan tiba. Kondisi ini sering membuat wanita khawatir, apakah dua garis positif tersebut menandakan kehamilan atau bukan. Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 6 Tips Program Hamil Setelah Haid Supaya Berhasil

Apakah Mungkin Hamil Setelah Haid?

Pada dasarnya, hamil setelah haid tidak mungkin terjadi. Sebab kehamilan terjadi jika sperma membuahi sel telur. Sedangkan, sel telur hanya bisa diproduksi oleh tubuh saat masa ovulasi atau masa subur.

Namun, positif hamil bisa terjadi setelah haid jika melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi, baik itu berupa kondom atau metode KB lainnya. Hamil setelah haid bisa terjadi jika siklus menstruasi Anda berlangsung 21 hari.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Pasalnya, wanita yang memiliki siklus menstruasi 21 hari mengalami puncak masa subur pada hari ke-7 setelah hari pertama menstruasi terakhir (HPHT). Hal ini menandakan jika berhubungan suami istri pada hari ke-5 atau ke-6 setelah HPHT maka peluang kehamilan tentu lebih besar.

Positif Hamil Setelah Selesai Haid Berapa Hari?

Hamil bisa mulai terjadi sekitar dua minggu setelah hari pertama menstruasi. Sebab, masa paling subur saat ovulasi biasanya terjadi pada hari ke-12 hingga 14 sebelum siklus menstruasi berikutnya.

Pada waktu ini, sel telur akan bertahan selama 12-24 jam sedangkan sperma akan bertahan sekitar 72 jam di saluran reproduksi wanita terutama saat berhubungan seksual.

Oleh sebab itu, jika waktunya telah lewat seminggu dari tanggal menstruasi maka kemungkinan ada janin yang tumbuh di dalam rahim.

Meski begitu, beberapa tanda kehamilan mirip dengan gejala menstruasi yang jarang disadari. Selain telat menstruasi, ciri-ciri yang menandakan kehamilan adalah munculnya bercak darah implantasi atau flek. Berikut bercak darah implantasi yang memiliki tanda-tanda, seperti:

  • Darah berwarna merah, merah muda, atau cokelat
  • Volume darah tidak terlalu banyak atau hanya bercak-bercak
  • Muncul hanya sesekali, paling lama 3 hari
  • Menimbulkan kram perut ringan namun tidak mengganggu aktivitas

Baca juga: Kenali Promil yang Terbukti Berhasil dan Tips yang Bisa Anda Coba

Ciri-Ciri Awal Kehamilan

Selain pendarahan implantasi, ada beberapa gejala kehamilan yang mungkin dialami calon ibu, seperti:

1. Mual

Mual atau biasa yang disebut sebagai morning sickness adalah gejala kehamilan yang sering dialami sebagian besar wanita. Kondisi ini terjadi akibat adanya perubahan hormon pada tubuh wanita. Gejala ini bisa dialami pada usia kehamilan 6 minggu pertama.

2. Nyeri payudara

Salah satu gejala hamil yang sering dialami adalah nyeri payudara. Pada masa awal kehamilan, payudara menjadi lebih sensitif, terasa bengkak, dan juga nyeri. Tidak perlu khawatir, gejala ini akan mereda pada beberapa minggu setelah tubuh telah beradaptasi dengan perubahan tersebut.

3. Cepat merasa lelah

Pada masa awal-awal kehamilan, tubuh calon ibu akan menjadi lebih mudah lelah. Hal ini lantaran hormon progesteron yang meningkat sehingga menyebabkan tubuh merasa lebih cepat dan mengantuk.

4. Suasana hati yang mudah berubah

Perubahan suasana hati merupakan salah satu gejala yang cukup umum dialami sebagian besar calon ibu. Kondisi ini sering terjadi pada trimester pertama usia kehamilan sejak Anda dinyatakan positif hamil.

5. Frekuensi buang air kecil meningkat

Pada saat hamil, produksi darah akan meningkat sehingga menyebabkan ginjal harus membuang lebih banyak cairan. Bertambahnya jumlah cairan pada tubuh ibu hamil disebabkan akibat adanya perubahan hormon.

6. Sensitif terhadap bau

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil bisa memengaruhi indera penciuman menjadi lebih sensitif. Kondisi ini akan membuat ibu hamil merasakan mual saat mencium aroma tertentu.

7. Sakit kepala

Jika ibu hamil sering mengalami sakit kepala maka kondisi tersebut merupakan hal yang normal terjadi. Tekanan darah yang menurun dan menyempitnya pembuluh darahlah yang menyebabkan sakit kepala pada ibu hamil.

8. Kram perut

Kram perut juga bisa menandakan gejala awal kehamilan. Kondisi ini terjadi ketika adanya peningkatan aliran darah ke rahim dan penebalan dinding rahim yang terjadi karena rahim memproduksi hormon prostaglandin.

Ayah Bunda mau program hamil yang direncanakan berhasil? Tingkatkan peluang keberhasilan kehamilan dengan berhubungan saat masa subur berlangsung. Nah, kalau ingin mengetahui kapan masa subur berlangsung, Bunda bisa menghitung masa subur melalui kalkulator masa subur. Semoga berhasil!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Pascual, Z.N., Langaker, M.D. (2023). Physiology, Pregnancy. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023. 
  • Naeini, P.S., et al. (2021). Cardiac Arrhythmias During Pregnancy. Tex Heart Inst J. 2021; 48(4): e217548. 
  • Planned Parenthood. Can I get pregnant from sex right after my period ends?
Share:

 

7 Responses

  1. Mustab syirah berkata:

    Saya mengalami plek dara tiga 3 namun saya tes kehamilan namun negatif. Saya takut sya gak bisa hamil

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Mustab syirah,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter yang tepat ya Bund

      Klik disini

  2. Tenti viontri berkata:

    Saya pernah mengalami datang bulan sebanyak 19 dalam bulan yang sama,setelah saya periksa kedokteran saya kena hormon yang lebih ,dan setelah saya mengosumsi obat yang di kasih, akhirnya saya berhenti datang bulan, dan setelah itu apakah saya bisa hamil?

  3. Nova berkata:

    Saya kemarin itu haid, namun sudah slesai sampai 4 hari saja.
    Akhirnya saya mandi bersih selesai haid.

    Skrg yg saya rasakan perut sakit, di minumin obat lambung blm ada reaksinya (membaik)

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Nova,

      untuk mendapatkan jawaban yang akurat sebaiknya konsultasi ke dokter spesialist kami, untuk penjadwalnya bunda bisa hubungi ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) dengan klik link di bawah ini

      Klik disini

  4. Lina berkata:

    Saya baru selesai haid tgl 20 dan tgl 21 langsung hb dgn suami, tgl 26 saya keluar bercak darah sedikit di cd saya dan warnanya coklat pekat, apa saya hamil?

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Lina,

      untuk mendapatkan jawaban yang akurat sebaiknya konsultasi ke dokter spesialist kami, untuk penjadwalnya bunda bisa hubungi ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) dengan klik link di bawah ini

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji