6 Tips Program Hamil Setelah Haid Supaya Berhasil

Program hamil setelah haid

Bagi pasangan yang telah menikah, memiliki keturunan merupakan hal yang paling dinantikan. Berbagai cara dilakukan agar mendapatkan kehamilan, salah satunya melakukan program hamil setelah haid. Namun Anda harus memahami cara apa saja agar program hamil setelah haid berhasil.

Proses kehamilan terjadi ketika adanya proses pembuahan, yang mana sel telur akan dipertemukan dengan sperma. Waktu terbaik untuk melakukan pembuahan terjadi ketika wanita berada pada masa subur. Masa subur dimulai ketika haid selesai.

Tips Program Hamil Setelah Haid

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan bersama pasangan agar program hamil setelah haid berhasil. Meski tidak semua orang bisa langsung mendapatkan kehamilan meski melakukan program hamil setelah haid namun cara ini dapat meningkatkan peluang kehamilan untuk Anda dan pasangan. Berikut cara agar cepat hamil setelah haid selesai.

1. Periksakan diri ke dokter

Meski Anda tidak mengalami permasalahan pada kesehatan namun memeriksakan diri ke dokter tidak ada salahnya dilakukan. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda dan pasangan memiliki kesuburan atau tidak sebelum menjalani program hamil. Anda juga bisa memahami dengan jelas mengenai perencanaan untuk menyiapkan program kehamilan.

2. Melakukan hubungan saat masa subur

Agar program hamil setelah haid berhasil, Anda harus memperhatikan waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim. Waktu terbaik untuk melakukan hubungan suami istri adalah pada masa subur wanita. Hal ini merupakan salah satu peluang untuk meningkatkan kehamilan.

Masa subur wanita terjadi sejak hari ke-12 hingga 16 sebelum jadwal menstruasi berikutnya.  Untuk mengetahui kapan masa subur wanita berlangsung, hal pertama yang harus diketahui adalah waktu awal menstruasi.

Masa subur wanita terjadi sekitar hari masa ovulasi. Ovulasi adalah proses sel telur yang telah matang dilepaskan oleh ovarium pada saat menstruasi. Ovulasi terjadi setelah menstruasi.

Pada saat ovulasi merupakan waktu yang paling subur di mana ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri karena dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Kapan masa ovulasi dimulai tergantung siklus menstruasi. Masa ovulasi terjadi pada hari ke- 12 hingga 14 sebelum jadwal menstruasi berikutnya. Hal ini berlaku untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi normal selama 28 hari.  Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak normal maka harus menentukan masa ovulasi sendiri.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur, Anda dapat menggunakan kalkulator masa subur.

3. Mengelola stres

Stres berlebihan dapat memengaruhi kualitas sel sperma dan sel telur sehingga proses kehamilan pun sulit didapatkan. Untuk mengatasi beban pikiran yang menjadi pemicu stres, Anda dapat melakukan sesuatu yang menyenangkan.

4. Menjalani pola hidup sehat

Salah satu cara agar program hamil berhasil adalah dengan mengubah pola hidup yang lebih sehat, salah satunya konsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk memenuhi nutrisi tubuh. Beberapa makanan dapat menjadi penyubur kandungan:

  • sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kangkung.
  • Buah-buahan
  • Madu
  • Salmon
  • Telur
  • Greek yoghurt

Selain makanan yang dapat meningkatkan penyubur kandungan, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin agar cepat hamil setelah haid.

5. Rutin olahraga ringan

Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan adalah melakukan olahraga ringan. Para ahli menyarankan para wanita hamil atau yang tengah merencanakan hamil disarankan untuk melakukan olahraga rutin untuk dapat mengencangkan otot termasuk jantung yang harus memompa darah hingga 50 persen lebih banyak untuk memasok tubuh dan janin yang tumbuh dalam kandungan.

Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi stres, salah satu faktor yang dapat menghambat kehamilan. Berikut beberapa olahraga ringan yang dapat Anda dan pasangan lakukan:

  • Jogging
  • Berenang
  • Yoga
  • Senam kegel
  • Aerobic

6. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu faktor penyebab susah hamil. Maka agar program hamil setelah haid berbuah manis, Anda harus menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan Anda dengan makan yang sehat.

Lemak pada tubuh dapat memengaruhi produksi hormon estrogen serta sel sperma. Perlu diketahui, berat badan yang berlebihan atau kurang memiliki risiko gangguan ovulasi. Tidak hanya pada wanita, hal ini juga berlaku untuk pria. Jika program hamil Anda dan pasangan ingin berhasil maka keduanya harus menjaga berat badan agar tetap ideal.

kehamilan berhasil setelah haid

Tanda Hamil Setelah Haid Berakhir

Gejala kehamilan biasanya ditandai dengan telat menstruasi. Namun ternyata tanda kehamilan tidak hanya telat menstruasi, terdapat beberapa tanda hamil setelah haid berakhir.

Spotting (bercak implantasi)

Spotting atau bercak ringan merupakan salah satu tanda kehamilan yang juga disebut sebagai pendarahan implantasi. Hal ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar hari ke-10 hingga 14 setelah pembuahan. Biasanya, hal ini ditandai dengan bercak darah kecoklatan.

Morning sickness

Morning sickness atau mual pada pagi hari bisa saja menjadi salah satu tanda program hamil setelah haid berhasil. Meski tidak semua perempuan yang mengalami morning sickness ini namun ini menjadi gejala umum. Bahkan bagi beberapa wanita merasakan mual lebih awal.

Meski hal tersebut belum diketahui penyebab pastinya. Namun morning sickness ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada saat kehamilan.

Nyeri payudara

Perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat payudara terasa nyeri. Biasanya gejala ini akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal. Selain itu, payudara juga menjadi terasa lebih berisi, sensitive, pegal, dan daerah areola menjadi lebih gelap.

Sering buang air kecil

Tanda-tanda hamil setelah haid berikutnya adalah buang air kecil menjadi lebih sering. Hal ini terjadi karena jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan yang menyebabkan ginjal Anda memproses cairan ekstra pada kandung kemih.

Kram perut

Bagi beberapa wanita, gejala kehamilan ditandai dengan kram perut. Namun bagi yang tidak menyadari, hal ini dianggap sebagai tanda awal menstruasi.

Perubahaan suasana hati

Perubahan hormonal yang terjadi pada awal kehamilan juga menyebabkan perubahan suasana hati. Tidak heran, bagi beberapa wanita ada yang mengalami perasaan yang lebih sensitif pada saat mengandung.

Konstipasi

Perubahan hormon menyebabkan sistem pencernaan jadi lebih lambat. Hal ini yang membuat Anda akan mengalami konstipasi.

  1. Sarah E. Racine, M.A. Differential Associations between Ovarian Hormones and Disordered Eating Symptoms across the Menstrual Cycle in Women. Int J Eat Disord. 2012 Apr; 45(3): 333–344. Published online 2011 Jun 7. URL. 
  2. Allen J Wilcox, et al. The timing of the “fertile window” in the menstrual cycle: day specific estimates from a prospective study. BMJ. 2000 Nov 18; 321(7271): 1259–1262. URL.
  3. Allen J. Wilcox, M.D., Ph.D., Clarice R. Weinberg, Ph.D., and Donna D. Baird, Ph.D. Timing of Sexual Intercourse in Relation to Ovulation — Effects on the Probability of Conception, Survival of the Pregnancy, and Sex of the Baby. December 7, 1995. N Engl J Med 1995; 333:1517-1521. DOI: 10.1056/NEJM199512073332301
  4. Institute of Medicine (US) Committee on Contraceptive Research and Development. Contraceptive Research and Development: Looking to the Future. URL.
  5. Ecochard, R., et al. (2015). Self-identification of the clinical fertile window and the ovulation period. Fertility and Sterility, 103(5), 1319-1325.e1313. doi.
  6. Stephenson, J., et al. (2018). Before the beginning: nutrition and lifestyle in the preconception period and its importance for future health. April 2018The Lancet 391(10132). URL.
  7. Effect of Exercise on Ovulation: A Systematic Review. Osnat Hakimi, Luiz-Claudio Cameron. 2017 Aug;47(8):1555-1567. URL.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi