5 Penyebab Air Mani Encer dan Cara Mengatasinya

air mani encer dan Sperma Encer

Air mani merupakan cairan berwarna putih keruh yang dikeluarkan melalui penis. Cairan air mani umumnya memiliki tekstur kental dan lengket, yang mana di dalam air mani tersebut mengandung sperma. Namun, dalam beberapa kasus, pada saat ejakulasi mengeluarkan air mani encer dengan warna yang jernih.

Penyebab Air Mani Encer

Tekstur air mani umumnya kental dan lengket namun jika air mani encer bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Air mani encer biasanya dialami oleh pria remaja yang mana hormon seksual mereka belum matang. Namun, bukan berarti air mani atau sperma encer tidak bisa dialami pria dewasa.

Berikut beberapa penyebab air mani encer yang dialami pria.

1. Jumlah sperma rendah

Salah satu penyebab sperma encer adalah kadar jumlah sperma yang rendah atau yang dikenal sebagai oligospermia. Normalnya, jumlah sperma pada pria adalah 15 juta per milimeter air mani namun jika jumlah sperma Anda kurang dari 15 juta maka kondisi ini dianggap tidak normal.

Meskipun memiliki risiko kesulitan terjadinya kehamilan namun pria yang mengalami oligospermia masih bisa menghamili pasangannya dengan usaha yang lebih besar.

2. Terlalu sering ejakulasi

Frekuensi ejakulasi yang terlalu sering dapat menyebabkan produksi air mani encer. Jika Anda melakukan masturbasi beberapa kali dalam sehari, dapat menyebabkan kualitas air mani setelah ejakulasi pertama menjadi encer.

Hal ini dikarenakan testis membutuhkan beberapa jam menghasilkan jumlah air mani yang normal dan sehat.

3. Pra-ejakulasi

Kondisi air mani encer bisa saja terjadi pada saat sebelum melakukan ejakulasi. Cairan mani yang jernih bisa menjadi cairan pra-ejakulasi selama foreplay. Cairan air mani tersebut mengandung sperma meski hanya sedikit.

4. Kekurangan zinc

Penyebab lain mani encer atau sperma encer adalah kekurangan zinc. Zinc merupakan salah satu nutrisi yang baik bagi tubuh dan juga kesuburan. Salah satu manfaat zinc adalah dapat meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, zinc juga bisa melawan antibodi anti-sperma, yang mana antibody ini secara keliru merespon sperma sebagai benda asing.

Kekurangan asupan zinc akan memengaruhi kualitas sperma dan menyebabkan kondisi air mani menjadi lebih encer daripada biasanya.

5. Ejakulasi terbalik

Ejakulasi terbaik atau juga yang disebut ejakulasi retrograde merupakan kondisi di mana air mani yang seharusnya keluar dari penis pada saat ejakulasi, berbalik dan masuk ke kandung kemih. Hal ini bisa menjadi penyebab masalah kesuburan pada pria.

Seorang pria yang mengalami ejakulasi retrograde dapat menghasilkan air mani yang lebih sedikit dan teksturnya yang yang lebih cair dan encer.

Ayah dan anak

Apakah Kondisi Air Mani Encer Bisa Bikin Susah Hamil?

Umumnya, kondisi sperma atau air mani encer merupakan hal yang normal, contohnya seperti cairan pada saat pra-ejakulasi. Hal tersebut masih dianggap wajar kecuali jika Anda mengalami rasa sakit pada saat ejakulasi atau tidak mengeluarkan sperma sama sekali, Anda dapat segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Konsistensi air mani dapat bervariasi setiap Anda melakukan ejakulasi. Normalnya, konsistensi air mani kental dan lengket. Hal ini agar sperma dapat tinggal lebih lama di dalam rahim sehingga peluang kehamilan lebih tinggi.

Apakah pria dengan air mani encer tidak bisa membuat pasangan hamil? Meski teksturnya lebih encer dari biasanya bukan berarti air mani tidak mengandung sperma sehingga pria tetap bisa menghamili pasangannya.

Makanan yang Harus Dihindari

Kondisi air mani encer bisa disebabkan oleh asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Hal ini membuat Anda harus menghindari beberapa makanan yang dapat mengakibatkan konsistensi air mani atau sperma encer. Berikut beberapa pantangan makanan untuk sperma encer.

Makanan lemak trans

Pria yang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat menurunkan kuantitas sperma sehingga menyebabkan sperma encer. Beberapa makanan yang mengandung lemak trans, seperti popcorn, kentang goreng olahan, dan margarin.

Kedelai

Jika Anda ingin menghindari sperma encer maka Anda harus melakukan pantangan mengonsumsi kedelai. Kedelai mengandung senyawa fitoestrogen, yang mana senyawa tersebut dapat menurunkan kualitas sperma.

Sebuah penelitian menunjukkan, pria yang mengonsumsi kedelai berlebihan memiliki kadar sperma yang sedikit.

Makanan kaleng

Jika Anda mengalami sperma encer maka Anda harus menghindari makanan kaleng. Pasalnya, pada makanan tersebut mengandung bisphenol A. Senyawa bisphenol A dapat memengaruhi kuantitas sperma sehingga bisa menyebabkan menurunnya kesuburan pria.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Pasalnya, alkohol dapat menurunkan kadar hormon testosterone yang memiliki peran penting dalam produksi sperma. Jumlah sperma yang sedikit bisa membuat tekstur air mani lebih encer.

Makanan yang mengandung gula berlebihan

Salah satu makanan yang bisa membuat sperma encer adalah makanan yang mengandung gula berlebihan.  Menurut sebuah studi, pria yang mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan dapat menurunkan kualitas sperma dan tekstur air mani menjadi cair.

Cara Mengatasi Sperma Encer

Tidak semua penyebab sperma encer merupakan sebuah tanda dari kondisi yang serius sehingga hal ini tidak perlu membuat Anda panik. Namun, jika Anda ingin mengatasi sperma encer, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini.

Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Jika Anda ingin mengatasi kondisi air mani atau sperma encer maka Anda bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi dan protein juga memengaruhi kualitas dan konsistensi sperma.

Konsumsi sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan fruktosa. Penuhi asupan protein dengan mengonsumsi ikan, ayam, atau daging. Hingga mengonsumsi sejumlah vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, dan asam folat yang baik untuk produksi air mani.

Pastikan untuk rutin olahraga namun perhatikan jangan melakukan olahraga berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi mudah kelelahan.

Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Pakaian ketat dapat meningkatkan suhu pada area testis yang memengaruhi produksi hingga mengganggu kualitas sperma. Jika hal tersebut sering terjadi maka dapat menurunkan produksi air mani. Bukan tidak mungkin jika dapat menyebabkan konsistensi air mani menjadi lebih encer. Maka pilihlah pakaian dalam yang nyaman untuk Anda gunakan.

Kendalikan frekuensi ejakulasi

Jika sperma cair disebabkan karena terlalu sering ejakulasi maka hal ini dapat diatasi dengan mengendalikan frekuensi ejakulasi. Testis tidak dapat memproduksi air mani atau sperma yang kental dengan cepat sehingga jika Anda melakukan ejakulasi lebih dari satu kali dalam sehari maka konsistensi air mani berikutnya cenderung encer. Dibutuhkan waktu minimal 5 jam atau lebih untuk mengembalikan konsistensi sperma yang cair menjadi seperti semula.

  1. Jorge E Chavarro. Soy food and isoflavone intake in relation to semen quality parameters among men from an infertility clinic. Hum Reprod. 2008 Nov;23(11):2584-90. URL.
  2. Jorge E. Chavarro. Trans fatty acid intake is inversely related to total sperm count in young healthy men. Human Reproduction, Volume 29, Issue 3, March 2014, Pages 429–440. URL.
  3. Sedigheh Ahmadi, M.Sc. Antioxidant supplements and semen parameters: an evidence based review. Int J Reprod Biomed. 2016 Dec; 14(12): 729–736. URL.
  4. Ali Fallah. Zinc is an Essential Element for Male Fertility: A Review of Zn Roles in Men’s Health, Germination, Sperm Quality, and Fertilization. J Reprod Infertil. 2018 Apr-Jun; 19(2): 69–81. URL.
  5. M Afeiche. Dairy food intake in relation to semen quality and reproductive hormone levels among physically active young men. Hum Reprod. 2013 Aug;28(8):2265-75. URL.
  6. G M Centola. Decline in sperm count and motility in young adult men from 2003 to 2013: observations from a U.S. sperm bank. Andrology. 2016 Mar;4(2):270-6. URL.
  7. E Wehr. Association of vitamin D status with serum androgen levels in men. Clin Endocrinol (Oxf). 2010 Aug;73(2):243-8. URL.
  8. Abasalt Hosseinzadeh Colagar. Zinc levels in seminal plasma are associated with sperm quality in fertile and infertile men. Nutr Res. 2009 Feb;29(2):82-8. URL.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi