Minum Soda, Bikin Nyeri Haid Reda?

Minum Soda, Bikin Nyeri Haid Reda

Beberapa orang percaya bahwa minum soda saat haid bisa mengurangi gejalanya dan juga membuat periode haid lebih singkat. Lantas, benarkah?

Soda adalah minuman ringan berkarbonasi yang populer di seluruh dunia. Minuman ini terbuat dari air, gula, dan kafein, serta berbagai bahan lainnya tergantung merek. Minuman bersoda dianggap sebagai minuman menyegarkan yang dapat dinikmati oleh segala usia.

Meskipun beberapa orang percaya bahwa minuman bersoda dapat membantu meredakan kram menstruasi, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Mari simak penjelasan efek minum soda yang disinyalir bisa meredakan gejala haid. 

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Keguguran Berulang 

Bolehkah Minum Soda saat Haid?

Beberapa wanita menemukan bahwa mengonsumsi soda dapat membantu meredakan kram menstruasi tersebut, hal itu kemungkinan disebabkan oleh gula dan kafein dalam soda yang memiliki efek pereda nyeri. 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Minum soda memang tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Namun, jika Bunda memang ingin minum soda untuk mengatasi kram, pastikan untuk mengonsumsinya dengan wajar, karena terlalu banyak gula justru dapat memperburuk kram.

Kram merupakan fenomena alami saat datang bulan. Namun, jika Bunda mengalami kram yang disertai dengan gejala lain seperti pendarahan berat, penggumpalan darah, atau demam, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Diabetes dan Kesuburan, Apa Hubungannya?

Efek Buruk Minum Soda saat Haid

Hingga kini, minum soda saat haid tidak memiliki efek yang buruk yang terbukti secara medis. Meski begitu, Bunda perlu mempertimbangkan beberapa kandungan soda yang memiliki efek terhadap kondisi kesehatan berikut ini:

1. Kafein

Soda biasanya mengandung kafein, yang dapat memiliki efek diuretik (meningkatkan produksi urine) dan dapat menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi dalam jumlah besar. 

Selama menstruasi, tubuh mungkin lebih cenderung untuk kehilangan cairan, jadi sebaiknya hindari minum soda berkafein secara berlebihan.

Dalam beberapa kasus, minuman soda yang mengandung kafein dapat memperburuk gejala menstruasi, seperti kram perut.

2. Gula

Soda juga tinggi gula yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memengaruhi kadar gula darah. Hal ini dapat memengaruhi tingkat energi dan perasaan selama menstruasi. Terlalu banyak gula dalam minuman soda juga tidak sehat dan dapat berdampak negatif pada kesehatan secara umum.

3. Tidak Mengandung Nutrisi

Selama menstruasi, penting untuk memperhatikan nutrisi. Meminum soda sebagai pengganti air atau minuman yang lebih sehat mungkin tidak memberikan manfaat yang sama pada tubuh Bunda. 

Soda biasanya memiliki nilai gizi yang rendah dan tidak menyediakan manfaat nutrisi yang penting untuk tubuh. Untuk tetap bugar selama haid dan mengurangi kram, ada baiknya Bunda mengonsumsi minuman yang lebih menyehatkan seperti:  

  • Teh Hijau
  • Susu Sapi
  • Yogurt
  • Smoothies
  • Jus Buah Asli

4. Efek Merugikan Lainnya

Tidak hanya saat menstruasi, Ayah Bunda jika terlalu banyak meminum soda dapat mengakibatkan sejumlah kondisi pada kesehatan, seperti berikut ini.

  • Obesitas
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Gangguan kesuburan atau infertilitas, termasuk bagi wanita yang sedang merencanakan program hamil
  • Gangguan keseimbangan kadar estrogen wanita. Peningkatan kadar hormon estrogen bisa mengakibatkan ovulasi berhenti

Benarkah Soda dapat Mempercepat Siklus Haid?

Pada salah satu studi yang dilakukan dalam International Journal of Reproduction, Contraception, Obstetrics and Gynecology, peserta penelitian menunjukan hasil yang cukup signifikan yaitu bahwa minum soda saat haid bisa meningkatkan:

  • Aliran darah haid pada sekitar 85,71% peserta,
  • Nyeri haid pada sekitar 89,54% peserta, dan
  • Durasi haid pada sekitar 51,53% peserta.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hasil tersebut. Karena sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa minum soda dapat mempercepat siklus haid atau mengubah periode haid secara signifikan. 

Siklus menstruasi sebagian besar diatur oleh hormon dalam tubuh, dan minum soda tidak memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mengubah pola ini. Siklus haid yang normal tergantung pada interaksi hormon seperti estrogen dan progesteron. 

Perubahan dalam siklus haid biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti hormon, pola makan, tingkat stres, olahraga, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Minum soda mungkin memiliki efek kecil, jika ada, tetapi tidak cukup signifikan untuk secara signifikan memengaruhi siklus haid.

Jika Bunda mengalami perubahan yang signifikan dalam siklus haid atau memiliki kekhawatiran tentang masalah menstruasi, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang profesional medis atau ginekolog. Mereka dapat memberikan informasi dan saran yang lebih akurat dan relevan untuk situasi khusus.

Itu dia tadi penjelasan mengenai efek samping minum soda saat haid, jika kram haid menimbulkan nyeri berlebihan maka Bunda bisa melakukan pemeriksaan di klinik fertilitas Bocah Indonesia.

Ingin berbagi informasi penting ini untuk kerabat terdekat? Yuk, bagikan informasi penting ini untuk para Bunda lainnya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Period irregularities to get checked out. Diakses 2023. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/art-20047186
  • Fertility and diet: Is there a connection? – Harvard Health. Diakses 2023.  https://www.health.harvard.edu/blog/fertility-and-diet-is-there-a-connection-2018053113949
  • Soda Facts | Rady Children’s Hospital. Diakses 2023. https://www.rchsd.org/health-safety/rethink-your-drink/soda-facts/
  • iajps, E. OBESITY AND ABNORMAL UTERINE BLEEDING. Diakses 2023.  https://www.academia.edu/49080757/OBESITY_AND_ABNORMAL_UTERINE_BLEEDING_AUB
  • Study Links Sugar-Sweetened Soda to Higher Estrogen Levels. Diakses 2023. https://healthcare.utah.edu/healthfeed/2013/03/study-links-sugar-sweetened-soda-higher-estrogen-levels
  • Your menstrual cycle | Office on Women’s Health. Diakses 2023.  https://www.womenshealth.gov/menstrual-cycle/your-menstrual-cycle
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji