Nyeri Haid Tak Tertahankan Saat Menstruasi? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Nyeri Haid

Bunda, sering mengalami nyeri haid ketika menstruasi datang? Nyeri haid atau dismonorea merupakan hal umum yang dialami wanita pada saat menstruasi. Biasanya, rasa nyeri ini dirasakan pada saat sebelum hingga masa menstruasi berakhir.

Nyeri haid ditandai dengan kram di bagian bawah perut. Hal ini umum terjadi pada saat menstruasi. Selain bikin tidak nyaman, nyeri haid juga mengganggu aktivitas, lho. Jika nyeri haid terasa berlebihan hingga mengganggu aktivitas, jangan dianggap sepele ya, Bunda.

Rasa nyeri yang berlebihan saat menstruasi bisa saja merupakan gejala penyakit tertentu, lho. Pastikan Bunda tahu dulu nih penyebab dari rasa nyeri yang kerap datang saat periode menstruasi. Penyebab nyeri haid yang normal dan tidak normal juga berbeda ya, Bunda.

Apa Sih Penyebab Nyeri Haid?

Nyeri haid atau dismenorea terbagi menjadi dua, dismonorea primer dan dismonorea sekunder. Penyebab kedua dismonorea ini masing-masing berbeda ya, Bunda.

Dismonorea primer merupakan jenis yang paling umum dialami wanita pada saat menstruasi. Rasa sakitnya disebabkan oleh kontraksi rahim sehingga Bunda tidak perlu khawatir berlebih.

Penyebab nyeri haid normal meliputi:

  • Mengalami menstruasi pertama sebelum berusia 11 tahun;
  • Perokok aktif;
  • Memiliki periode menstruasi lebih lama;
  • Perokok aktif; dan
  • Mengalami stres.

Sementara, dismonorea sekunder disebabkan oleh masalah kesehatan lain. Hal ini ditandai dengan nyeri yang dialami berlangsung lebih lama dari kram menstruasi normal. Jika hal ini terjadi, Bunda harus waspada.

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab nyeri haid tidak normal.

Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim yang bukan tempatnya. Seperti lapisan rahim, jaringan ini rusak dan menyebabkan pendarahan akibat respon terhadap perubahan hormon.

Endometriosis ini dapat menyebabkan rasa sakit pada saat menstruasi. Jaringan parut yang disebut adhesi dapat terbentuk di dalam panggul tempat pendarahan terjadi, Bunda. Adhesi dapat menyebabkan organ saling menempel yang menyebabkan rasa sakit.

Endometriosis terjadi pada sekitar 1 dari 10 wanita usia reproduksi. Hal ini paling sering didiagnosis pada wanita berusia 30-an dan 40-an, Bunda.

Miom

Fibroid rahim atau miom merupakan tumor yang terjadi di dalam atau dinding rahim. Fibroid sifatnya tumor jinak ya, Bunda. Biasanya, penderita miom mengalami nyeri panggul dan pendarahan pada area vagina saat tidak mengalami menstruasi.

Ukuran, bentuk, jumlah, dan lokasi miom sangat bervariasi. Umumnya, miom berada di dalam rahim, di permukaan luarnya atau di dalam dindingnya, atau melekat pada struktur struktur seperti batang. Seorang wanita kemungkinan bisa memiliki miom lebih dari satu dengan ukuran yang berbeda.

Meski tergolong tumor jinak, jika dibiarkan, pertumbuhan miom bisa perlahan atau lebih cepat, Bunda.

Kista

Kista adalah kantung berisi cairan di ovarium. Kista ovarium biasanya tidak menimbulkan gejala apapun Bunda, tetapi rasa nyeri begitu terasa saat menstruasi atau saat ovulasi.

Adenomiosis

Adenomiosis berkembang ketika jaringan yang biasanya melapisi rahim mulai tumbuh di dinding otot rahim. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita berumur yang telah memiliki anak.

Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul atau yang dikenal dengan pelvic inflamantory disease (PID) merupakan infeksi pada saluran genital bagian atas wanita, termasuk rahim, saluran tuba, dan ovarium. Penyakit radang panggul biasanya disebabkan oleh  infeksi bakteri yang menyebar dari vagina atau leher rahim ke organ reproduksi yang lebih tinggi.

Kondisi penyakit radang panggul ini umumnya terjadi pada wanita usia produktif 15 hingga 24 tahun, Bunda. Meski begitu, Bunda harus tetap waspada dengan penyakit radang panggul ini.

Gejala penyakit radang panggul meliputi: nyeri di sekitar panggul atau perut bagian bawah, rasa sakit saat berhubungan seks yang terasa di dalam panggul, pendarahan yang terjadi pada saat menstruasi atau setelah berhubungan seks.

Penyakit radang panggul menjadi salah satu penyebab nyeri haid berlebihan pada saat menstruasi.

Masalah dengan rahim, saluran tuba, dan organ reproduksi lainnya

Cacat tertentu yang dimiliki seorang wanita pada organ produksi sejak lahir yang dapat menyebabkan rasa nyeri saat menstruasi.

Beberapa kondisi medis lain

Beberapa kondisi medis lain juga dapat kambuh selama suatu waktu dan menyebabkan rasa nyeri pada saat menstruasi. Kondisi ini termasuk penyakit Crohn dan gangguan pada kemih.

Siklus Menstruasi dan Nyeri Haid

Apakah siklus menstruasi menyebabkan nyeri haid? Siklus menstruasi yang tidak teratur ternyata dapat mempengaruhi nyeri saat menstruasi, lho Bunda. Siklus menstruasi yang tidak teratur disebabkan oleh aliran darah yang lebih berat dari biasanya nih Bunda.

Umumnya siklus mentruasi adalah 28 hari dengan masa periode menstruasi selama 7 – 8 hari. Namun hal ini bisa berbeda ya Bunda pada setiap wanita.

Siklus haid yang tidak teratur ditandai jika periode menstruasi Bunda lebih pendek atau lebih lama dari rata-rata. Waktu dari hari pertama haid terakhir sampai awal berikutnya kurang dari 24 atau lebih dari 38 hari.

Bunda tidak perlu khawatir, biasanya siklus menstruasi  yang tidak teratur merupakan hal normal bagi remaja dan wanita yang akan masuk ke fase primenopause. Siklus haid yang tidak teratur pada remaja terjadi selama beberapa tahun pertama sebelum akhirnya menjadi teratur.

Sementara itu Bunda, selama transisi ke menopause atau yang disebut premenopause, siklus menstruasi mungkin menjadi lebih tidak teratur dari waktu ke waktu.

Ciri-ciri siklus menstruasi tidak teratur:

  • Periode yang berlangsung lebih lama dari tujuh hari;
  • Periode yang disertai dengan rasa sakit, kram, mual atau muntah; dan
  • Pendarahan atau bercak yang terjadi di antara periode, setelah menopause atau setelah.

cara mengatasi nyeri haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Masalah ini bisa diatasi dengan cara mudah yang bisa dilakukan di rumah, seperti mengompres bagian perut dengan air hangat, olahraga, atau minum obat pereda nyeri. Jika haid terasa berlebihan, maka pengobatan akan diberikan oleh dokter berdasarkan penyebabnya. Pengobatan yang diberikan mulai dari obat-obatan hingga penanganan serius seperti operasi.

Nyeri yang datang tiap bulannya terkadang membuat rasa tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas. Bunda tidak perlu khawatir, Bocah Indonesia punya solusi ampuh untuk mengatasi rasa nyeri haid.

Bocah Indonesia menawarkan Paket Merdeka dari Nyeri Haid, nih. Dalam rangka kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Bocah Indonesia mengajak para Bunda untuk merdeka dari nyeri haid yang melanda.

Apa Itu Paket Merdeka dari Nyeri Haid?

Paket merdeka dari nyeri haid ini merupakan rangkaian tindakan sebagai pemeriksaan dini untuk menanggulangi nyeri yang dialami Bunda pada saat haid. Ditangani oleh dokter spesialis, rangkaian tindakan akan dilakukan melalui Histeroskopi Diagnostik, Bunda.

Paket merdeka dari nyeri haid juga sudah termasuk konsultasi dokter spesialis obgyn dan USG Transvaginal, Bunda. Yuk, hempas rasa nyeri saat menstruasi dengan Paket Merdeka dari Nyeri Haid.

Untuk info lebih lanjut Bunda dapat langsung kunjungi instagram @bocahindonesia_ atau kunjungi halaman ini

  1. Womens Health. Period Prloblems. Source
  2. NHS. Periods and Fertility in The Menstrual Cycle. Source
  3. Womens Health. Ovulation Calculator. Source
  4. The American Collage of Obstetrician and Gynecologists. Dysmenorrhea: Painful Periods. Source
  5. NHS. Pelvic Inflammatory Disease. Source
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

One Response

  1. Diana verawaty berkata:

    saya setiap bulan selesai haid selalu nyeri perut bawah hebat sampai ke pinggang belakang dn telapak kaki,, paskah kuret th 2005 lalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime